Cara Memandikan Bayi dengan JOHNSON Baby | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Cara Memandikan Bayi dengan JOHNSON Baby
Jul 21, 2016

Cara Memandikan Bayi dengan JOHNSON Baby


Cara Memandikan Bayi dengan JOHNSON Baby - Sebentar-sebentar. Wulan, belum menikah dan mempunyai anak kok bikin tulisan mengenai cara memandikan bayi? Nah, memangnya kenapa? Tidak masalah kan, ya? Saya malah pernah menghadiri workshop mengenai ASI di Surabaya beberapa waktu yang lalu. Yah, bagi saya ilmu apa pun itu investasi. Sekarang memang saya belum berkeluarga dan memiliki anak, tapi kelak saya pasti akan mengalaminya juga. Saya butuh informasi ataupun ilmu itu juga. Jadi, tak ada salahnya saya menulis maupun ikut workshop mengenai sesuatu yang saat ini belum saya butuhkan.

Saya pernah melihat saudara atau teman-teman yang sedang memandikan bayi mereka. Terkadang, rasa penasaran muncul, apakah ada cara-cara tertentu untuk memandikan bayi mereka. Bahkan, ada beberapa ibu muda, yang tidak berani memandikan bayi mereka karena takut dan belum berpengalaman. Untuk itu, saya mencari info bagaimana cara memandikan bayi. Tentunya, dengan menggunakan JOHNSON Baby.


Persiapan

Sebelum memandikan bayi, tentunya kita harus mempersiapkan hal-hal berikut:

1 | Bak mandi atau bak rendam bayi, diisi air dengan suhu yang nyaman untuk kulit si kecil.
2 | Handuk bertudung berukuran besar yang lembut
3 | Waslap lembut
4 | Kapas persegi atau bulat
5 | JOHNSON Baby wash

Cara Memandikan Bayi

Pertama, lepaskan satu persatu pakaian yang melekat dengan si bayi, tentunya sambil berbincang sederhana dengan si bayi. Mengenai hari ini, obrolan ringin. Interaksi dengan bayi membantu memberikan ketenangan untuk bayi.

Kedua, sembari memegang kepala bayi, bersihkan area sekitar mata secara perlahan dan lembut menggunakan kapas bulat atau persegi bersih yang sudah dibasahi dengan air hangat. Kapas tersebut cocok digunakan karena tidak meninggalkan serabut yang nantinya tertinggal di mata bayi.

Pergunakan kapas baru untuk masing-masing mata, demi menjaga kebersihan. Selama membersihkan mata bayi, selalu lakukan dari sudut mata menuju keluar. Jika tidak ada kerak pada sudut mata,tak perlu membersihkan area mata. Jangan membersihkan bagian dalam mata.

Ketiga, ketika mencuci wajah bayi, usap area sekitar mulut, hidung dan seluruh wajah menggunakan waslap yang lembut. Lakukan usapan dari bagian tengah menuju keluar, cukup dengan air biasa. Perhatikan lebih khusus untuk bagian belakang telinga, bawah dagu, dan lipatan leher.

Keempat, balut tubuh bayi dengan handuk, letakkan satu lengan Anda di bawah punggungnya dan telapak tangan Anda di belakang kepalanya. Gunakan tangan Anda yang bebas untuk membasahi rambut bayi dengan waslap. Oleskan sedikit sabun bayi JOHNSON'S® baby TOP-TO-TOE® baby wash, yang diformulasikan tidak pedih di mata. Pijat lembut seluruh kepalanya.

Bersihkan rambut bayi dengan lembut, kemudian pakaikan tudung bayi agar hangat.

Kelima, basahi dan tuang sabun bayi ketelapak tangan kemudian bersihkan seluruh tubuh bayi. Mulai dari bagian leher hingga pinggang, termasuk lengan dan tangannya. Setelah itu, bilas hingga bersih tubuh bayi kemudian keringkan dengan handuk lembut. Ingatlah untuk membersihkan seluruh tubuh bayi sampai kering, di bagian lipatan. Karena jika tidak kering, akan mengakibatkan iritasi.

Keenam, usai mengeringkan tubuh si kecil, usapkan minyak dan pelembab khusus bayi. Biasanya sih, yang saya lihat diberi minyak telon juga agar bayi hangat. Setelah itu, baru si kecil dipakein popok dan baju.

Yang terpenting usai memandikan bayi adalah menjaganya agar tetap hangat. Tentunya, dengan membalut dengan selimut.



Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^