Terapkan Kebiasaan Ini, Untuk Kehidupan yang Lebih Baik | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Terapkan Kebiasaan Ini, Untuk Kehidupan yang Lebih Baik
Jun 18, 2016

Terapkan Kebiasaan Ini, Untuk Kehidupan yang Lebih Baik

taken from pexels.com

Terapkan Kebiasaan Ini, Untuk Kehidupan yang Lebih Baik- Wajar bila terkadang kita jenuh dengan rutinitas yang setiap hari kita jalani. Saya sendiri pun sering merasakan hal yang sama. Setiap bangun tidur, tebersit pemikiran, apakah hidup saya akan seperti ini terus menerus? Rasanya, ehm, lelah. Seakan tidak ada yang istimewa. Saya yakin, teman-teman yang bekerja di luar rumah (red: kantor) pun merasakan hal yang serupa. Pasti, ketika jenuh menghampiri, akan muncul pertanyaan, “Serius nih, udah pagi? Kerja lagi?”Mau tak mau, kita harus melakukannya. Demi menjalin hidup. Bertahan hidup memang seperti itu. Kecuali, kita menyerah. Selesai.

Namun dipikir-pikir, sebenarnya apa sih yang membuat kita jenuh dengan rutinitas? Merasa bosan setiap hari mengerjakan hal serupa. Mungkin, kita merasa jenuh karena kita belum tahu tujuan hidup kita? Apa sebenarnya yang kita cari di dunia ini. Untuk apa sebenarnya kita berangkat pagi pulang sore?

Mungkin, hal-hal di bawah ini bisa membantu untuk menjadikan hidup teman-teman lebih baik.


Luangkan Sedikit Waktu Untuk Hal yang Kamu Sukai


Meluangkan waktu untuk hal yang disukai itu perlu. Tidak perlu lama-lama. Cukup 30-60 menit saja setiap harinya. Biasanya sih, mereka menyebutnya me time. Saat me time gunakan waktu tersebut secara menyenangkan. Buang jauh-jauh hal-hal yang menjadi beban saat ini. Jika suka membuat kue, ya mari membuat kue. Jika suka membaca, gunakan waktu untuk menyelami buku-buku. Setelah itu, kita bisa kembali ke rutinitas semula. Cara ini terbilang efektif loh untuk meringankan pikiran. Agar kita kembali bersemangat dan hidup lebih bergairah.

Saat kita memiliki me time setiap harinya, kita akan lebih antusias untuk menjalani esok.

Tentukan Prioritas Hidup


Terkadang, alasan kenapa kita pontang panting setiap hari, seakan-akan tak tentu arah. Padahal, jelas-jelas kita memiliki pekerjaan yang mumpuni. Rejeki pun sudah diatur sama yang di atas. Soal jodoh apalagi, sudah digariskan sedemikian rupa. Lalu, kenapa kita masih saja risau? Mungkin, yang perlu kita benahi adalah apa yang menjadi prioritas hidup kita. Sebenarnya, apa sih tujuan kita terbangun setiap fajar menyingsing? Untuk menuntut ilmu? Mengumpulkan pundi-pundi emas? Atau sekadar “Asal hidup saja.”

Kalau pemikiran “Asal hidup saja” yang ada, jelas hidup bakalan bosan sekali. Tentukan prioritas hidup kalian. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang paling penting dalam hidup ini? Saat sudah menemukan jawabannya, utamakan. Dengan begitu, setiap bangun pagi, kita akan lebih bersemangat untuk mengutamakan prioritas.

Buat Deadline Untuk Diri Sendiri


Poin ini sangat penting bagi freelancer. Tapi, bagi kamu yang kerja kantoran ataupun ibu rumah tangga juga penting loh. Tentunya, deadline tak hanya mengenai pekerjaan saja. Tapi juga mengenai tujuan hidup. Masih bisa bersambung dengan poin sebelum ini. Tujuan hidup pun perlu deadline. Misal, kita ingin menerbitkan buku. Kita membuat deadline nya tahun berapa. Nah, untuk itu, hari ini kita kudu kerja lebih keras lagi agar deadline tersebut terpenuhi. Kalau tidak ada deadline, percaya deh, kita akan leha-leha dan membuang-buang waktu.


Lakukan Hal-hal Kecil untuk Tujuan yang Besar


Yap, lakukan hal-hal kecil untuk tujuan yang besar. Ibaratnya nih, kita ingin membeli sesuatu. Katakanlah kamera mirrorless. Untuk mendapatkan kamera yang bagus tentunya kita membutuhkan biaya yang besar. Kalau kita kaya sih, oke, cepat terbeli. Kalau tidak? Tentunya dengan cara menabung. Untuk menabung, kita menyisihkan sedikit demi sedikit uang yang akhirnya nanti akan bisa dibuat membeli kamera.

Contoh kasus yang lain. Lagi-lagi, menerbitkan buku. Untuk mencapai hal tersebut, setiap harinya kita kudu mencicil menulis sekata demi sekata. Sedikit demi sedikit. Kita tahu sendiri, hal-hal kecil merupakan awal mula hal besar muncul. Jadi, yuk lakukan hal-hal kecil mulai sekarang dan kita akan menunainya kemudian hari.

Tanamkan Pikiran Positif


Apa yang kita pikirkan, merupakan sugesti untuk diri sendiri. Tak jarang ketika saya berpikiran negatif, justru hal tersebutlah yang terjadi. Sering sekali begitu. Itu berarti, kita kudu berpikiran positif untuk mendapatkan hal-hal baik pula. Penting sekali loh untuk menjalani hidup. Selalu tanamkan pikiran positif untuk mencapai tujuan hidup dan keinginan-keinginan lainnya. Tentunya, kita ingin segala hal baik terjadi pada kita, kan? Nah, untuk memulainya, mulailah berpikiran positif. Seperti sistem pada Matematika. Positif ditambah positif, hasilnya akan tetap positif. Di mana kita bergaul dengan orang-orang “positif” maka kita akan mendapatkan hal-hal positif pula.


Karena kita tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nanti, tapi kita bisa memberikan andil dalam kehidupan kita sendiri mulai hari ini. 

xoxo,
Wulan K

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

8 comments:

  1. Aku suka poin yang terakhir. Pikiran positif akan menghasilkan tubuh yang sehat.

    ReplyDelete
  2. Sulit kalo udah berkeluarga. -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tak ada yang sulit kecuali mindblocking dari kita sendiri

      Delete
    2. Hai Wulan...
      Kupikir jika kita melakukan hal2 kecil yang kita sukai dan hal itu berupa small target, impact-nya akan lebih besar. Jadi sebebarnya kebiasaan yng kamu tulis itu satu lingkaran utuh.
      Terima kasih sudah menjabarkannya dengan baik.

      Delete
    3. Nah bener Mbak Susindra, terkadang kita suka membatasi diri sendiri, bukan karena kita tak mampu. Saya juga sering begitu, meyakinkan diri sendiri kalau bisa itu sulit sekali. :D

      Delete
  3. Yess... me time! Penting banget itu. Sesedikit apapun, sesibuk apapun, harus masih punya.

    ReplyDelete
  4. menanamkan pikiran positif itu syulit, apalagi kalau lagi kerja
    ketemu sama rekan yang udah beraura negatif itu nular, bikin uring2an...

    ReplyDelete
  5. Aku sepakat soal pemikiranmu tentang positif ditambah positif, hasilnya akan positif.
    Rugi kalo dalam hidup hanya diisi hal-hal negatif yang ga produktif ;)

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^