Kenali Reksa Dana Syariah Manulife, Sebelum Beralih Unit

by - 09.28



Reksa Dana Syariah Manulife

Mengenali Reksa Dana Syariah Manulife, Sebelum Beralih Unit - Berbicara mengenai reksa dana memang tak habis-habis. Terus saja bergulir ke sana kemari dengan hal-hal baru. Karena memang reksa dana memiliki banyak macam. Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Saham, Reksa Dana Campuran, dll. Kali ini, saya menghadiri acara yang diadakan Manulife dan membahas mengenai salah satu macam reksa dana, yaitu Reksa Dana Syariah atau biasa disebut dengan Sukuk. 


Sukuk n obligasi berbasis syariah (KBBI)



Reksa Dana Syariah atau di Manulife disebut dengan Reksa Dana Syariah Sukuk Indonesia yang berfokus pada sukuk dan dikelolah dengan taktis. MSSI adalah investasi pasar modal dengan karakteristik mirip dengan deposito syariah. 
 
Reksa Dana Syariah Manulife
Bapak Legowo Kusumonegoro
Reksa Dana Syariah terbaik ada di Reksa Dana Manulife. Beberapa hal bisa kita lihat dari paparan Pak Legowo  Kusumonegoro, Presiden Direktur. Beliau secara langsung menjelaskan mengenai Reksa Dana Syariah sektoral amanah di Manulife.

 Mulai Beralih ke Reksa Dana Syariah Manulife

Pernah terpikirkan mengenai menanam saham ke salah satu pihak finance, namun takut adanya ini itu. Pada kesempatan kemarin, kami mendapatkan pemahaman mengenai reksa dana syariah atau di Manulife disebut dengan MSSI. 

Sebelum masuk ke dalam Reksa Dana Syariah atau Manulife Syariah Sukuk Indonesia, mari kita lihat perbedaan Reksa Dana Syariah dengan Reksa Dana Konvensional yang lebih kita kenal selama ini.

Pada dasarnya Reksa Dana Konvensional dan Reksa Dana Syariah memiliki sifat yang sama. Perbedaannya ada pada investasi yang dilakukan oleh manejer keuangan. Untuk Reksa Dana Syariah penanaman saham dilakukan yang sudah terdaftar dalam Daftar Efek Syariah atau DES. Di mana DES ini merupakan beberapa persyaratan yang harus dilakukan dalam Reksa Dana Syariah, aturan-aturan yang sesuai dengan Syariat Islam.

Ada 3 syarat yang harus dipenuhi jika sebuah perusahaan ingin sahamnya masuk ke dalam DES yaitu:

  1. Kegiatan usaha tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah. Hal yang bertentangan dengan syariah seperti perusahaan rokok, perusahaan minuman keras, tempat judi, dll. Dalam hal ini, Reksa Dana Syariah benar-benar membentengi hal tersebut.
  2. Total utang lebih kecil dari aset. Sebuah perusahaan yang sahamnya digunakan untuk investasi reksa dana harus memiliki total utang < 45% dibandingkan dengan total aset perusahaan.
  3. Pendapatan halal harus lebih besar daripada pendapatan tidak halal. Perusahaan harus bisa memastikan bahwa pendapatan tidak halal tidak lebih dari 10%. Ada pula yang harus dilakukan adalah pembersihan dari pendapatan tidak halal ini, seperti riba pada tabungan di bank.


Keunggulan Reksa Dana Syariah Manulife 

Sebelum menentukan untuk berinvestasi tidaknya, tentu saja harus tahu apa saja keunggulan dari Reksa Dana Syariah Manulife ini. Keunggulan dari Reksa Dana Syariah Manulife bisa dilihat dan dibaca dari bagan di bawah ini.


1 | Waktu Bebas


Unit MSSI bisa dicairkan, dibeli atau dialihkan ke produk Reksa Dana Manulife lainnya. Dan kita bisa melakukan hal ini kapan saja, tanpa batas waktu. Bebas. Seandainya tiba-tiba ingin mengalihkan unit reksa dana kita ke unit lain, boleh saja. Atau ingin mencairkan, tentu boleh juga. 

2 | Tidak Dipotong Pajak


Semua hasil dari investasi MSSI tidak dipotong pajak, sehingga apa yang kita dapatkan itulah yang akan kita pegang.

3 | Sesuai Amanah


Karena memang sesuai syariat Islam, Reksa Dana Syariah dirancang sesuai amanah. Selain diawasi oleh OJK, MSSI pun diawasi oleh DES, seperti yang saya singgung di atas.

4 | Hasil Lebih


Mengincar imbal hasil 2% di atas rata-rata bagi hasil deposito syariah.

Ada keunggulan dari Reksa Dana Syariah Manulife, tentu saja ada kekurangannya dong. Kita harus lebih pintar jeli, karena adanya aturan investasi yang harus sesuai Syariat Islam, tentu saja tak semua pasar  bisa dikuasai oleh Reksa Dana Syariah atau MSSI dibandingkan dengan Reksa Dana Konvensional. Tentunya, kamu harus paham hal ini, agar tidak menyesal nantinya. 

Dalam memutuskan sesuatu, haruslah dalam keadaan tenang dan benar-benar dalam keadaan tanpa paksaan. Untuk itu, harus dipikirkan baik-baik konsekuensi apa yang akan kita dapatkan nantinya.
Nah, sudah berpikir untuk membuka Reksa Dana Syariah di Manulife?

You May Also Like

3 comment so far

  1. Saya sendiri sudah mulai mencoba investasi di Reksadana Syariah ini, semoga hasilnya bagus

    BalasHapus
  2. wew aku baru tahu arti sukuk dari tulisan ini, hahaha makasih mba Wulan pencerahannya. hehe

    BalasHapus
  3. Yang namanya Syariah tentunya beebarokah

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^