Tips Menulis Artikel Cepat untuk Penulis Konten



Tips Menulis Artikel Cepat untuk Penulis Konten

Menulis artikel dengan cepat itu mudah, tetapi kita harus tahu nih, bagaimana teknik untuk menulis artikel dengan cepat dan selesai dalam kurun waktu satu jam saja. Sebelum ini, saya pernah mendapat pekerjaan menulis artikel untuk salah satu perusahaan tiket di Indonesia. Sehari saya harus menyelesaikan tiga sampai empat artikel dengan ketentuan 500 kata. 


Waktu itu, saya menguji diri saya sendiri, apakah bisa menulis 500 kata dalam waktu satu jam? Pada kenyataannya, saya bisa. Bahkan, tak sampai satu jam. Sehingga, bukanlah hal yang tidak mungkin apabila menulis artikel 500 kata dalam satu jam atau menulis beberapa artikel dalam sehari. 


Untuk itu, saya menuliskan tips menulis cepat untuk penulis konten ini, agar kamu bisa mengikutinya dan bisa menerapkannya saat keadaan terburu-buru. 


Tips Menulis Artikel Cepat untuk Content Writer



1 | Tentukan tema, kemudian riset


Jika artikel yang kamu tulis untuk kebutuhan pribadi – blog pribadi- maka, hal pertama yang harus kamu lakukan yakni menentukan tema. Tema apa yang akan kamu tulis untuk artikel tersebut? Apa tujuan kamu menulis artikel tersebut? Setelah mengetahui tema atau topik apa yang akan kamu bahas, maka selanjutnya adalah riset.


Dengan riset lebih dalam, kamu akan memperkaya artikel yang akan kamu tulis. Riset untuk sebuah artikel, memberikan waktu yang singkat ketika menulisnya. Sebab, kamu sudah tahu nih, tema yang kamu tulis dengan segala kebutuhannya.


2 | Tulis dalam listicle


Salah satu teknik cepat menulis artikel yakni dengan membuat tulisan listicle atau artikel dengan banyak sub-judul. Sebagai contoh, artikel yang kalian baca sekarang ini. Biasanya, listicle memiliki judul dengan angka yakni 5 Resep Minuman Ala Kafe yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah.


Biasanya, listicle dengan judul angka memiliki angka ganjil, mulai dari angka 3,5,7 dan seterusnya. Saya kurang paham kenapa demikian, tetapi saya pribadi melihatnya lebih menarik di awali dengan angka ganjil.


3 | Tulis sub-judul pada buku


Sebelum saya mulai menuliskan artikelnya, saya menuliskan sub-judul untuk artikel pada buku. Sehingga, ketika mulai menulisnya, saya tak perlu memikirkan lagi apa saja yang akan saya bahas. Dengan menuliskan sub-judul pada buku catatan, tulisan dan tema yang akan saya bahas lebih fokus, tidak ke mana-mana. Bisa dikatakan, sub-judul ini seperti kerangka karangan. 


Dengan menulis sub-judul pun, menulis artikel lebih mudah dan cepat selesai. Itulah kenapa saya suka sekali menulis listicle.


4 | Pembukaan yang santai atau happening


Membuat pembukaan yang enak dibaca pun menjadi salah satu kunci agar kita bisa menulis dengan cepat. Terkadang, kendala selalu ada di awal, yakni membuat kalimat pembuka. Dalam salah satu kelas menulis daring yang saya ikuti, pengajarnya mengatakan paragraf pertama bisa diisi dengan sebuah percakapan, pernyataan, opini, penyajian masalah, penggambaran tempat atau waktu. Saya pribadi sering menggunakan peryataan, penyajian masalah dan opini. Pernah juga menggunakan percakapan, akan tetapi apabila hal tersebut benar-benar saya alami. 


Dengan membuka jalan atau membuka paragraf, pembaca akan tahu ke mana kamu akan membawa mereka. Pembaca pun akan tahu tema yang ingin kamu sampaikan. Di sini, keahlian kamu menulis dipertaruhkan. 


5 | Fokus


Salah satu hal yang mempengaruhi menulis cepat yakni harus fokus. Apabila tidak fokus dan disambi dengan nonton drakor atau menggulir linimasa, mau menulis seharian pun tak akan selesai. Hehe.


Itulah 5 cara untuk menulis artikel dengan cepat, kamu bisa mempraktikan sendiri ya. Yang terpenting yakni fokus dan tema sudah dikantongi. Semoga berhasil!

1 komentar:

  1. Kalimat pembuka masih menjadi penentu bagi saya, kadang susah sekali memulai karena mencari kalimat awal yang diinginkan.

    btw nice tips mba

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.