Wulan Kenanga

Lifestyle Blogger, Penulis Melankolis,

4 Agt 2018

Lebih Baik Mana? Menabung apa Investasi?



Lebih Baik Mana? Menabung apa Investasi?Apa sih tujuan utama kita menabung? Tentunya, untuk menyimpan uang, untuk masa yang lebih cerah. Kita menabung selalu berharap setiap bulannya, tabungan kita akan bertambah nominalnya, paling tidak tetap seperti awal kita menabung. Pada kenyataannya, setiap bulannya tabungan kita berkurang, meskipun kita tidak memakai uang tabungan tersebut.

Iya, tabungan kita terpotong uang administrasi, dll.

Kita mati-matian bekerja, menulis artikel, bangun pagi- pulang sore, motret dan lainnya, berharap dengan menabung kita bisa mengumpulkan uang untuk menikah,bayar uang kuliah dan bayar kebutuhan sehari-hari. Nyatanya, bukannya uang tambahan bertambah, malah berkurang. Terlebih lagi, setiap tahunnya kita akan terkena inflasi.

Nah, muncul kata inflasi. Apa sih inflasi itu?


Kalau menurut KBBI inflasi itu kemerosotan nilai uang (kertas) karena banyaknya dan cepatnya uang (kertas) beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang. Untuk kalimat sederhananya, inflasi adalah kenaikan harga.

Contoh sederhana, jaman SMA saya uang saku 5000 sudah cukup untuk jajan di sekolah dan bensin. Iya, dulu bensin pernah seharga keripik singkong ukuran kecil. Sekarang? Semakin naik dan naik. Untuk itu, kita harus memiliki “langkah” terbaik agar tabungan kita bertambah, seperti halnya dengan inflasi. Bukan hanya menabung saja, melainkan investasi.

Apa itu investasi?

Menurut KBBI investasi itu penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Dengan kata lain, kita menginvestasikan uang untuk mendapatkan keuntungan, yang bisa digunakan untuk masa depan. Sudah jelas, perbedaan investasi dan menabung?

Berkenalan dengan Manulife Dana Kas

Manulife Dana Kas adalah salah satu produk Reksa Dana Manulife, yang pertumbuhannya palings stabil, alias tergolong konservatif.

Manulife Dana Kas merupakan alternatif lain menabung, agar uang tabungan kita tidak terpotong sana sini, justru bertambah setiap tahunnya. Selain itu, dengan Manulife Dana Kas kita bisa mencairkan dana kapan saja, seperti halnya menabung. Hasil investasinya pun lebih bagus daripada tabungan di bank.

Kemudian, Apa itu Reksa Dana?

Reksa Dana adalah program investasi yang menggabungkanmodal daribanyakinvestor, dan berinvestasi pada beragam instrumen, serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset (ManajerInvestasi).

Cara Berinvestasi di Manulife Reksa Dana

Pembelian (subscription)

Ketikakitaberinvestasidi reksadana, dana yang kitainvestasikandibelikan“unit” reksadana.

Investasi berkembang

Selanjutnya, nilai investasi kita akan naik-turun seiring dengan naik-turunnya harga unit reksa dana.

Pencairan (redemption)

Kapanpun, ketika dirasa nilai investasi telah berkembang cukup banyak, kita dapat mencairkan “unit” reksa dana kita, dan menikmati hasilnya.

Uniknya dari reksadana milik Manulife ini semua dilakukan secara online loh. Kemarin, saya pun sudah mencoba membuat akun di klikmami.com milik Manulife.


3 komentar:

  1. Kalau investasi tanah gimana tuh mbak? heheh

    BalasHapus
  2. Bisa dicoba juga nih ...

    BalasHapus
  3. Kalau nabung dicelengan malah gampang diambil. Ya gak mbak? heheh

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^