12 Jun 2018

[Kue Lebaran] Resep Kue Nastar Bentuk Daun



[Kue Lebaran] Resep Kue Nastar Bentuk Daun Seingat saya, sudah tiga lebaran ini menjadi sebuah tradisi membuat kue lebaran. Biasanya saya dan Arum membuat cokelat kacang. Nah, sekarang bertambah anggota baru yaitu kue nastar. Yah, pasti teman-teman juga tahu kalau nastar ini primadona ketika lebaran tiba. Dan, kue nastar merupakan kue favorit saya. Rasanya manis, gurih bercampur dengan serat selai nanas yang manis. Hmmm. Alhamdulillah, saya bisa membuatnya sendiri sehingga tak perlu menunggu dikasih atau beli, yang rasanya belum tentu sesuai selera.


Asal Nastar

Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh.

Selain itu sekarang nastar juga dibuat dengan selai buah lain, misalnya stroberi, bluberi, dan lain-lain. Nastar biasanya dihidangkan pada hari-hari raya, mulai dari Natal, Idul Fitri, sampai tahun baru Imlek. Nastar biasanya dijual dalam kemasan toples plastik di toko roti, toko kue, dan pasar swalayan.Kue nastar sendiri kini sudah berkembang dengan berbagai resep nastar yang bervariasi. (sumber: Wikipedia)

Nah, saya mau berbagi resep kue nastar andalan saya. Tentunya resep ini sesuai selera saya ya, manis dan gurih. Semoga bermanfaat.

RESEP KUE NASTAR

Bahan:

500-600gr tepung terigu (diayak)
3 butir kuning telur
200gr gula
2 sachet susu bubuk dancow
1 SDM tepung maizena
2 sachet Blue Band Butter and Cookies
1/2 keju chedar parut (akhirnya saya nggak pakai ini, karena hasilnya asin haha. Saya suka manis)

Isian:

selai nanas (bikin sendiri lebih enak)

Cara membuat:

1. Campurkan telur, gula dan blue band dengan mixer sampai halus dan rata. (sampai gula benar-benar tercampur ya, kalau pakai gula bubuk lebih enak lagi) dan matikan.

2. Masukkan keju (kalau pakai, aduk rata), susu bubuk, tepung maizena. Aduk.

3.Masukkan tepung terigu secara perlahan, sampai adonan bisa dibentuk dan tak terlalu lembek.

4. Bentuk sesuai selera di atas loyang, panggang di oven.

5. Keluarkan apabila kue setengah matang, olesi dengan kuning telur di atasnya, panggang lagi.

6. Angkat.



Kalau teman-teman ingin tahu bagaimana cara membentuk kue nastar seperti ini, caranya mudah sekali kok. Nah, adonan nastar yang sudah dibentuk bulat dan sudah diisi selai nanas, tekan kedua sisi dengan ujung garpu. Setelah itu tekan sisi lain dengan ibu jari dan jari telunjuk. Jadi deh!

1 komentar:

  1. Nastar ini kue favorit banget kalau pas Lebaran, jadi harus ada di meja Lebaran kue yang satu ini.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^