6 Jul 2018

Apa Saja Sih, Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Fulltime Blogger?



Apa Saja Sih, Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Fulltime Blogger?Beberapa waktu lalu, kawan saya bertanya mengenai pengeluaran apa saja yang saya keluarkan untuk ngeblog? Atau bahasa sederhannya, berapa yang harus dikeluarkan untuk menjadi seorang bloger? Mendapatkan pertanyaan tersebut, terus terang saya langsung bingung. Apa saja yang saya keluarkan atau pengeluaran apa yang saya lakukan untuk menjadi bloger?

Saya pun memikirkan apa saja yang saya keluarkan untuk menjadi fulltime blogger selama ini. Dengan adanya pertanyaan itu, akhirnya saya sendiri pun tahu apa saja yang saya keluarkan untuk menunjang karir saya ini dan apa saja yang saya butuhkan.


1 | Komputer Jinjing

Sebetulnya, menulis blog bisa melalui ponsel pintar kalau memang si blogernya suka dan bisa mengatasinya. Khusus untuk saya, saya sulit mengetik artikel melalui smartphone. Tak hanya keperluan untuk menulis saja. Memakai laptop atau komputer jinjing pun diperlukan untuk mengedit foto dan beberapa aplikasi desain lainnya, kalau memang dibutuhkan.

Ada beberapa bloger lain yang lebih kreatif, bisa menggunakan ponsel cerdas untuk keperluan yang saya sebutkan di atas. Jadi, alasan tidak bisa menulis karena tak memiliki komputer jinjing itu sebenarnya tak berlaku. Seandainya, saya sedang kepepet mungkin saya bisa terbiasa menulis menggunakan smartphone.

2 | Ponsel Pintar

Menjadi bloger pun diharuskan aktif di media sosial untuk mendapatkan informasi, berbagi artikel, dan membagikan foto di instagram. Untuk keperluan tersebut, lebih mudah memakai ponsel pintar atau smartphone. Saya rasa memiliki smartphone sudah hampir semua orang memilikinya, sehingga pengeluaran untuk ini tidak terlalu terasa. Tak ada syarat khusus harus memiliki ponsel pintar seperti apa, bisa digunakan untuk bermain media sosial pun sudah lebih dari cukup.

3 | Kamera

Tak hanya harus piawai dalam menulis, untuk menjadi bloger pun perlu memiliki kamera. Untuk apa? Untuk menunjang informasi atau konten yang kita berikan. Dalam sebuah artikel, tentunya akan lebih menarik kalau ada foto yang menunjang isi artikel tersebut. Memang kita bisa mengambil gambar di internet, tetapi lebih baik lagi kalau memakai foto sendiri atau gambar sendiri. Yah, karena ada beberapa foto yang memiliki hak cipta, sehingga kita tak bisa seenaknya menggunakan foto tersebut.

Mengabadikan foto sendiri pun tak harus memiliki kamera, teman-teman bisa menggunakan hp Samsung atau smartphone yang lain, yang teman-teman miliki. Kita tahu kan, kamera ponsel pintar sekarang canggih, bahkan ada beberapa yang sudah setara dengan kamera SLR.

4 | Domain Pribadi

Ketika pertama memulai ngeblog, domain saya masih gratisan. Masih punya blogspot. Lambat laun, karena memang kebutuhan saya pun membeli domain untuk blog saya ini. Sebenarnya, banyak kok bloger yang menggunakan domain gratisan dan blognya ramai dikunjungi. Dia pun memiliki nama karena keunikannya. Sehingga, memiliki domain pribadi bukanlah suatu keharusan.

5 | Kuota Internet

Tentunya sebagai bloger kita harus rela mengeluarkan dana untuk kuota internet. Untuk berselancar mencari ide, bahan konten, sampai untuk memperbarui blog. Tak hanya itu, memiliki kuota internet pun membantu kita untuk terus memantau keadaan blog, serta berita terkini.

6 | Tenaga

Seperti pekerja pada umumnya, menjadi fulltime blogger pun memerlukan tenaga. Bukan sekadar “hanya nulis saja kok”, tetapi lebih dari itu. Memikirkan konten yang menarik, yang akan dibaca banyak orang tentunya memerlukan tenaga lebih untuk berpikir.

Nah itulah beberapa pengeluaran yang dikeluarkan untuk menunjang profesi seorang bloger.


2 komentar:

  1. bayar domain mayan juga kalo lebih dari 1 domain, lan. hehe. :D apalagi klo pake hosting juga. alhamdulillah, biayanya masih ketutup sama fee yang masuk :D

    BalasHapus
  2. ahhhh makasi kak wulan, so excited and very helpful

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^