Jul 19, 2023

Memanfaatkan Tekhnologi Kecerdasan Buatan Untuk Pelaku UMKM


Kemunculan teknologi kecerdasan buatan memberikan huru hara yang cukup hangat satu tahun terakhir. Mulai dari kecemasan karena takut keahlian mereka tergantikan, sampai ada yang lempeng saja menghadapi hal ini. Saya pribadi salah satu dari golongan yang biasa saja menghadapi kecerdasan buatan atau yang biasa disebut  ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI). Bukan karena saya tidak takut keahlian saya tergantikan, tetapi memang saya tidak takut, sebab saya menyadari bahwa setiap hal yang muncul di dunia ini, baik teknologi maupun lainnya, akan memiliki dua sisi mata pisau. 

Dengan adanya AI, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk pekerjaan kamu. Apalagi, bagi kamu yang terjun dalam UMKM dengan modal minimum, tentu belajar menggunakan AI sangat bagus untuk kamu.



Apa saja, sih, hal yang bisa dimanfaatkan dari kecerdasan buatan untuk UMKM?

1 | Promosi di Media Sosial Menggunakan AI

Alih-alih takut akan tergeser karena AI, lebih baik kita memikirkan apa yang bisa dimanfaatkan dari AI ini. Kamu tahu, programmer atau orang yang menciptakan situs kecerdasan buatan itu bertujuan untuk mempermudah kebutuhan manusia atau kebutuhan kita sendiri. Oleh sebab itu, kita harus berterima kasih dan memanfaatkannya dengan baik. Jika pekerjaan akan lebih mudah dikerjakan dengan adanya kecerdasan buatan, kenapa tidak?

Sebagai pelaku UMKM kamu bisa menggunakan AI untuk promosi di akun media sosial produk yang kamu jual. Zaman sekarang kalau tidak ada akun official dari produk yang kita jual, rasanya kurang lengkap. Akun media sosial selain untuk promosi, pun untuk memberikan kepercayaan pada pelanggan.

Dengan menggunakan AI, kamu bisa memintanya membuat caption untuk promosi atau lebih tepatnya dikatakan membuat copywriter. Kamu juga bisa menggunakan AI untuk membuat artikel di blog ataupun menggunakannya untuk membuat script video singkat.

2 | Video Promosi

Selain tentang sebuah teks, kamu pun bisa memanfaatkan AI dalam bentuk video dan audio. Memang, ya, teknologi semakin maju semakin keren saja. Tidak hanya untuk membuat artikel atau sekadar takarir, AI pun bisa dimanfaatkan untuk membuat video promosi.

Kamu bisa membuat video dengan menggunakan suara yang sudah disediakan di situs-situs kecerdasan buatan, sehingga tidak perlu cemas lagi mengenai ketakutan berhadapan dengan kamera. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan AI untuk mengedit video tersebut.

3 | Mengetahui Ide-Ide Untuk Mengembangkan UMKM

Dengan menggunakan AI, kamu pun bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan UMKM kamu. Di sana, kamu bisa bertanya apa saja yang kamu butuhkan untuk mengembangkan UMKM yang kamu miliki. Cukup masukkan pertanyaan kamu, maka kecerdasan buatan akan bekerja dengan sendirinya memberikan beberapa pilihan untuk mengembangkan UMKM yang kamu miliki.

4 | Mengidentifikasi Manfaat Untuk UMKM

Kabar baik untuk kamu, kini Amartha memiliki teknologi kecerdasan buatan untuk kamu pelaku UMKM. Kamu bisa memanfaatkan AScore.ai untuk mengidentifikasi skor kredit untuk UMKM yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa tahu, nih, langkah selanjutnya dalam mengembangkan bisnis UMKM kamu.

Dengan mengetahui skor kredit, kamu bisa menentukan pilihan atau langkah selanjutnya untuk usaha kamu. Dengan mengecek skor kredit, kamu bisa mengevaluasi dan menganalisis skor kredit yang bisa kamu ajukan. 

Dengan begitu, kamu bisa menekan biaya operasional serta bisa mengetahui kemampuan kamu dalam meminjam modal untuk  UMKM yang kamu jalankan.

Nah, itu dia hal-hal yang bisa kamu manfaatkan di kecerdasan buatan untuk mengembangkan usaha yang kamu jalankan.


0 Comments:

Post a Comment

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^