Laman

13 Nov 2022

Pembaruan MacOs Ventura: Ada Apa Saja?



Bulan lalu, saya mendapatkan notifikasi mengenai pembaruan sistem operasi laptop saya yaitu dari MacOs Monterey ke MacOs Ventura. Seingat saya, saya belum ada setahun berganti dari MacOs BigSur ke Monterey. Kini, ada pembaruan dengan nama MacOS Ventura.

Sebenarnya, tidak ada masalah dengan sistem operasi Macbook saya sebelumnya yaitu MacOs Monterey. Tapi, setiap kali Apple memberikan pembaruan untuk produknya, kok, ya selalu penasaran mengenai fitur-fitur baru yang ditawarkan.

Sebelumnya, saya terkagum-kagum dengan pembaruan di MacOs Monterey yang memungkinkan saya untuk meng-copy image dan mem-paste tanpa harus menyimpannya. Lalu, ada lagi, saya bisa meng-copy tulisan dari image. Saya sampai heboh sendiri, “Hah, kok, bisa?”

Namun, itulah hal-hal yang bisa dijangkau oleh teknologi yang selalu membuat kita terkagum-kagum. Sebuah perubahan yang awalnya tidak mungkin, menjadi sangat mungkin.

Nah, untuk sistem operasi Macbook yang baru ini, yaitu MacOs Ventura ada apa saja, sih? Seperti biasa, saya tidak akan menyebutkan keseluruhan, tetapi hanya beberapa hal saja yang membuat saya tertarik.

Beberapa fitur baru dan fitur yang diperbarui bisa kamu temukan di MacOS Ventura. 

1 | Mail

Pada fitur mail di MacOs Ventura diperbarui dengan memberikan pencarian yang lebih akurat dan lengkap daripada sebelumnya. Sebelum mengetik kata kunci di kolom pencarian, akan muncul saran untuk pencarian. 

Batalkan dengan mudah pengiriman email yang baru Anda lakukan dan jadwalkan pengiriman pesan sesuai keinginan. Kamu juga dapat menambahkan tautan kaya agar email menampilkan lebih banyak detail secara ringkas.


2 | Spotlight

Selain pada fitur mail yang menampilkan pencarian lebih akurat dan lengkap, pada pencarian foto atau pencarian umum pun diberlakukan hal serupa. Hasil pencarian di spotlight lebih kaya menggabungkan semua informasi yang diperlukan untuk kontak, album, musisi, film, acara TV, aktor, olahraga, dan bisnis. Lihat pratinjau file dalam ukuran besar dan dapat digulir di Lihat Cepat dengan menekan tombol Spasi.

Kini kamu dapat menggunakan Spotlight untuk cepat menyetel alarm, memulai Fokus, mencari nama lagu dengan Shazam, menjalankan pintasan, dan masih banyak lagi.


3 | Safari

Tak hanya fitur-fitur utama yang ada di Macbook, bahkan fitur untuk browser pun diperbarui. Yaitu fitur yang ada di browser safari. Kunci sandi memperkenalkan cara baru untuk masuk yang dienkripsi secara menyeluruh sehingga aman dari phishing dan kebocoran data. Ini menjadikan kunci sandi lebih kuat dibandingkan segala jenis autentikasi dua faktor biasa. Kunci sandi juga berfungsi di perangkat non-Apple.

Selain itu, ada juga fitur tab bersama yang disediakan di safari. Kamu bisa berbagi dengan pasangan atau teman kamu. Pada tab dan penanda, kirim pesan, dan mulai FaceTime langsung dari Safari. Orang lain pun bisa menambahkan informasi atau tab di tab bersama tersebut.

4 | Pesan

Hal yang menarik lainnya, kamu bisa membatalkan, mengedit, pesan yang sudah terlanjur kamu kirim. Kamu dapat menandai pesan sebagai belum dibaca jika Anda tidak dapat langsung membalasnya dan ingin melihatnya lagi nanti.

Membagikan catatan, presentasi, pengingat, Grup Tab Safari, dan lainnya di Pesan untuk langsung memulai kolaborasi. Lihat pembaruan pada proyek bersama di utas dan hubungi kolaborator dengan mudah, langsung dari aplikasi yang kamu gunakan untuk berkolaborasi.

5 | Foto dan iCloud

Membagikan foto dan video dengan mudah hingga ke lima orang lainnya, agar semuanya dapat berkolaborasi di koleksi keluarga dan menikmati memori yang lebih lengkap. Dengan Perpustakaan Foto Bersama di iCloud, memori keluarga berada di satu tempat untuk dinikmati semua anggotanya kapan saja, bahkan jika bukan Anda yang memotret atau mengedit fotonya.

Itu dia beberapa fitur yang bisa kamu jumpai di MacOs Ventura yang terbaru. Mengenai MacOs ini, paling tidak kamu membutuhkan waktu cukup lama untuk mengupdate-nya. Tapi, selalu ada hal yang menarik ketika MacOs terbaru yang ditawarkan oleh Apple.

Apabila kamu ingin mengetahui banyak hal mengenai gadget maupun teknologi, kamu bisa kunjungi situs Kawangadget.

Semoga membantu!


1 komentar:

  1. Memang produk yang satu ini enggak main pembaruannya, semakin ke sini semkain canggih saja. Jadi pengin laptop MacOs, mantep banget kualitas dan kecanggihannya apalagi ada banyak fitur yang terus mengalai kemajuan. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^