4 Hal Penting sebelum Membeli Rumah yang Dijual di Yogyakarta | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: 4 Hal Penting sebelum Membeli Rumah yang Dijual di Yogyakarta
Jun 20, 2016

4 Hal Penting sebelum Membeli Rumah yang Dijual di Yogyakarta


4 Hal Penting sebelum Membeli Rumah yang Dijual di Yogyakarta - Membeli rumah umumnya merupakan proses yang rumit karena mengharuskan Anda membuat berbagai keputusan dalam waktu yang cukup singkat. Hal ini dapat menjadi lebih rumit lagi jika Anda memiliki keluaga, karena Anda tidak hanya perlu mempertimbangkan lokasi rumah terhadap tempat Anda bekerja, tetapi juga mempertimbangkan berbagai hal seperti lokasi sekolah anak, keamanan lingkungan, dan kehidupan sosial di masyarakat.

Berikut adalah 4 hal penting sebelum membeli rumah, yang akan memberi Anda pemahaman yang mendalam sebelum membeli rumahyang dijual di Yogyakarta.


Tempat

Sebelum Anda mulai mencari rumah yang dijual di Yogyakarta, penting bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan keluarga Anda sebelum anda meneruskan pencarian. Seperti yang sudah Anda ketahui, keluarga Anda akan membutuhkan tempat. Kebutuhan akan tempat akan berubah seiring dengan keluarga berkembangnya Anda. Sebagai contoh, anak Anda yang masih bayi hanya membutuhkan kamar tidur yang kecil. Namun seiring dengan berjalannya waktu,  anak Anda akan tumbuh besar dan menginginkan privasi dengan memiliki kamar sendiri. Hal ini sangat penting bagi anak Anda karena memungkinkan mereka untuk memiliki kebebasan dan ruang pribadi, yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya  anak-anak Anda,  privasi juga dibutuhkan oleh Anda dan pasangan Anda. Pastikan Anda telah mempertimbangkan hal ini sebelum membeli rumah yang dijual di Yogyakarta melalui situs jual beli rumah yang terpercaya seperti rumah.com. Hal ini penting karena kemungkinan Anda akan tinggal untuk waktu yang cukup lama, sehingga memilih rumah tidak cukup besar untuk Anda dan keluarga tidak akan memberikan kenyamanan.

Halaman rumah termasuk dalam aspek yang penting dalam tumbuh kembang anak-anak Anda karena memungkinkan mereka untuk melakukan berbagai aktivitas. Dengan halaman rumah, anak-anak Anda dapat bermain, berlatih, belajar bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar,  tumbuh dan berkembang, dan yang terpenting yakni menemukan minat dan bakat mereka dengan cara yang menyenangkan.

Letak

Membeli hunian baru dengan letak yang ideal adalah salah satu aspek yang sederhana namun penting. Seperti yang dijelaskan di situs Investopedia, selain mempertimbangkan segala hal dalam lingkungan tinggal seperti keamanan, saranan umum, dan masyarakat, Anda juga harus mempertimbangkan hal-hal yang mendasar bagi keluarga Anda seperti jarak dengan tempat kerja, layanan kesehatan, dan sekolah.  Sayangnya, rumah yang demikian biasanya dijual dengan harga yang sangat mahal. Dengan demikian, jika Anda tidak dapat menjangkau rumah demikian, maka Anda perlu memutuskan aspek-aspek mana saja yang penting bagi keluarga Anda. Mungkin Anda tidak keberatanjika harus menempuh perjalanan yang lebih panjang untuk pergi ke tempat kerja atau mungkin Anda dan pasangan Anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk menempuh perjalanan yang jauhketika mengantar anak-anak Anda bersekolah, demi mendapatkan lingkungan tinggal yang aman. Anda harus mempersiapkannya, karena mungkin saja Anda harus mengorbankan salah satu aspek penting demi mendapatkan aspek lain yang jauh lebih penting, yakni keamanan keluarga Anda.

Masyarakat
                                                                                                                                   
Aspek penting lainnya yang masih berkaitan dengan letak rumah adalah masyarakat. Seringkali, tetangga dan warga sekitar saling kenal dan bahkan sering menghabiskan waktu bersama dalam suatu perayaan penting, atau hanya sekedar bercengkerama. Ini adalah contoh masyarakat yang baik untuk perkembangan anak-anak Anda, karena Anda dan tetangga Anda dapat saling mempercayai sehingga lingkungan tinggal menjadi aman. Terlebih lagi, masyarakat yang dapat menerima Anda dan keluarga Anda akan memberikan rasa nyaman untuk menghuni. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk anak-anak Anda agar mereka bisa bergaul dengan anak-anak lain yang ada disekitar, yang nantinya akan membantu perkembangan sosial, kepercayaan diri, dan keberhasilan mereka. Situs Investopedia melansir artikel yang berisi tentang cara menjalin kehidupan bertetangga hanya dengan berkendara atau berjalan disekitar lingkungan rumah Anda. Jangan ragu untuk menyapa orang-orang yang Anda temui dan biarkan mereka tahu bahwa Anda ingin berteman dengan mereka. Reaksi-reaksi mereka lah yang nantinya akan membantu Anda memahami perilaku umum dari masyarakat sekitar, dan dapat menjadi wawasan bagi Anda untuk mempertimbangkan membeli rumah yang dijual di Yogyakarta.

Keamanan

Kemanan keluarga Anda harus selalu dijadikan prioritas utama, bahkan jika Anda harus menempuh jarak lebih  jauh atau mengeluarkan biaya lebih besar. Mudah untuk berpikir bahwa Anda hanya perlu untuk lebih berhati-hati dan menghemat uang, tetapi hidup dan nyawa keluarga Anda jauh lebih penting daripada menghemat uang. Faktanya, keamanan yang buruk dapat mengakibatkan Anda mengalami kerugian besar jika anda menjadi korban tindak kriminal, karena harta benda Anda dicuri. Jadi, jangan menganggap keamanan sebagai beban, tetapi anggaplah keamanan sebagai investasi untuk kebaikan keluarga Anda, juga sebagai ongkos agar anda tidak menjadi korban tindak kriminal.  Untuk memastikan keamanan dari lingkungan tinggal, Anda dapat berkendara atau berjalan kaki menyusuri lingkungan rumah Anda. Hal ini akan memberi Anda pengalaman dalam hidup bertetangga.Juga,  lakukan pengamatan seperti seberapa banya orang yang biasanya berjalan di lingkungan Anda atau seberapa kokoh gerbang masuk perumahan, untuk membantu Anda memastikan keamanan dari lingkungan tinggal Anda.

Demikian 4 (empat) hal penting sebelum membeli rumah yang sudah dijelaskan diatas. Hal-hal ini akan membantu Anda untuk menemukan rumah terbaik untuk keluarga Anda yang dijual di Yogyakarta. Akan tetapi, semua bergantung pada Anda sendiri, karena setiap keluarga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi, pertimbangkan dengan seungguh-sungguh segala hal yang menjadi kebutuhan keluarga Anda dan  yang mereka butuhkan di masa mendatang, sehingga Anda dapat membeli rumah yang cocok dengan setiap anggota keluarga Anda.

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

1 comment:

  1. Kenapa ya kita mesti beli rumah di Jogja? Sepertinya poin-poin yang dijelaskan di artikel ini nggak spesifik merujuk ke rumah di Jogja, tapi memang berlaku untuk membeli rumah di mana pun. *colek rumah.com*

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^