Aug 27, 2015

Pengertian Pay Per Click (PPC) Dalam Iklan Facebook




Pengertian Pay Per Click (PPC) - Sebelumnya, kita sudah mengetahui apa itu Google Adsense, dan periklanan pada fanpage yang saya posting dengan judul Cara Memaksimalkan Fanpage. Dalam postingan tersebut saya menyebutkan mengenai iklan facebook. Iklan facebook merupakan pelayanan iklan yang disediakan oleh facebook. Teman-teman sering melihat iklan muncul di beranda facebook atau di sebelah kanan, bukan? Nah, itu merupakan iklan dari facebook.


Sekarang, saya ingin membahas metode yang dipergunakan facebook untuk pembayaran iklan yang kita pasang. Ada dua macam yang saya ketahui, yaitu PPC dan CPM. Namun, saya akan membahas mengenai PPC terlebih dahulu. 

Bayar per klik (bahasa Inggris:Pay per click) adalah sebuah metode kerjasama periklanan di internet yang berarti pemilik situs akan dibayar atas setiap klik dari pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya. Pada umumnya program-program PPC (Pay Per Click) mengisyaratkan blog atau situs web dengan menggunakan bahasa Inggris. Ada banyak program-program PPC di Indonesia. (wikipedia)

Dalam iklan facebook kita memilih anggaran harian sesuai kemampuan yang kita miliki. Minimal anggaran yang harus dibayar adalah $1 atau setara dengan Rp. 14.000 (tergantung kurs hari ini, sih). Kita bisa memilih untuk memasang iklan selama seminggu, jadi tinggal mengalikan saja 14.000 x 7 hari. Nah, setiap harinya dalam seminggu kita memiliki anggaran 14.000 untuk membayar iklan.

Yang dimaksud dengan pay per click adalah anggaran harian yang kita miliki akan terpotong secara otomatis, ketika seseorang meng-klik iklan yang tayang pada beranda facebook. Setelah anggaran telah habis dalam hari itu, maka iklan sudah tak muncul kembali dan akan kembali tayang esok harinya. Sedangkan, pada Google Adsense sendiri, setiap kali orang meng-klik iklan Google, maka itu adalah bayaran untuk kita dari iklan yang kita pasang pada blog/website.

Nah, sekarang sudah ada gambaran mengenai PPC? Dan, apa teman-teman berencana mengiklankan fanpage di facebook? Kalau iya, bisa tanya-tanya pada saya mengenai hal tersebut. :) *bukan iklan*
Semoga bermanfaat ^^

image source www.pexels.com




2 Comments:

  1. asik dapat yg beginian..tp aku selalu gagal..nggak ada yg ngeklik...ehehehe

    ReplyDelete
  2. Infonya bermanfaat, tapi bisa dijelasin lebih detail tentang cara pasang iklan via FB mbak.

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost