Aug 16, 2016

Keuntungan Dunia Digital Bagi Kehidupan Sehari-hari


Keuntungan Dunia Digital Bagi Kehidupan Sehari-hari Pesatnya dunia digital membuat kita mau tak mau harus mengikuti perkembangannya. Bila tidak, kita akan menjadi orang yang “tertinggal” dengan kemajuan yang ada. Dampak dari tertinggalnya informasi mengenai tekhnologi terbaru atau hal-hal yang berbau perkembangan jaman, adalah kita akan plonga-plongo dengan isu atau berita yang ada. Sebenarnya, apa pun perubahan yang ada, kita kudu pintar-pintar dalam memanfaatkannya. Bagi saya sendiri, perkembangan jaman. Kemajuan dunia digital, terutama mengenai kemudahan dengan adanya internet, sangat membantu.

Tak perlu jauh-jauh, kemudahan-kemudahan tersebut bisa kita lihat di kehidupan sehari-hari.


Beli pulsa, tak perlu ke konter lagi

Sebelum segalanya dipermudah dengan kemajuan jaman dan tekhnologi, saat membutuhkan pulsa saya harus naik motor dahulu untuk pergi ke konter terdekat. Itu pun terkadang pulsa yang saya beli tak langsung masuk. Seringkali, saya harus kembali ke konter untuk komplain kalau pulsa saya belum masuk. Belum lagi, ketika penjual salah memasukkan nomor (dulu sering sekali saya mendapat pulsa nyasar – xoxo).

Perkembangan dunia digital mempermudah hal tersebut. Sekarang, cukup nyalakan koneksi internet kemudian beli pulsa online, transfer, dan tak lama kemudian pulsa masuk.

Membayar listrik, tak perlu jauh-jauh

Jaman SMP dulu, saya punya teman yang kerja sambilannya datang dari satu rumah ke rumah yang lain. Dia menagih tagihan listrik di kampungnya satu per satu atau biasa disebut dengan kolektif. Dia mendapat biaya sedikit dari warga sebagai imbalan pembayaran ke PLN. Atau terkadang setiap individu akan datang ke tempat pembayaran listrik langsung, tanpa kolektif. Bahkan, ada beberapa orang telat membayar sampai listrik di rumah diputus.

Sekarang beda lagi. Kemajuan jaman benar-benar mempermudah dalam bayar membayar semacam itu. Di rumah saya, sudah menggunakan listrik token semacam pembelian pulsa. Kita membeli Voucher Pulsa Listrik Online untuk memperpanjang cahaya di rumah kita, cukup dengan membuka situs-situs penjual token listrik seperti di Tokopedia.

Mudah dan proses pun cepat.

Transaksi jual beli semakin mudah

Bisa dibilang, sekarang saya lebih banyak membeli perlengkapan sehari-hari via online. Baju, tas, sepatu, dan barang-barang perempuan lainnya. Alasannya simpel. Via online saya bisa membandingkan harga dengan yang lain dan biasanya harga lebih terjangkau. Seperti saat membeli kamera kemarin, via online saya mendapatkan satu juta lebih murah. Dan, alasan lainnya, via online saya bisa memilih barang sesuai keinginan, seperti ketika saya mencari kaus garis-garis yang sulit saya temukan di toko-toko offline.

Hubungan jarak jauh, tak lagi mahal

Sedang menjalani hubungan jarak jauh? Tidak usah takut lost contact lagi, karena sekarang banyak media yang bisa mendukung. Dulu, ketika saya melakukan LDR (hoho), saya hanya berkutat dengan ponsel yang hanya bisa telepon dan sms saja. Kalau kangen wajahnya, kami harus mengirim foto via MMS – hahaha. Sekarang enak. Ada BBM, Whatsapp, LINE, Facebook dan media-media lainnya yang mempermudah pelaku hubungan jarak jauh.

Terkadang, saya selalu membatin “Kenapa pas saya LDR dulu, semua media itu belum ada.”

Tapi tetep ya, untuk poin satu ini lebih enak ketemu langsung - xoxo.


Itulah beberapa keuntungan kemajuan tekhnologi dan dunia digital yang mempermudah dalam kehidupan sehari-hari.

xoxo,
Wulan K.

7 Comments:

  1. bayar listrik, ngantri, salah ngingat nama, nama disebut ga ngeh, lewat deh. minta ke petugas langsung, dimarahi. haha...

    mbak, ilustraainya bagus.

    ReplyDelete
  2. setuju! sekarang kita dimudahkan banget dengan adanya teknologi. Ibu saya salah satu yang ikut pembayaran kolektif, tapi skg udah milih pake token biar praktis :D


    salam kenal ya :)
    emaputeri.com

    ReplyDelete
  3. enaknya tuh kalau digital serba hemat ya, transfer uang aja gak perlu ke Atm, tinggal pencet hp doang :)

    ReplyDelete
  4. setujuu semuaaaa, memudhakan bgd dah pokoknyah

    ReplyDelete
  5. Hai mba Wulan. Teknologi memang membantu banget ya mbaa.
    Tapi aku nggak kuat kalau LDR :(

    ReplyDelete
  6. kalo ada internet mah semua jadi udaah :D

    ReplyDelete
  7. Olaa...

    Benar Mbak, kita yang sekarang sangat bersyukur ya bisa menikmati mudahnya hidup dengan dunia digital. tapi kalo LDR tetap kayanya kangennya gk akan ketolong ma dunia digital.. hehe

    Salam,

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost