16 Feb 2018

Mesin Nescafe Dolce Gusto Lumio, Bikin Asik Ngopi di Rumah Sendiri

Nescafe Dolce Gusto Lumio


Mesin Nescafe Dolce Gusto Lumio, Bikin Asik Ngopi di Rumah SendiriTak ada yang lebih menyenangkan selain bangun pagi, berbenah diri dan memulai pekerjaan dengan ditemani secangkir kopi dan alunan lagu lawas lewat youtube. Ketika bekerja sebagai fotografer makanan kemarin, saya selalu merindukan kebiasaan saya ini. Karena sekarang saya sudah resign, saya dapat kembali menikmati aktifitas menyenangkan tersebut. Memang ya, pekerjaan menyenangkan itu hobi yang dibayar.

Saya kembali menikmati rutinitas pagi saya, yang selama bekerja kantoran tak pernah saya lakukan lagi. Terlebih lagi, ketika membuat kopi dengan mesin Nescafe Dolce Gusto. Teman-teman tahu, saya pernah mengulas mengenai mesin tersebut di blog ini. Ternyata, pada akhir tahun lalu, mesin Nescafe Dolce Gusto mengeluarkan seri terbaru yaitu mesin Nescafe Dolce Gusto Lumio. Kabar gembiranya, mesin tersebut sudah hadir di Surabaya.

Mendekati Chinese New Year, mesin Nescafe Dolce Gusto hadir di Surabaya, tepatnya pada tanggal 07 Februari sampai 11 Februari 2018 lalu di atrium Tunjungan Plaza 3, Surabaya. Tentu, saya penasaran dengan mesin NESCAFE DOLCE GUSTO Lumio ini, maka saya membawa pulang mesin Nescafe Dolce Gusto Lumio.

Nescafe Dolce Gusto Lumio

Berbeda dengan mesin NESCAFE DOLCE GUSTO Oblo yang pernah saya review sebelumnya yang masih manual, mesin NESCAFE DOLCE GUSTO seri Lumio ini mesin otomatis. Kita bisa menyesuaikan kekentalan minuman yang kita buat, mau lebih encer atau kental, mau sesuai takaran dari Dolce Gusto-nya sendiri pun tak masalah. Kita bisa mengaturnya sendiri.

Cara penggunaan mesin NESCAFE DOLCE GUSTO Lumio ini mudah sekali, loh. Tak usah menjadi barista untuk bisa membuat kopi ala kafe, cukup dengan memiliki mesin NESCAFE DOLCE GUSTO di rumah atau kantor, kita sudah bisa menikmati kopi yang enak.

Bentuk dari mesin NESCAFE DOLCE GUSTO Lumio ini terbilang unik, ada bagian kepala yang seperti Pinguin, dengan tangki di belakang seperti bungkuk. Warna dasar dari mesin ini hitam, dengan aksen merah maupun putih. Milik saya berkelir merah, terlihat begitu elegan dan manis.

Bagian kepala mesin terdapat tuas mesin untuk memilih antara panas atau dingin, di depannya terdapat tombol untuk menggeser ukuran berapa bar yang kita butuhkan untuk membuat satu cangkir kopi. Nah, inilah yang keistimewaan dari mesin ini. Ada tujuh garis yang menandakan berapa kekentalan kopi yang kita buat. Di sini, kita bisa atur sendiri kok. Kalau saya lebih suka kental, jadi terkadang saya memperkecil ukuran atau sesuai dengan yang tertera pada kapsul.

Membuat kopi dengan mesin NESCAFE DOLCE GUSTO Lumio lebih menghemat waktu karena kita bisa langsung menekan tuas tanpa harus menunggu. Dan saat kopi selesai diproses, dengan otomatis tuas akan berpindah ke posisi netral atau mati sendiri. Dan mesin pun akan mati sendiri ketika tidak digunakan.

Tatakan atau dudukan gelas bisa dipindah sesuai ukuran gelas yang kita pakai. Kalau gelas yang kita pakai pendek, kita bisa menaikkan tatakan tersebut. Di dalam tatakan gelas ada lubang, untuk menampung sisa air dari tetesan mesin.

Bagian belakang mesin, terdapat tangki air yang mudah sekali dilepas dan memiliki kapasitas sampai 1 liter, sehingga tak perlu bolak balik mengisi kita sudah bisa membuat kopi beberapa kali.

Cara Membuat Latte Macchiato dengan Nescafe Dolce Gusto Lumio

Saya sendiri sudah mencoba membuat Latte Macchiato Vanilla dengan mesin Nescafe Dolce Gusto Lumio. Saya akan ceritakan step by step-nya.

1 | Pertama isi tangki air dengan air bersih, kemudian taruh kembali pada belakang mesin. Lalu, letakkan gelas di atas tatakan yang sudah disediakan. Ah ya, jangan lupa colokan dulu kabelnya ke colokan listik ya! Xoxo.

Nescafe Dolce Gusto Lumio


2 | Keluarkan wadah kecil yang berada di bawah kepala mesin, dengan membuka pintu kecil tempat wadah berada. Tekan ujung wadah untuk membuka, kemudian masukkan kapsul, kemudian tutup kembali. Karena saya akan membuat Latte  Macchiato, maka kapsul susu yang saya masukkan terlebih dahulu.  Nah, tutup kembali pintu kecil yang ada pada bagian kepala mesin.
Nescafe Dolce Gusto Lumio


3 | Putar-putar tombol yang berada di atas logo Dolce Gusto, lihat berapa ukuran minuman pada kemasan kapsul yang sudah dimasukkan. Di sini, kapsul susu untuk Latte Macchiato sebanyak lima tingkat. Karena saya akan membuat kopi panas, maka saya geser tuas ke arah kanan. Kalau teman-teman lebih suka dingin atau ingin membuat es kopi, langsung geser ke arah kiri.

4 | Setelah susu keluar dari mesin, tuas akan kembali ke posisi netral. Setelah itu, keluarkan kembali wadah, buang kemasan sisa susu dan masukkan kapsul kedua yang berisi kopi. Ulangi seperti poin 1-sampai 4. Setelah semua proses selesai, maka Latte Macchiato Vanilla ala Nescafe Dolce Gusto Lumio siap dinikmati.

Nescafe Dolce Gusto Lumio


Mesin kopi Nescafe Dolce Gusto Lumio ini bertekanan tinggi, hingga 15 bar. Sehingga kopi yang dihasilkan benar-benar nikmat, setara dengan kopi ala kafe. Kawan saya bertanya, apa perbedaannya membuat kopi menggunakan mesin NESCAFE DOLCE GUSTO Lumio dengan menyeduh kopi biasa. Ya, tentu saja sangat berbeda. Tekanan pada mesin, menghasilkan rasa kopi yang lebih pas. Rasa kopinya kuat dan lebih gurih. Bahkan, tanpa tambahan gula pun cita rasa-nya tetap nikmat.

Nescafe Dolce Gusto Lumio


Saya lebih suka membuat kopi dengan mesin Nescafe Dolce Gusto Lumio tanpa gula. Mungkin memang selera masing-masing, ya. Tetapi, memang saya lebih suka yang tanpa campuran gula. Memakai mesin ini pun kita bisa berkreasi sesuka hati loh. Pintar-pintarnya kita berkreasi saja, seperti apa. Dan tak hanya kopi yang bisa kita buat dengan mesin Nescafe Dolce Gusto Lumio, pun bisa membuat Milo, Greentea Latte, Chococino, dan lain-lain.

Nescafe Dolce Gusto Lumio


Harga perkapsul atau setiap gelas Nescafe Dolce Gusto sekitar Rp 7500,- jauh lebih murah daripada kopi di kafe-kafe. Untuk membelinya pun mudah, bisa via online atau ke toko-toko yang menyediakan Nescafe Dolce Gusto.

Nescafe Dolce Gusto Lumio


Senangnya sudah memiliki mesin kopi Nescafe Dolce Gusto sendiri, kalau malam-malam takut keluar kamar atau malas menyeduh di tungku, saya tinggal pakai mesin kopi ini. Kerja lebih santai dan tidak memakan waktu banyak. Terlebih lagi, ketika saya ngekos seperti ini, bikin kopi tinggal mengandalkan jari. Nescafe Dolce Gusto Lumio #myqualityminutes .

17 komentar:

  1. Mbak, kamu tinggal dimana? Tak mrunu njajal ya 😍 kok ketoke enak ngupi ngupi gae Dulco

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dolce mbak -_- Sini ke kosan. Ngupi bareng, tapi bayar ya, xoxo

      Hapus
  2. Balasan
    1. Aku pun! Belum incip. Masih eman. Ngupi aja dulu. xoxo

      Hapus
  3. Kok kayak e seru ya alat ini.jadi pengen punya hahahaha

    BalasHapus
  4. Mbak rahmah.. Kok Dulco seeh hahaha

    BalasHapus
  5. Berapa watt itu Wul?
    Bentuk mesin e lucu

    BalasHapus
  6. Ngebayangin minum greentea latte dari mesin ini sepertinya yummy..
    Semoga inovasi mesin Nescafe Dolce Gusto selanjutnya bisa digunakan tanpa listrik, supaya bisa dibawa travelling kemana-mana.

    BalasHapus
  7. Penasaran sama yang rasa green tea. :D Pasti enak banget.

    BalasHapus
  8. Alatnya keren, ya? Pengen deh. Jadiberasa kaya barista aja.

    BalasHapus
  9. Kapan-kapan kita ketemuan di rumahmu ya Wul, ngopi gratis berdua. Jangan lupa siapin roti bakar rasa coklat sama mie instan dikasih cabe 5 :D

    BalasHapus
  10. Kalau nggak dipakai bisa mati sendiri. Cocok ini buat aku yang sering lupa matikan kalau habis pakai hehe.

    BalasHapus
  11. wah alatnya keren juga ya, mantap

    BalasHapus
  12. Mbak, kapsul yg dimasukin itu udah paketnya ya? Gak bisa diisi sama selain dari bawaan mesinnya? Hehe, binun..

    BalasHapus
  13. Ini pakai listrik kan ya mbak, wattnya kena berapa ya.

    BalasHapus
  14. Penasaran berapa Wattya ya mbak? suka ngopi juga sebenarnya.. hihihihi

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^