Keuntungan Ngeblog | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Keuntungan Ngeblog
Jun 21, 2015

Keuntungan Ngeblog



Keuntungan Ngeblog - Saat ini begitu banyak orang memilih untuk menjadi blogger atau penulis blog. Bukan tanpa alasan bagi kami ~ blogger, untuk terjun dalam dunia ini. Selain untuk berbagi informasi dan kesenangan batin, ngeblog juga bisa memberikan tambahan uang di celengan.

Untuk saya sendiri, awal membuat blog hanya untuk tugas sekolah, kemudian menjadi tempat curhatan. Seiring berjalannya waktu, saya membuat artikel-artikel yang bermanfaat bagi khayalak umum. Dari situ, saya akhirnya mendapatkan job-job review atau pesanan artikel dari berbagai kalangan. 

Setiap kali saya berkata kepada teman-teman saya yang non-blogger, bahwa ngeblog menghasilkan uang. Mereka selalu bertanya ,"Dapat uangnya dari mana?". Pertanyaan itu selalu muncul. Tak hanya satu dua kali saja. Berkali-kali.

Penghasilan Ngeblog dari mana saja?


Bermacam-macam. Ada dari job review, Google Adsense, Kontes Blog, atau bekerjasama dengan media partner.

1 | Job Review

Pekerjaan ini merupakan sebuah testimoni dari sebuah produk/web/jasa. Untuk penjual online, hal ini disebut testimonial. Jadi, di sini kita merewiew produk/web/jasa tersebut dalam beberapa kata - sesuai permintaan - kemudian kita posting di blog. Setelah itu, pemilik produk/web/jasa tersebut memberikan fee sesuai perjanjian di awal.

2 | Google Adsense

Untuk satu ini, saya sudah menjelaskan pada postingan lain. Apa itu Google Adsense? Cara Mendaftar Google Adsense, Serba-serbi Mengejar Cinta Google Adsense.

Intinya, Google Adsense merupakan cara mendapatkan uang dari internet dengan cara menjalin kerjasama dengan Google. Caranya cukup mudah namun harus benar-benar memenuhi syarat. Yang terpenting adalah, umur blog sudah 6 bulan, dan artikel yang disampaikan merupakan artikel yang berisi informasi.


3 | Kontes Blog

Kalau satu ini, tidaklah mudah. Bahkan, terkadang kita tak akan mendapatkan bayaran atas hal ini. Ya, seperti lomba-lomba pada umumnya harus dipilih menjadi pemenang dahulu agar mendapatkan hadiah. 

4 | Partner Media

Sekarang jamannya tekhnologi. Berbagai macam media toko online bertebaran di luar sana. Media-media lainnya pun begitu. Selain itu juga banyak perusahaan-perusahaan membutuhkan partner blogger untuk mempromosikan produk mereka. Tidak tanggung-tanggung, media besar semacam itu akan memberikan fee selayaknya kita bekerja di kantor. 

Namun, hal ini tak dapat diperoleh dengan mudah. Media-media tersebut harus mereview keunggulan blog kita untuk menyetujui kerjasama. 

5 | Review On The Spot

Satu ini semacam menjadi wartawan. Hanya saja, setelah meliput di lapangan kita menulis di blog sendiri, bukan di koran atau majalah. Dan, even ini sangat jarang kita temukan dan tentunya persaingan pun ketat. 

Poin-poin di atas, hanya beberapa dari banyaknya keuntungan ngeblog atau dari mana kita mendapatkan keuntungan dari blog. Mungkin, teman-teman blogger ada yang mau menambahkan? 



Image source unsplash


Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

8 comments:

  1. Alhamdulillah, nge-blog memang memberikan keuntungan yang tak di duga arah datangnya. Selain soal bonus (materi), banyak hal yang bisa ditemukan lewat blog, baik itu menambah jaringan, pertemanan, dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  2. Ulasan menarik.
    www.bairuindra.com

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya yang menarik

    ReplyDelete
  4. Menjadi publisher adsense termasuk cara mendapatkan penghasilan yang banyak dilakukan oleh blogger ya mbak...?

    ReplyDelete
  5. ngeblog selain dapet temen, dapet ilmu, bisa dapet penghasilan juga ya :)

    ReplyDelete
  6. Kalau aku sih lebih prefer jadi freelance content writer atau ghost writer di banding ngandelin adsense, lebih kerasa aja pundi-pundinya hhe

    ReplyDelete
  7. Aku pernah satu kali dpt job review on the spot dari sebuah brand bank besar.. Dpt fee lumayan banget bisa traktir beratus bakso buat orang kantor..hehe.. Alhamdulillah.. Tapi saat ini aku mulai menekuni job review. .

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^