Laman

8 Jun 2022

5 Software ERP Terbaik, Kelola Bisnis Jadi Lebih Praktis

Bagi kamu yang belum mengenal istilah ERP, bisa dikatakan ERP adalah suatu model sistem informasi yang memungkinkan suatu bisnis atau perusahaan dapat menjalankan kegiatan operasionalnya secara otomatis. Dengan kata lain, sistem ini mampu membantu perusahaan dalam menyelesaikan hambatan-hambatan dengan cara memfasilitasi berbagai data, saluran informasi, dan aliran informasi kepada seluruh pengguna yang ada di dalam perusahaan.

Untuk mendukung hal tersebut, kamu bisa menggunakan software ERP terbaik yang ada di Indonesia, salah satunya adalah RedERP. Software ini memiliki kegunaan dalam membantu perusahaan mengelola kegiatan bisnis, mulai dari produksi, keuangan, pemasaran, sales, project, distribusi, SDM, dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa penyedia software ERP terbaik di Indonesia yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan di perusahaan kamu.

Pengertian ERP


ERP merupakan singkatan dari Enterprice Resource Planning, yaitu sistem yang dipakai sejumlah perusahaan untuk mengelola aktivitas bisnis harian secara real time. Dengan sistem ERP, dapat membantu kamu membuat keputusan bisnis lebih tepat.

Selain itu, ERP juga berguna dalam mengumpulkan data transaksi perusahaan dari berbagai sumber, sehingga perusahaan memiliki database yang tersimpan dengan aman.

Rekomendasi Software ERP Terbaik

Dalam memilih software ERP, ada banyak pertimbangan yang membuat software tersebut bisa dikatakan bagus secara keseluruhan. Baik itu dari segi harga, kemudahan pemakaiannya, value apa yang didapatkan, hingga kelengkapan sistemnya untuk bisa menjangkau beragam industri.

Berikut ini beberapa rekomendasi software ERP yang bagus, handal, dan terpercaya. Diantaranya adalah:

1 | RedERP

RedERP merupakan software ERP yang menawarkan solusi terlengkap untuk berbagai model bisnis dan industri. RedERP menyediakan perangkat lunak seperti Sistem Akuntansi, Sistem Manajemen HR, hingga ke spesialisasi industri seperti Industri manufaktur, retail, makanan dan minuman, hingga e-commerce.

Selain itu, RedERP menyediakan sistem ERP berbasis cloud yang dapat digunakan untuk mengotomatiskan berbagai aspek operasional bisnis untuk beragam jenis perusahaan.


RedERP juga menyediakan banyak modul untuk beragam kebutuhan bisnis, diantaranya yaitu:
  • Akuntansi
  • CRM (Customer Relationship Management)
  • Penjualan
  • Produksi
  • Penjualan
  • Pembelian
  • Inventaris
  • Pengadaan dan Pengoperasian
  • Manufaktur
  • Distribusi dan Persediaan
  • Manajemen Aset
  • POS (Point of Sales)
Software RedERP ini juga fleksibel karena dapat dikustomisasi dan dikonfigurasikan sesuai kebutuhan bisnis di perusahaan kamu dengan hasil yang akurat, cepat, dan mudah. RedERP bisa kamu andalkan untuk melakukan penghematan biaya operasional dan tenaga kerja, apalagi sistemnya yang sudah terintegrasi sehingga akses data antar lini bisnis jadi lebih cepat.

2 | Ramco

Awalnya Ramco merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan produk (R&D), yang kemudian melebarkan sayapnya masuk ke ranah software ERP. Ramco ini berasal dari India, yang berdiri sejak tahun 1997 dan sudah memiliki cabang di berbagai negara, seperti Amerika, Kanada, Eropa sampai Australia.


Keunggulan software ERP dari Ramco salah satunya adalah melayani beragam jenis bisnis, mulai dari UMKM hingga perusahaan berskala enterprise. Inilah yang membuat Ramco berhasil menjangkau ribuan klien dari sejumlah negara.

3 | ODOO ERP

ODOO ERP termasuk salah satu yang terbaik dengan fitur andalannya yakni CRM. Fitur ini memudahkan dan mempercepat proses input serta report dengan minim kesalahan. Sistem ini banyak digunakan oleh usaha kecil menengah (UKM) dan bisnis skala besar.


Selain CRM, ODOO juga punya fitur lain seperti project management, sales, gudang, manufaktur, dan manajemen keuangan. Menariknya, ODOO ERP punya dukungan dari komunitas yang cukup dinamis sehingga membuat software ini lebih fleksibel dan bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

4 | Oracle NetSuite ERP

Berdiri pada tahun 1998 di California, Amerika Serikat, NetSuite merupakan salah satu pelopor software cloud-deployed. Oracle NetSuite terbentuk karena Oracle mengakuisisi NetSuite di tahun 2016 silam, namun produknya baru dirilis di Indonesia tepatnya di tahun 2017.


Banyak perusahaan menggunakan NetSuite untuk perencanaan SDM, melacak keuangan, mengelola inventaris, manajemen hubungan pelanggan, hingga menjadi host untuk e-commerce. Bahkan softwarenya ini bersifat mobile-friendly, yang bisa digunakan pada ponsel berbasis Android.

5 | Tigernix

Tigernix merupakan perusahaan yang berbasis di Singapura dengan lebih dari 200 pelanggan. Beroperasi sejak 2006, Tigernix sudah memiliki sejumlah kantor resmi di berbagai negara, seperti Malaysia, Sri Lanka, Australia, dan Indonesia.


Tigernix menawarkan 19 software untuk beragam kebutuhan model bisnis dengan mengenalkan konsep Go Green. Hal tersebut dapat dilihat dari setiap proses bisnis yang dijalankan selalu berpatokan pada kebijakan lingkungan dan menginisiasi lingkungan kerja baru.


Mereka mengklaim teknologi yang digunakan adalah ramah lingkungan, memiliki daya rendah, dan memanfaatkan energi lebih efisien dalam mengurangi penggunaan energi serta emisi karbon. Keunikannya inilah yang membuat software ERP dari Tigernix masuk dalam software ERP terbaik di Indonesia.

Kesimpulan


Sistem ERP mampu menyederhanakan beragam keperluan operasional bisnis yang sangat kompleks, menghemat biaya pengeluaran, meningkatkan efisiensi, serta mengoptimalkan produktivitas perusahaan. Software ini dapat dipakai di berbagai ukuran perusahaan.

RedERP hadir sebagai penyedia solusi ERP dengan deretan software lengkap untuk beragam jenis industri. Segera menerapkan sistem ERP untuk bisnis kamu dan jadwalkan demo gratis sekarang juga.

1 komentar:

  1. Baru tahu istilah ERP ini, sih, membantu banget untuk perusahaan pastinya apalagi bisa menyimpan dan mengelola data dengan baik. Sistem software yang memudahkan dan praktis ini mah, terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^