5 Rekomendasi Makanan Khas Tegal yang Wajib untuk Dicoba





Indonesia memang pantas mengusung semboyan Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi satu. Perbedaan-perbedaan tersebut tak hanya terjadi di dalam suku, ras, agama, domisili, atau yang sejenisnya. Bahkan ragam kuliner, di Indonesia, juga berbeda-beda. Tapi tetap, kesemuanya menjadikan Indonesia kaya akan berbagai macam hal.

Kamu yang sedang berada di Tegal, yang mungkin sedang menginap di hotel di Guci Tegal, jangan lupa untuk berwisata kuliner. Aneka macam kuliner khas yang ada di sekitar Guci Tegal, akan sangat disayangkan jika dilewatkan untuk kamu cicipi.

Mau tahu apa saja kuliner khas Tegal yang bisa diicip-icip saat kamu di Tegal? Ini dia beberapa rekomendasinya!

 

1. Kupat Glabed

Rekomendasi makan pertama yang harus kamu icip saat kamu berada di Tegal adalah Kupat Glabed. Kenapa demikian, sebab makanan yang satu ini tidak akan kamu temui selain di Tegal. Sesuai namanya, kupat glabed merupakan makanan yang berisikan kupat, namun ditambahkan kuah santan yang lezat. Di bagian topping, ada kerupuk keriting yang menambah citarasa kupat.

Kupat glabed bisa kamu cicipi di sekitar Alun-alun Tegal. Di sana ada beberapa warung yang menjualnya. Meski terkesan warung kecil, dan bukan di restoran-restoran besar yang mewah, akan tetapi kupat glabed kenikmatannya tak kalah dengan makanan-makanan mewah yang ada di restoran mahal.

Kupat glabed harganya sangat murah. Seporsi bisa hanya 5 ribu rupiah saja. Biar semakin meriah, kamu bisa juga menambahkan sate ayam atau kerang bersamanya. Jadinya, rasanya menjadi semakin nikmat.

2. Nasi Ponggol

Kuliner berikutnya yang harus kamu icip saat di Tegal adalah Nasi Ponggol. Makanan yang satu ini biasanya disantap sebagai menu sarapan pagi. Nasi Ponggol ini merupakan makanan yang isinya berupa nasi ditambah dengan aneka lauk. Dari mulai sambal goreng tempe hingga ke urap, tumis tempe, telur, dan yang lainnya. Nasi ponggol dibungkus dengan daun pisang, ukurannya juga lumayan kecil-kecil. Sehingga harganya juga murah. Karena populer dan banyak yang suka, nasi ponggol kini tidak hanya dijual sebagai menu sarapan pagi saja. Di malam hari juga banyak yang menjualnya dan banyak pula yang membelinya.

3. Soto Tauco

Soto merupakan makanan yang ada di hampir semua wilayah Indonesia. Tak terkecuali di Tegal, ada juga makanan berbentuk soto. Dan ya, tidak jauh dari soto lain yang ada di daerah lain, soto di Tegal juga berbahan dasar daging, yakni daging ayam. Bedanya, Soto Tauco yang ada di Tegal ditambahkan rempah-rempah yang cukup spesial.

Soto Tegal ini sering disingkat Sauto. Soto tauco. Namun beda dari tauco yang lainnya yang misalnya tauco dari Cianjur, tauco dari memiliki sensasi rasa yang manis, asem, dan juga asin. Kamu bisa mencicipi soto tauco ini di Warung Sedap Malam. Sebuah warung soto tauco di Tegal yang paling terkenal. Lokasinya ada di Jalan Talang Nomor 100, Tegal. Saking terkenalnya warung ini, sotonya pun sering kali disebut dengan nama Soto Talang.

4. Sate Kambing Muda

Kamu yang gemar makan sate kambing, jangan terlewat mencicipinya saat sedang berada di Tegal. Jika sate kambing pada umumnya bersifat kenyal dan sedikit alot, namun di Tegal, satenya lumayan empuk. Hal ini karena daging kambing yang digunakannya adalah kambing muda.

Ada yang unik dari sate kambing muda di Tegal. Dia banyak disebut sebagai sate Balibul. Hal ini ternyata merupakan singkatan. Yaitu singkatan dari usia kambing yang digunakan sebagai daging satenya. Balibul, bawah lima bulan.  

Untuk bisa mencicipi sate balibul yang enak, kamu bisa mengunjungi Warung Sate Sari Mendo. Lokasinya ada di Jalan Kapten Sudibyo dan Jalan KS. Tubun.

5. Tahu Aci

Tahu Aci adalah kuliner khas Tegal berikutnya yang harus kamu icip. Makanan yang satu ini bentuknya segitiga. Nah bagian acinya, itu menempel di bagian alas tahunya.

Kuliner ini tidak susah untuk didapatkan. Saat di Tegal, di hampir setiap pinggir jalannya bisa ditemukan pedagang tahu aci ini. Bahkan jika kamu naik bis. Di dalam bis sering kali masuk pedagang tahu aci asongan yang menjajakan dagangannya.

Orang yang bukan berasal dari Tegal banyak yang menyebut makanan satu ini sebagai tahu Tegal atau tahu kuping. Apa pun itu, namun rasanya yang gurih patut kamu coba saat kamu datang di Tegal. Jika penasaran dengan tahu aci Tegal yang paling enak, beli saja di pusat oleh-oleh khas Tegal Tahu Murni. Lokasinya ada di jalan Raya Adiwerna, Banjaran. Atau juga di Tahu Murni Putra, Tegal.

 

Itu dia beberapa makanan khas Tegal yang wajib kamu cicip saat berada di Tegal. Termasuk saat di Guci Tegal. Kesemuanya enak-enak dan punya harga yang sangat terjangkau. Tak hanya untuk dimakan di tempat, untuk dijadikan oleh-oleh, beberapa di antaranya bisa. Misalnya saja tahu aci tadi.

Untuk kamu yang bingung dengan hotel bagus yang ada di Tegal, yang mungkin bisa memudahkanmu untuk melakukan wisata kuliner makanan-makanan khas Tegal, kamu bisa menginap di Sun Q Ta Hotel Guci Tegal. Hotelnya bagus, bersih, dan nyaman. Ayo cek Traveloka sekarang juga. Siapa tahu kamu bisa jalan-jalan ke Tegal dengan segera. Dengan budget yang murah. Jadinya, kamu bisa mencicipi kuliner khas Tegal dengan segera juga!

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Ciri khasnya bumbu rempah yang kuat mirip sama di Malang sih, tapi beda jadi penasaran. Dari namanya aja unik, rasanya pasti juga enak enggak kalah sama makanan khas Malang. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Bloger pemula mohon bimbingan nya.😀

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^