10 Sep 2018

Cara Membuat Iklan di Instagram, untuk Promosi Konten


Cara Membuat Iklan di Instagram, untuk Promosi KontenSebelum ini, saya sudah menuliskan bagaimana cara mengiklan di facebook. Teman-teman bisa membacanya di sini. Tak hanya facebook saja (lebih tepatnya fanpage) yang bisa dijadikan media promosi atau mengiklan berbayar, pun di instagram juga bisa. Seperti yang kita ketahui, facebook dan instagram ini saudaraan dan kemarin ketika saya memberikan tutorial mengiklan via facebook pun ada menu yang bisa kita pilih untuk beriklan di instagram.

Apabila ketika beriklan di facebook menu instagram tinggal centang dan semua pengaturan sesuai pengaturan iklan di facebook, kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara beriklan di instagram secara langsung. Maka dari itu, perlu beberapa pengaturan di instagram untuk mengiklan ini.

Kemarin salah satu teman blogger menanyakan, bagaimana cara mengiklan di instagram. Dari situ, saya berpikiran untuk membuatkan tutorial ini, siapa tahu di luar sana masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengiklan atau promosi postingan di instagram.

Cara Promosi di Instagram

1 | Ubah Akun Instagram ke Akun Bisnis

Apabila akun instagram kamu masih menjadi akun pribadi, maka ubahlah akun instagram kamu ke akun bisnis. Caranya? Pertama kamu harus memiliki fanpage terlebih dahulu, apabila sudah punya buka profil instagram kamu, klik pengaturan sebelah kanan atas (tiga titik) lalu cari pengaturan bisnis dan pilih ubah ke akun bisnis. Ikuti saja instruksinya, sampai akun instagram kamu terhubung dengan fanpage yang kamu miliki. Tandanya akun instagram kamu sudah berubah menjadi akun bisnis adalah pada setiap postingan akan ada tombol promosi berwarna biru dan sebelahnya ada tulisan lihat insight.

Nah, sebelum kamu menekan tombol promosi, siapkan konten yang akan kamu iklankan/promosikan. Karena apabila promosi sudah berjalan dan konten tersebut sudah pernah dipromosikan, tidak akan bisa diedit kembali. Maka, persiapkan konten instagram terbaikmu, jangan sampai ada salah tulis atau hal lainnya. Setelah konten siap beserta caption, silakan posting dan tekan tombol promosi.

2 | Tujuan kamu Promosi


Usai menekan tombol promosi kamu akan ditanya nih, sama instagram “Apa Tujuan Anda?” tak usah takut untuk menjawab ya, lagi pula ada pilihannya kok, hehe. Bakalan ada tiga pilihan di bawah pertanyaan tersebut.

Profil Anda

Pilihan ini merupakan tujuannya adalah banyak orang yang membuka profil instagram kamu dan kemungkinan dia akan mengikuti akun kamu, apabila mereka memang tertarik. Jadi, kalau kamu ingin mengiklankan murni instagram kamu, bisa memilih pilihan pertama ini.

Situs Web Anda

Ketika orang melihat iklan kamu dan tertarik, akan ada tombol yang mengarahkan langsung ke situs web kamu. Buat kamu yang ingin blog atau website kamu kebanjiran pengunjung, bisa banget pakai ini. Kamu juga bisa mengedit alamat situs yang diinginkan, misalnya ingin menambah pengunjung di salah satu artikel.

Etalase Anda

Fitur baru di intagram ads nih, sebelumnya belum ada. Jadi, saya kurang paham seperti apa. Dalam fitur ini, ada pilihan lagi yaitu profil instagram, alamat bisnis dan nomor telepon. Sepertinya ini tujuannya agar target iklan kita atau user langsung menuju ke nomor telepon atau alamat bisnis kita.

3 | Pilih Target

Sama halnya dengan tujuan promosi di atas, instagram pun memberikan tiga pilihan untuk penargetan. Otomatis, Lokal dan Manual. Tentunya, pilihan ini disesuaikan dengan keinginan kamu. Berikut penjelasan dari tiga pilihan ini.

Otomatis

Apabila kamu memilih pilihan ini, maka kamu menyerahkan seluruh penargetan iklan kamu pada instagram. Instagram akan menayangkan iklan kamu kepada orang-orang yang seperti pada pengikutmu dan pengikutmu. Jadi, apabila biasanya tak semua pengikutmu melihat konten instagram yang kamu unggah, maka dengan ini mereka akan melihatnya sebagai sponsor.

Lokal

Nah, untuk lokal ini kamu bisa mengatur jarak targetmu dari lokasi tempat tinggalmu. Pilihlah berapa radius orang yang ada di sekitarmu. Pilihan ini cocok untuk kamu yang memiliki usaha, seperti warung atau jualan kue secara online, sehingga target memiliki sasaran yang tepat.

Manual

Pada pilihan ini, kamu bisa mengatur sasaran promosimu. Mulai dari usia, lokasi, jenis kelamin, hobi, dll. Kalau memang ingin penayangan yang lebih terperinci, bisa sekali pilih yang ini.

3 | Anggaran dan Durasi

Sama halnya seperti iklan facebook, iklan instagram pun memiliki aturan untuk durasi dan anggaran iklan kamu. Sama seperti di fanpage, durasi minimal adalah satu hari dan anggaran minimal setiap harinya adalah Rp 10000, kurang lebih sekitar 110-300 orang yang bisa dijangkau. Untuk poin ini, kamu bisa suka-suka untuk memilih ya. Jadi, untuk percobaan pertama kamu bisa mencobanya sehari dengan anggaran paling minim.

4 | Iklan sudah siap!

Pada tahap ini, kamu akan ditunjukkan mengenai pengaturan kamu sebelumnya. Semacam cek dan ricek terlebih dahulu. Di sini pun kamu bisa melihat pratinjau dari iklan kamu nantinya.Ah ya, penayangan iklan tak hanya pada beranda saja, melainkan pada instagram story juga. Kalau sudah cek dan ricek, saatnya melakukan pembayaran.

5 | Pembayaran

Pembayaran iklan instagram sama dengan pembayaran iklan fanpage. Kamu bisa menambah saldo dengan mentransfernya lewat ATM atau pakai VISA. Untuk cara pembayaran lebih lengkapnya, saya akan menuliskannya nanti ya. InsyaAllah saya akan menuliskan dua cara membayar iklan instagram dan facebook, kebetulan saya sudah mencoba keduanya; via ATM dan VISA.

6 | Menunggu

Setelah melakukan pembayaran, kamu diminta untuk menunggu karena iklan kamu akan ditinjau terlebih dahulu oleh pihak instagram. Biasanya waktu ditinjaunya cepat kok, jadi sabar saja ya. Akan ada pemberitahuan, iklan kamu akan diterima ataukah ditolak.

Baiklah, begitulah cara mempromosikan konten instagram melalui iklan instagram berbayar, semoga bermanfaat.

4 komentar:

  1. Ditunggu postingan tentang cara pembayaran

    BalasHapus
  2. Bermanfaat sekali infonya. Terima kasih mba. Jadi tahu tentang akun bisnis..

    BalasHapus
  3. ditunggu cara pembayarannya mbak.
    aplg yg pakai bank lokal

    BalasHapus
  4. Hoooo bosa lewat transfer ATM yak, kemarin mo submit piki2 dulu gegara masukkin nomor kartu. Hmmm penasaran aku yg transfer by ATM apa tetap masukin nomor kartu juga gak ya?

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^