5 Pekerjaan Untuk Fulltime Mother | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: 5 Pekerjaan Untuk Fulltime Mother
Jun 16, 2016

5 Pekerjaan Untuk Fulltime Mother


5 Pekerjaan Untuk Fulltime Mother Hidup adalah pilihan, entah itu bagi kaum hawa atau kaum adam. Begitu pula dengan perempuan-perempuan yang memilih menjadi fulltime mother alias ibu rumah tangga. Sah-sah saja. Biar tuh banyak orang yang mencibir, sarjana kok di rumah saja. Atau apalah-apalah. Toh, hidup setiap individu itu berbeda dan pilihan di tangan masing-masing. Setahu saya, tidak ada aturannya sarjana harus kerja di kantor, harus begini begitu. Bukankah itu sekadar batasan yang kita buat sendiri?

Namun, tak jarang loh, meskipun menjadi ibu rumah tangga, perempuan-perempuan yang cerdas tersebut memilih bekerja sembari mengasuh anak mereka. Tentunya, pekerjaan yang mereka pilih yang bisa dijangkau dari rumah atau tidak melulu di luar rumah dari pagi hingga sore.

Pekerjaan yang bisa dijangkau dari rumah, kami – freelance – menyebutnya kerja remote, yang berarti mengerjakan pekerjaan yang bisa dikuasai lewat rumah atau dunia maya. Tentunya, pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah merupakan pekerjaan yang memerlukan skill sehingga impian untuk bekerja di rumah bisa tercapai. Lalu, kalau tidak punya skill? Belajar dong. Saya yakin, ibu cerdas akan menghasilkan anak cerdas pula. Meskipun perempuan menjadi ibu rumah tangga, jangan mau kalah dengan yang kerja kantoran. Ibu rumah tangga pun harus cerdas.

Di bawah ini merupakan beberapa contoh, apa pekerjaan yang cocok untuk dikerjakan full time mother atau ibu rumah tangga. Siapa tahu, teman-teman bisa mencontohnya.

Bisnis Online Bisa Menjadi Pilihan yang Tepat untuk Fulltime Mother

taken from pexels.com

Sudah pada tahu bisnis online kan? Bukan sekadar MLM loh. Tapi, berjualan via internet. Banyak sekali ibu rumah tangga yang sudah menerapkan hal ini, bahkan penghasilan mereka tidak tanggung-tanggung. Ada yang dapat 100jt/bulan dari berjualan online. Ada pula yang mendapatkan uang sebesar 15jt perbulan dengan berjualan stiker dinding via online. Meskipun menjadi ibu rumah tangga, bukan berarti kita tidak bisa berkarir atau menghasilkan uang. Dengan bisnis online, kita bisa mencapai dua hal. Pertama, tidak meninggalkan anak di rumah. Kedua, kita bisa menghasilkan uang.

Suka Desain? Jadi web designer saja


Dulu kuliah di bidang Informatika? Pernah belajar membuat website? Nah,kenapa tidak menekuninya dan menjadikannya sebagai bisnis? Kalau tidak menjadi programmer pun,kita bisa menjadi desainernya. Saya dulu kuliah di bidang informatika dan sekarang membuka jasa desain blog. Kemampuan saya masih dasar banget sih, tapi tetap dibutuhkan untuk teman-teman blogger yang ingin tampilan blog mereka cantik, tapi mereka sama sekali tak tahu bagaimana mempercantiknya.

Kalaupun sekarang kemampuan kita sudah menurun atau sudah lupa-lupa ingat, bisa belajar lagi, kan? Toh dulu, dasarnya sudah dapat. Ikut saja workshop gratis atau bisa ikutan kursus. Kalau tidak menemukan tempat kursus desain web, bisa belajar dari internet.

Atau jika jago menggambar atau desain yang lain bisa loh jadi illustrator atau pekerjaan lain yang bisa dilakukan dari rumah. Intinya, gali kemampuan dan minatmu.

Sembari Bercerita, dapatkan Penghasilan Dari Ngeblog


Tidak memiliki skill  tidak menutup  kemungkinan mendapatkan penghasilan, loh. Kalau memang skill benar-benar minim, bisa dicoba dengan menulis di blog. Tentunya, kita bisa menulis kan ya? Ceritakan saja kegiatan sehari-hari, perkembangan anak, tips-tips rumah tangga. Apa pun itu, sekecil apa pun itu, bisa menjadi ide untuk tulisan loh. Kalaupun tak dapat ide banyak, bisa berselancar di dunia maya, mencari-cari ide.

Saya sendiri, sudah dua tahun ini menekuni blog. Memang, awalnya begitu sulit karena memulai dari nol. Sekarang? Alhamdulillah, sudah mendapatkan penghasilan dari blog.

Ngeblog pun tidak perlu setiap hari. Cukup seminggu sekali atau seminggu dua kali. Yang penting konsisten dan serius. Insya Allah, nanti akan mendapatkan hasilnya.

baca juga Keuntungan Ngeblog

Dapatkan Pasif Income dengan Menjadi Penulis

taken from pexels.com

Ini merupakan impian saya banget nih. Menjadi ibu rumah tangga, tapi juga berprofesi sebagai penulis (bestseller). Melihat beberapa penulis Indonesia yang pekerjaan mereka hanya sebagai penulis, membuat saya iri dan gigit jari. Meskipun sekarang saya mendapatkan pekerjaan yang tidak jauh-jauh dari menulis, tetap saja. Impian saya adalah menjadi noveli, yang sampai sekarang belum keturutan. Ya, memang saya masih menulis sih, di wattpad. Tentunya, saya berharap kelak saya bisa menerbitkan buku dan buku tersebut laris.

Dengan menjadi penulis, kita bisa mendapatkan penghasilan pasif. Jadi, kita hanya sekali kerja dan menikmati hasilnya hingga nanti.

Keahlian Mengaduk Adonan dan Meracik Masakan Bisa Menghasilkan


Jago masak? Buka katering saja. Atau kalau jago bikin kue, bisa juga loh dijadikan ladang untuk menambah penghasilan. Kita tetap bisa di rumah tapi tetap berpenghasilan. Bahkan, banyak perempuan memilih resign dari kerjaan mereka dan memulai berbisnis kecil-kecilan. Tapi jangan salah, biasanya hal-hal kecil selalu akan tumbuh. Nanti akan ada saatnya, bisnis atau pekerjaan apa pun yang kita tekuni akan terbayar juga.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk tetap menjadi perempuan berpenghasilan, meskipun hanya melakukannya lewat rumah. Jadi, menjadi ibu rumah tangga tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan kan, ya. Bahkan , kita akan semakin hebat. Bisa mengatur waktu untuk keluarga dan pekerjaan sesuka hati.


xoxo,
Wulan K.

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

7 comments:

  1. Asseeek.... kecanggihan teknologi, membuat pilihan jadi makin banyak. Tinggal kita saja pintar-pintar memanfaatkan.

    ReplyDelete
  2. nulis emang selalu jadi pilihan asik ya buat kerja dari rumah :)

    ReplyDelete
  3. menulis sambil dengerin musik Sheila On 7 sepertinya asyik ya kak

    ReplyDelete
  4. Hehe...saya juga bekerja dari rumah.Waktu anak2 kecil sih mereka sering nanya "Kantor Mami di mana?" Tapi sekarang mah mereka udah ngerti :)

    ReplyDelete
  5. wah 5 rekomendasi pekerjaan yang sangat berguna bagi para ibu2 yang dirumha. dirumah sambil bekerja.. hemb

    ReplyDelete
  6. Idaman banget ini kalo bisa bekerja fulltime dari rumah sambil mengurus anak..
    *ngayal dulu sebelum nanti beneran udah nikah hehehehe.

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^