3 Jan 2018

Tips Tepat untuk Melakukan Pemilihan dan Penulisan Pada Amplop Lamaran Kerja


Tips Tepat untuk Melakukan Pemilihan dan Penulisan Pada Amplop Lamaran Kerja - Amplop merupakan bagian terpenting yang umumnya juga dibutuhkan dalam mengirim ataupun memberikan surat lamaran pekerjaan. Tidak hanya berfungsi untuk membungkus berkas lamaran pekerjaan, amplop ini juga berfungsi sebagai identitas dari lamaran pekerjaan yang Anda kirimkan, karena nantinya pada permukaan amplop akan tertera berbagai keterangan terkait dengan surat lamaran tersebut. Tidak hanya keterangan terkait dengan tujuan berkas lamaran pekerjaan yang Anda buat, namun keterangan posisi yang Anda inginkan serta alamat Anda sebagai pengirim pun biasanya, akan disertakan diatas permukaan amplop lamaran kerja  ini. Bahkan beberapa perusahaan pun mensyaratkan para pelamar kerja untuk memberikan tulisan dan kode tertentu pada amplop yang mereka gunakan untuk tempat berkas lamaran pekerjaan.

Amplop yang dipergunakan sebagai cover dalam berkas lamaran pekerjaan yang akan Anda buat ini, biasanya akan memiliki ukuran F4 sehingga mampu menampung semua ukuran berkas yang ada didalamnya. Amplop yang satu ini memiliki warna tampilan permukaan coklat, dengan garis pinggir bercorak seperti corak amplop pada umumnya, serta memiliki bahan penutup yang berupa kancing dan tali. Bahan penutup dengan model kancing bertali ini, dimaksudkan agar nantinya para tim rekruitmen mudah dalam membuka isi dari berkas lamaran yang Anda berikan.


Untuk penulisan pada amplop ini, akan lebih disarankan bagi Anda untuk mengikuti aturan yang ditetapkan oleh para pemberi lowongan kerja, dengan memperhatikan terlebih dahulu isi dokumen ataupun berkas yang Anda masukkan dalam amplop tersebut.

Berikut ini beberapa hal umum, yang biasanya akan diminta untuk dicantumkan pada amplop lamaran kerja yang Anda buat, antara lain adalah:


1         Tulislah perusahaan tujuan tempat Anda melamar pekerjaan, yang diikuti dengan alamat lengkap dari perusahaan, pada bagian kanan bawah amplop berwarna coklat tersebut.
2         Tulislah identitas diri Anda secara lengkap beserta dengan gelar yang Anda miliki pada bagian pojok kiri atas amplop. Pastikan Anda menulis alamat yang Anda miliki secara lengkap, dan sertakan nomor handphone yang aktif yang dapat memudahkan perusahaan dalam menghubungi Anda.
3         Cantumkan kode ataupun nama posisi yang hendak Anda lamaran, pada bagian kanan atas dari amplop coklat yang Anda gunakan untuk melamar pekerjaan.
4         Untuk format penulisan pada amplop ini, Anda dapat menggunakan tulisan tangan ataupun hasil print komputer dengan menggunakan huruf baku, yang diawali dengan huruf kapital pada bagian depannya.

Yang perlu Anda cermati dalam format penulisan amplop ini, selain bentuk huruf, Anda juga harus memperhatikan ejaan dari berbagai keterangan yang Anda cantumkan pada amplop tersebut. kesalahan dalam menulis ejaan ini dapat berakibat cukup fatal, jika Anda mengirimkan lamaran melalui sistem pengiriman surat. Selain itu pihak yang akan menerima surat lamaran Anda, pastinya dapat mengeluarkan anggapan bahwa Anda kurang teliti dalam melakukan pekerjaan.

Amplop pembungkus berbagai dokumen yang diperlukan dalam lamaran pekerjaan ini, memang terlihat sepele, namun ketelitian tetap harus Anda perhatikan dalam melakukan penulisan. Ketelitian dalam melakukan penulisan ini, akan dapat membawa kerapian sehingga nantinya nilai positif tersendiri dari tim rekruitmen atas surat lamaran pekerjaan yang Anda buat pun dapat Anda peroleh dengan mudah.

Amplop lamaran kerja dengan warna coklat dan bahan penutup yang berbentuk kancing bertali ini, kini dapat dengan mudah Anda temukan diberbagai situs belanja online terpercaya  yang ada di Indonesia dengan tawaran harga yang cukup terjangkau. Tidak hanya dapat Anda beli dalam bentuk eceran, amplop yang satu ini pun banyak ditawarkan dengan model penjualan partai sesuai kebutuhan Anda.




1 komentar:

  1. Jadi inget dulu pas saat saat ngelamar pekerjaan, tapi aku nggak langsung menulis alamat di amplop tersebut melainkan diketik dan di print di kertas putih lalu digunting dan ditempel di amplop

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^