Tips Cerdas Memilih Pinjaman Online Tanpa Agunan

by - 13.38




Sangat penting untuk tahu trik dan tips agar tidak bisa memilih tempat di mana kamu bisa meminjam secara online tanpa jaminan. Meskipun mereka memberikan kemudahan dan iming-iming menggiurkan, kamu patut waspada dan tetap harus cek dan ricek terlebih dahulu. Melakukan pinjaman online tanpa agunan, harus kamu pertimbangkan baik-baik dari segala risiko yang akan datang nantinya. Bukan karena memang butuh duit, lalu dengan gegabah mengajukan pinjaman.

BIG NO.

Sebutuh-butuhnya kamu akan dana darurat, tetaplah waras dalam memilih pinjaman online tanpa agunan yang akan kamu ajukan pada pihak fintech. Cek dan ricek dulu latar belakangnya, riwayatnya dan terpercaya apa tidak. 


Cek tips di bawah ini ya, agar kamu terhindar dengan fintech pinjaman online bodong. 

Tips Cerdas Memilih Fintech Pinjaman Online

https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online

1 | Tentukan Jumlah Pinjaman

Tentunya kamu tahu berapa kebutuhan dana yang kamu butuhkan. Untuk itu, kamu harus tahu berapa jumlah dana yang benar-benar kamu butuhkan. Jangan dilebih-lebihkan apalagi dengan dalih “Mumpung”. Tentukan dengan jelas, berapa besar kebutuhan kamu, karena besarnya kebutuhan kamu memberikan dampak pada besarnya dana yang akan kamu bayar kelak.

Karena besarnya dana yang kamu pinjam akan memberikan dampak besarnya angsuran serta bunga yang akan kamu bayar nantinya. Usahakan angsuran tidak lebih dari 30% penghasilan bulanan kamu ya.

2 | Bandingkan Situs Pinjam Online Tanpa Agunan yang Ada

Kalau sudah tahu berapa jumlah dana yang kamu butuhkan, saatnya memilih situs pinjaman online tanpa agunan yang sesuai. 

Pilih beberapa fintech online yang kamu ketahui. Kalau belum tahu banyak, cari tahu lagi dan lagi. Lalu lakukan pengecekan. Bandingkan satu situs dengan yang lainnya. Lihat apakah situs tersebut menyediakan jumlah pinjaman yang kamu butuhkan atau tidak. Ada beberapa pinjaman online yang menyediakan pinjaman sebanyak 3jt ada juga yang memberikan pinjaman lebih dari itu.

Lalu, lihat juga biaya administrasinya, masa angsuran dan aturan-aturan lainnya yang diberikan oleh pinjaman online tersebut. Intinya, bandingkan dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

3 | Lakukan Simulasi pada Situs Pinjaman Online

Agar lebih pas, lakukan simulasi pada situs layanan pinjaman online yang kamu pilih. Di situs tersebut pasti ada alat simulasi yang bisa kamu gunakan untuk menghitung dana dan berapa angsuran yang akan kamu bayar nantinya. 

Dengan adanya semacam kalkulator di situs tersebut, kamu tak hanya berangan-angan berapa angsuran yang akan kamu bayar beserta bunganya. Sehingga benar-benar akurat berapa dana yang akan kamu dapatkan dan bayarkan kelak. Daripada menghitung sendiri, iya kan?

4 |Layanan Jelas dan Mudah 

Tentu saja kamu harus mencari layanan pinjaman online yang jelas dan mudah dalam urusan administrasinya. Syarat-syarat yang diajukan tentunya harus jelas dan tidak membuat kamu rumit. Karena kamu butuh dana cepat, sehingga prosesnya pun harus cepat dan mudah. 

Tak semua layanan pinjaman online memiliki kinerja yang cepat dan jelas. Karena semua transaksi hingga turunnya dana pun dikuasi penuh oleh pihak pinjaman online, oleh karena itu kamu harus pintar-pintar dalam mencari situs layanan pinjaman online. 

Karena layanan pinjaman online tak bertatap muka secara langsung dan transaksi dilakukan via online saja, maka layanan tersebut harus jelas dan transparan. Itulah kenapa kamu harus teliti dalam memilih. Perusahaan layanan pinjaman online tersebut transparan atau tidaknya. 

Dengan aplikasi pinjam uang tanpa jaminan online, calon nasabah selayaknya bisa mengetahui dengan jelas dan transparan di depan, sebelum pinjaman disetujui, soal berapa bunga, jatuh tempo dan biaya- biaya terkait lainnya.

5 | Pastikan Terpercaya dan Sudah Terdaftar OJK

Tentu saja yang paling penting adalah apakah situs pinjam online tersebut terpercaya. Untuk mengecek terpercaya tidaknya, layanan pinjaman online tersebut harus sudah mendapatkan izin oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Ini penting karena dengan adanya izin OJK, layanan pinjaman online tersebut terjamin kredibilitasnya. Dan Perusahaan pinjaman online harus memiliki legalitas yang jelas. 

Di OJK, layanan pinjaman online diberikan izin pada kurun waktu tertentu. Sehingga, layanan tersebut akan terus memperbarui izinnya, itu berarti akan selalu ada perbaikan dalam layanan pinjaman online tersebut. Yang jelas, akan terpercaya karena terus diawasi.

Selain itu, perusahaan layanan pinjaman online yang sudah mendapatkan izin OJK, nasabah pun akan mendapatkan perlindungan dari OJK ini. Sehingga, risiko pun sedikit. 

Seperti yang kita ketahui bersama, akhir-akhir banyak layanan pinjaman online yang memberikan beban angsuran dan bunga yang membuat orang tercekik, untuk itu kamu harus berhati-hati dalam memilih ya.

Banyak layanan atau situs pinjaman online tanpa agunan yang ada dan sudah terdaftar di OJK. Kamu bisa cek dan ricek sendiri mengenai hal ini. Mau tak mau, risiko pinjaman online kamu sendiri yang menanggungnya kalau tidak berhati-hari dalam memilih situs layanan pinjaman online. 

Salah satu situs pinjaman online terpercaya adalah CekAja.com,situs tersebut diawasi oleh OJK, Bank Indonesia dan Fintech Indonesia. Selengkapnya kamu bisa cek aja di https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online ya. 

Semoga membantu kamu yang sedang membutuhkan dana dengan cepat ya.

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^