5 Konten yang Sering Dicari | Wulan Kenanga Wulan Kenanga: 5 Konten yang Sering Dicari
Jun 26, 2016

5 Konten yang Sering Dicari

taken from unsplash.com

5 Konten yang Sering Dicari - Berbicara mengenai konten, kita tahu bahwa konten merupakan menu utama dari sebuah blog. Ibaratnya makan malam, konten adalah sebuah hidangan. Tak melulu soal rasa dan kerenyahan konten. Konten juga harus indah dipandang, enak untuk dinikmati dari segi penampilan maupun rasa.

Well, kita sudah memberikan konten yang menarik. Konten yang enak dilihat, yang renyah dan gurih, konten yang membuat kita tak bisa mengalihkan pandangan sedikitpun. Lalu sebenarnya, konten apa saja yang banyak dicari pembaca? Katakanlah, konten yang memiliki penyajian indah. Itu kan, setelah mereka membaca blog kita. Nah,  agar mereka bisa menemukan blog kita, tentu kita kudu tahu pembaca mencari konten seperti apa.

Dari pengamatan saya di blog sendiri dan beberapa blog kawan,  ada lima jenis konten yang sering dicari pembaca.


Resep Masakan

Saya rasa, konten mengenai makanan adalah konten yang bisa hidup sepanjang masa. Entah itu sepuluh tahun kemudian atau berpuluh tahun yang akan datang, sebuah konten mengenai resep makanan tak akan basi. Seperti yang kita ketahui, bahwa manusia setiap hari menyantap makanan. Tentu saja, mereka membutuhkan resep-resep baru untuk memperbarui selera makan. Atau untuk perempuan dan laki-laki yang tak doyan masuk dapur, artikel mengenai resep makanan amat membantu. Itulah kenapa, artikel resep makanan sering dicari pembaca.

Saya mempunyai blog mengenai resep makanan di jajananlegit.blogspot.com blog tersebut saya biarkan begitu saja, tanpa pernah saya isi. Saya lupa, kapan kali terakhir saya mengisinya. Tapi, ketika saya tengok pengunjung di Histat, ada saja pengunjung yang mengunjungi blog saya tersebut. Terbukti kan, kalau konten mengenai resep makanan tak akan basi?

How to

Pernah menuliskan keyword di Mbah Google “Bagaimana cara....”? Pasti sering banget, kan, ya? Bahkan setiap kali membutuhkan tutorial, kita selalu menggunakan kata tersebut. Ketika saya mendesain blog pun, saya selalu bertanya ke mbah google bagaimana cara begini begitu, ketika saya tak bisa. Bisa dibilang, guru saya ya, di mbah ini.

Menulis artikel how to bukan sekadar “tak akan basi” tapi juga bisa membantu orang lain. Dulu, ketika saya Praktik Industri di Kabupaten, laptop saya bermasalah. Jadi laptop saya itu loading lama. Bahkan, saya sampai upgrade memori dan berharap masalah selesai. Ternyata, tak kunjung selesai karena bukan masalah memorinya yang hanya 1Gb, melainkan virus. Kemudian, saya tahu kalau virus tersebut bernama ranmit. Googling sana sini, bagaimana cara menghilangkan virus ranmit. Setelah ketemu, saya coba dan berhasil. Lalu, pengalaman tersebut saya ulas di blog ini. Tahu nggak, kalau artikel tersebut selalu mendatangkan pengunjung?

Review Produk

Salah satu artikel yang paling dicari di blog saya adalah mengenai produk. Saya mereview produk minuman sachet yaitu Allure Japanesse Greentea Latte. Dan, artikel tersebut merupakan artikel andalan di blog saya. Kenapa begitu? Karena seringkali artikel tersebut kebanjiran pengunjung dan komentar. Bahkan, ada yang pernah berkomentar “Kak, Allurenya di Indomart rak sebelah mana?” saya tekankan di sini RAK SEBELAH MANA .

Begitulah risiko yang harus kita ambil, ketika artikel yang kita tulis banyak yang cari. Selain produk allure, review mengenai Bakmi GM juga banyak yang cari. Intinya, kalau memang suka nyemil dan suka menjajal produk-produk baru, sudah review saja. Karena orang kebanyakan penasaran dengan suatu produk tertentu. Dari rasa penasaran tersebut, mereka akan mencari informasinya di internet.

Informasi

Semua artikel merupakan artikel informasi. Tapi, di sini saya menyebutnya demikian karena artikel ini mengandung informasi tempat atau sesuatu hal. Artikel informasi banyak yang mencari. Seperti informasi mengenai kafe di Surabaya, atau tempat-tempat wisata. Blog saya yang www.wulankenanga.com merupakan blog yang berisi jalan-jalan dan makan-makan. Di blog tersebut, pengunjung selalu berdatangan meskipun saya tak share artikel dan jarang update. Trafiknya cukup bagus daripada blog saya yang www.wulansari.net ketika masih awam dahulu.

Artikel saya mengenai Agen Utama JNE Mojokerto pun kebanjiran komentar. Bahkan, sebagian mengira bahwa saya adalah karyawan JNE. Ternyata ketika saya search di Mbah Google, “Jne Mojokerto” memang blog sayalah yang muncul. Pantas bila banyak pengunjungnya.

Artikel mengenai kesehatan, terutama diet

Kita semua pasti ingin sehat dan ketika sedang sakit kalau bisa tidak perlu ke dokter. Itulah sebabnya artikel mengenai kesehatan pun banyak yang mencari. Di blog saya sendiri, artikel kesehatan yang banyak dicari adalah mengenai diet. Padahal, itu artikel merupakan artikel berbayar. Bukan hasil tulisan saya sendiri. Tapi, trafik dari artikel diet tersebut sangat fantastis. Bahkan, berkejar-kejaran dengan artikel mengenai allure. Memang sih, di blog ini saya pun sering membahas mengenai diet yang pernah saya lakoni, sehingga artikel tersebut meskipun berbayar masih masuk ke dalam blog saya.

Senang rasanya setiap hari pantengin histats untuk cek berapa pengunjung blog setiap harinya. Terkadang lumayan banyak – melebihi biasanya – terkadang pengunjung tetap sekitar itu-itu saja. Ya, memang kita harus pintar-pintar menulis konten untuk menarik pembaca. Nah, teman-teman sudah tahu konten apa saja yang banyak dicari pembaca. Yuk, membuat konten yang sering dicari pembaca.


xoxo,
Wulan K. 

Wulansari Wulan Kenanga

Hidup untuk menulis, menulis untuk hidup

Blog Designer, Writer, Buzzer, Dreamer, Pemeluk Kenangan, Jasa Review, Penulisan Artikel. Kerja sama Contact holawulan@gmail.com

7 comments:

  1. Kalau di blog saya ternyata surat cinta menyumbang datangnya pengunjung 😂

    ReplyDelete
  2. Kalau saya cara nulis daftar pustaka dan review film Bollywood yg paling banyak nyedot visitor.
    Kudu sering nonton Bollywood.

    ReplyDelete
  3. Review itu bener. Aku gak bahas endors ya.. yang murni review kita sendiri biasanya itu lebih boooomm daripada produk endors. Udah terbukti belasan post reviewku selalu banjir dan itu mengalahlan barang endors. Entah ya... Yang How To.. hahaha iya banget. Googling pasti keywordnya Bagaimana cara... atau cara... dst. Xixii... nice post!
    Salam kenal, Mbak.. aku singgah di sini karena lihat share mu di group KEB. Aku baru di sana.. hihii... Senang bisa mampir di sini...

    ReplyDelete
  4. wiih, iya nih. ane mlah updatenya gak begitu jelas :D alhasil, jarang ada yang berkunjung ke blog ane .. hmmn

    ReplyDelete
  5. Kalau menurut saya sih mbak kalau konten yang paling dicari diatas memang benar tapi kalau lebih bermanfaat yang artikel kesehatan.

    ReplyDelete
  6. betul, konten berupa artikel dan berita yang banyak dicari

    ReplyDelete
  7. iya ..yang banyak dicari sih yang How to..
    tentang traveling juga ya..

    yuk ahhh menulis, moga bisa nulis yang bermanfaat :D

    ReplyDelete

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^