Mar 2, 2023

Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Rumah




Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Membeli Rumah - Memiliki rumah hampir menjadi impian semua orang, termasuk saya. Namun, apa daya saya belum memiliki kemampuan untuk mendapatkannya. Untuk kamu yang ingin membeli rumah, lebih baik mempertimbangkan banyak hal untuk hal itu. Sebaiknya, sebelum membeli rumah dan kamu berencana untuk kredit, lebih baik mencoba simulasi KPR terlebih dahulu.

Faktor yang harus kamu perhatikan tak hanya mengenai kesiapan dana, pun hal-hal di luar itu. Sebab, membeli rumah bukan sekadar membeli bangunan saja, pun mengenai kenyamanan tempat kamu tinggal dan kehidupan kamu kelak.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli rumah, perhatikan hal di bawah ini, ya.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Rumah


1 | Pastikan Tabungan Cukup


Pastikan kamu memiliki tabungan yang cukup sebelum memutuskan membeli rumah ataupun kredit rumah. Jangan memaksakan diri untuk mengambil cicilan, apabila kamu tidak memiliki tabungan yang cukup atau rencana yang matang mengenai keuangan di masa depan.

Sebagai orang dewasa, sebelum melakukan kredit rumah, semestinya sudah tahu rencana-rencana ke depannya. Satu hal yang harus kamu tanyakan pada diri sendiri.

Bagaimana cara saya membayar cicilan rumah, kelak?

Memiliki tabungan yang cukup adalah cara agar ketika kamu memiliki masalah dalam pekerjaan, kamu masih tetap bisa membayar cicilan sampai masalah pekerjaan kamu selesai.

Itulah kenapa, kamu harus mencari informasi mengenai simulasi KPR sebelum memutuskan untuk membeli rumah secara kredit.

2 | Mengetahui Mengenai Kredit Rumah


Seperti yang saya katakan sebelumnya, apabila kamu memilih untuk membeli rumah dengan cara kredit, kamu harus tahu nih mengenai kredit rumah. Kamu bisa melakukan simulasi KPR di situs-situs tertentu yang menyediakan jasa simulasi KPR.


Dengan melakukan simulasi KPR kamu bisa mengetahui berapa biaya yang harus kamu keluarkan setiap bulannya untuk rumah kamu. Cari situs yang menyediakan simulasi KPR lengkap, ya. Seperti berapa bunga yang harus kamu bayar, berapa tahun, harga properti dan lainnya.


3 | Mencari Agen Real Estate Terpercaya


Banyak orang yang ingin membeli rumah terjerumus dengan pengelola real estate gadungan atau terkena tipu daya. Untuk itu, kamu harus benar-benar mencari pengembang maupun agen real estate yang terpercaya agar proses kamu memiliki rumah lancar tanpa ada gangguan yang berarti.

4 | Batas Maksimum Pengeluaran Untuk Rumah


Selain memiliki tabungan yang cukup, kamu juga harus tahu batas maksimum pengeluaran untuk rumah. Terkadang, ya, ketika memiliki sesuatu yang baru kita cenderung ingin memenuhi banyak hal. Apalagi, memiliki rumah bukan sekadar mengenai bangunannya saja, pun mengenai isi dalam rumah tersebut.

Terkadang, mengenai interior bisa membuat kita ingin beli ini itu. Tapi, karena kamu membeli rumah secara kredit harus bisa menahan pengeluaran, nih. Kamu bisa mengisi rumah secara perlahan.

5 | Melihat Lingkungan Rumah


Baru-baru ini ada berita viral mengenai perumahan yang banjir. Banjir tersebut cukup tinggi. Kamu harus cari tahu mengenai lingkungan calon rumah kamu nih. Mulai dari mengenai pembuangan air, ukuran jalan, kebiasaan dari lingkungan tersebut, serta tetangga kamu kelak.

Tahu, kan, banyak orang yang memiliki mobil tapi tidak memiliki garasi? Nah, kamu harus tahu bagaimana kebiasaan orang-orang di lingkungan rumah kamu kelak.

6 | Memperhitungkan Biaya Tambahan


Jangan lupakan mengenai biaya tambahan. Biasanya, ada saja hal tak terduga yang terjadi sehingga membutuhkan biaya tambahan. Walaupun kamu menggunakan simulasi KPR, bisa jadi ada biaya tambahan yang mengharuskan kamu mengeluarkan dana lebih. 

7 | Keuntungan Rumah di Masa Depan


Tak hanya memikirkan tempat tinggal, kamu harus memikirkan masa depan. Bagaimana nilai jual rumah kamu sepuluh tahun mendatang? Apakah lingkungan rumah kamu mendukung dan memiliki nilai lebih? Jangan sampai ternyata lingkungan kamu kurang bagus dan sepi peminat. Jangankan sepuluh tahun lagi, jangan-jangan lima tahun lagi sudah tidak ada yang mau tinggal di sana.

Mengenai hal itu, sudah tahu, kan, mengenai apartemen yang sedang ramai diperbincangkan itu? Nah, oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati dalam memilih pengembang, lingkungan rumah, serta hal-hal lainnya yang mungkin kamu anggap sepele.

Membeli rumah bukan sekadar mengenai tempat tinggal apalagi sekadar yang penting uangnya cukup. Tapi, harus memikirkan banyak hal. Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah melihat simulasi KPR.

Semoga bermanfaat!

2 Comments:

  1. Rumah menjadi tempat tinggal selamanya, jadi perlu banyak hal buat mempertimbangkannya. Apalagi beli rumah bukan hal yang murah dan mudah didapatkan, banyak banget yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah apalagi lingkungan, lokasi, dan kenyamanannya. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Informasi yg menarik Kak. Oh iya, mungkin selain KPR, bisa juga coba jalur cash atau inhouse (bayar langsung ke developer / pemilik properti secara bertahap). Inhouse ini tentu lebih menguntungkan karena tanpa bunga seperti KPR, namun memang jumlah cicilan akan lebih besar. ^^

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Banner IDwebhost