Jenuh Ketika Ngeblog? Begini Cara Mengatasinya | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: Jenuh Ketika Ngeblog? Begini Cara Mengatasinya
Apr 4, 2016

Jenuh Ketika Ngeblog? Begini Cara Mengatasinya


Jenuh Ketika Ngeblog? Begini Cara Mengatasinya -Rutinitas saya setiap hari adalah menulis, menulis, dan mendesain. Jadi, sebagian hidup saya, saya habiskan dengan menulis atau berselancar di dunia maya. Kadangkala, saya juga merasa jenuh dengan rutinitas itu-itu saja, terlebih lagi saya masih muda. Ah, umur masih segini, masa rutinitas begitu-begitu saja? Sedikit banyak, saya butuh charger untuk mengisi ulang tenaga dan semangat saya.

Percaya deh, uang tidak melulu bisa membuat semangatmu naik. *kecuali, duitnya bermilyar-milyar*
Menulis merupakan kegiatan yang amat saya sukai, saya cintai, dan saya idam-idamkan. Nah, sesuatu yang saya sukai, saja bisa membuat saya jenuh, bosan, dan eneg, apalagi melakukan hal yang tidak saya sukai *misalnya, untuk membencimu, xoxo*.

Saya sendiri, mengelolah banyak blog dan sampai sekarang belum menentukan jadwal, agar semua blog saya terkelolah dengan baik. Iya, banyak yang terbengkali. Saya punya blog buku (alineabuku.blogspot.com), blog film (movie.wulansari.net), blog fiksi (www.nonakenanga.com), dan blog yang baru saya bangun (www.wulankenanga.com). Itu baru blog yang saya kelola sendirian. Ada pula blog yang saya kelola bersama Mbak Swastikha yaitu, www.nonacantik.net. Ah, terlalu banyak mengelolah blog untuk ukuran orang pemalas seperti saya ya? Jadi, terbengkalai. Baiklah, habis ini saya akan membuat jadwal posting untuk masing-masing blog (kecuali nonakenanga).

Jadi, apa saja sih yang bisa membuat semangat saya kembali berkobar-kobar untuk mengelolah blog-blog tersebut? Apalagi, ya masih belum bisa membagi waktu.


Memperkaya Ide

Bisa jadi, ketika kita jenuh ngeblog karena ide yang kita bahas mengenai itu-itu saja. Misalnya saya nih, sukanya membahas matcha terus atau apalah itu. Nah, lama-lama bosan juga ya. Atau misalnya, postingan isinya polos, nggak ada variasi sama sekali. Kita sudah bosan, lihat blogpost polosan, hadeeh. Ya, caranya dengan memperkaya ide. Maybe, ide yang saya punya klise atau mainstrem. Tapi, dengan melihat sudut pandang dari ide atau masalah yang kita bahas akan menjadikan blogpost lebih bervariasi atau berwarna. Apalagi, mencoba dengan memberikan foto-foto yang oke.

By the way, saya juga bersemangat sekali ketika akan mempost artikel, ketika artikel tersebut saya barengi dengan foto-foto yang saya ambil sendiri. Rasanya, beda. Rasanya setelah post itu, puas. Semacam saya akan pamer ke dunia. Hei, ini loh fotoku bagus *padahal nggak sama sekali*.

Misalnya, ketika saya memposting artikel 7 Alasan Saya Cetak Kaos di Ciptaloka. Di situ, saya baru saja membuat mahakarya *ceila, lebai* dengan membuat foto flatlay dengan kaus. Iya, itu background saya bela-belain beli kertas karton dari Mojokerto naik motor. Eih, hasil fotonya oke dapat apresiasi dari klien lagi. Bagaimana tidak semangat, coba? Haiyo, bayangin.

Biasanya, agar mood atau ide saya muncul, saya sering berkunjung ke www.pinterest .com di sana banyak sekali foto-foto berseliweran yang membangkitkan semangat. Dengan melihat foto-foto tersebut, ide-ide untuk menghasilkan foto flat lay yang oke pun muncul. Ketika kita sudah membuat foto yang oke, maka semangat menulis pun menggebu-gebu.

Disiplin

Bagi saya, tidak menulis sehari saja sudah merasa bersalah. Empat hari ini blog tidak terisi, merasa dipanggil-panggil. Jadi, saya membuat list postingan. Entah itu postingan dari hati atau postingan berbayar. Dengan begitu, akan selalu ada alasan untuk memperbarui postingan blog. Kalau saya sendiri selain membuat list postingan juga memberikan tanggal kapan postingan itu harus di post. Kalau bisa sih, sebelum tenggat waktu yang saya tetapkan sendiri.

Membuat tenggat waktu juga penting untuk kedisiplinan loh. Apalagi, untuk ibu-ibu pekerja atau ibu rumah tangga. Dengan begitu, akan selalu ada waktu untuk menulis. Ingat deadline, ingat deadline ,jangan ingat DEADPOOL!

Kalau tidak ada tenggat waktu, bisa-bisa keteteran semua. Kerjaan di Loka Media terlupakan, diminta memperbaiki link blog klien juga kelewatan, lalu bengong bingung mau ngapain, padahal kerjaan banyak. Yah, akhirnya penyelamat saya adalah sticky note warna warni yang tertempel di depan meja kerja *xoxo*.

Nongki-Nongki Cantik

Jenuh ngeblog, mungkin juga dipengaruhi oleh lingkungan yang itu-itu saja. Kalau biasanya, saya menulis di kamar yang sempit. Pemandangannya hanya guling lusuh, kasur berantakan, buku-buku menjerit minta dibaca, udara pengap. Itu bisa jadi penyebab kita jenuh ngeblog. Ah, ini sih bukan ngeblog yang jadi masalah, tapi lingkungan. Coba deh, keluar kamar. Duduk di teras sambil bawa laptop dan kopi. Menulis sambil mendengarkan musik. Ada orang lewat disapa. Intinya, ganti suasana. Kalau ada duwit lebih, bolehlah ke kafe. Beli matcha segelas seharga tiga puluh ribu. Dijamin, nggak bakalan jenuh ngeblog. Yah, kalau jenuh kita tidak dapat orderan review, terus yang bayar matcha tiga puluh ribu, siapa?

Sudah melakukan hal di atas, tapi tetap jenuh? Berarti di bawah ini adalah cara satu-satunya untuk mengatasi jenuh ketika ngeblog.

SETOP NGEBLOG!

Saya suka ngeblog, kok disuruh setop? Maksud saya, setop ngeblog untuk sementara waktu. Pikiran dan tenaga untuk ngeblog kita alihkan ke hal positif lainnya. Misalnya, dengan membaca novel yang sudah menjerit-jerit di rak minta dibaca, atau menonton film di bioskop. Kalau bisa sih, keluar rumah hangout bareng keluarga, sahabat, atau pacar *kalau punya*. Menikmati waktu, menarik diri dari dunia maya tidak ada salahnya. Kalaupun karena menarik diri dari dunia maya sementara waktu, dan membuat kita tertinggal job *nangis*, tidak masalah. Karena ini untuk menyegarkan tulisan kita sendiri.

Omong-omong, tulisan seseorang karena “terpaksa” dan karena “dari hati” itu jauh berbeda. Begitu pula dengan tulisan saya. Tulisan saya, kalau menulisnya alakadarnya pasti sudut pandang yang saya ambil hanya itu-itu saja. Tidak berwarna. Deskripsi, singkat. Tak ada penyegar atau hal-hal menarik yang dibahas.

Terkadang, ketika kita melakukan kegiatan lain di luar rutinitas, akan ada saja kejadian yang bisa memberikan kita ide. Ide tersebut, bisa kita olah secara cantik untuk memperkaya postingan blog kita ini. Kalau tulisan segar, cantik, dan sehat *kayak apa sajaaa*, pastinya brand-brand pun akan melirik *eh, maksudnya pembaca*.

Seperti halnya yang saya lakukan beberapa minggu yang lalu, yaitu melakukan perjalanan ke Jogja. Saya tidak membawa pekerjaan serta, alias laptop. Murni, selama seminggu blog saya kosong tanpa pembaruan. Hasilnya, saya pulang membawa banyak cerita yang nantinya meramaikan kembali blog.

Ya, sekian cerita panjang lebar mengenai apa saja hal yang saya lakukan ketika jenuh ngeblog dan pada akhirnya, bengong tidak melakukan apa-apa.

xoxo,
Wulan K.



Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

17 comments:

  1. Kalau nongki2 cantik mah..hayuk...aku suka bgettt

    ReplyDelete
  2. Setuju, sistah.
    Kadang-kadang emang jenuh ngeblog, manusiawi ya.
    Asalkan jenuhnya gak keterusan :D

    ReplyDelete
  3. jenuh ngeblog jalan jalan dan makan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayokk mbak, aku sampean traktir maem :D

      Delete
  4. Paling seneng kalo lagi jenuh ada yang ngajakin ngopi cantik :D
    abis itu sembuh deh jenuhnya..wkwkwk

    ReplyDelete
  5. jenuh ngeblog, ya baca novel dan nonton film :)))

    ReplyDelete
  6. Beberapa tips juga saya lakukan.
    Terima kasih tipsnya
    Kalau nongki2 cantik saya ganti Hangout hahaha
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  7. disiplin itu penting! Walaupun susah ya nerapinnya.. hehehe

    ReplyDelete
  8. Wah bagus bgt ni. Membantu bgt :)

    Btw mampir ya kak
    http://wwwlisaramaynti.blogspot.co.id/2016/04/kekonyolan-orang-jatuh-cinta.html?m=1

    ReplyDelete
  9. Wah bgs bgt ini, sangat membantu :)

    Btw mampir ke blog aku ya kak
    http://wwwlisaramaynti.blogspot.co.id/2016/04/kekonyolan-orang-jatuh-cinta.html?m=1

    ReplyDelete
  10. Aku suka berenti trus nonton Reality show korea deh hihihi

    ReplyDelete
  11. nongki2 cantik kayaknya asyik tuh

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^