25 Nov 2018

Bersama Semen Gresik Indonesia, Generasi Millennials Berkarya




Bersama Semen Gresik Indonesia, Generasi Millennials Berkarya  - Belakangan ini, generasi milennials  disebut-sebut dengan santer. Hampir di setiap kesempatan, saya mendengar mengenai generai millennials. Entah pada acara pemerintah maupun pada event-event swasta. Kebiasaan unik generasi millennials memang menjadi sorotan tersendiri dan menjadi hal yang sangat asyik diperbincangkan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Semen Gresik yang bekerja sama dengan sitos.id yang mengadakan perhelatan di Wisma Djendral Achmad Yani, di Gresik, Jumat, 23 November 2018 lalu. Perhelatan ini merupakan sebuah event yang bertujuan untuk mengedukasi kawula muda atau generasi milenial, dalam menghadapai pesatnya kemajuan zaman. 


Acara yang diberi tajuk Millennials Berkarya tersebut, dimulai pukul dua siang, dengan pembukaan dari pembawa acara. Pada sesi pertama ini, ada minitalk yang berisikan pembicara Nuri Fauziah (Psikolog Trainer & Founder Komunitas Jomblo Beriman,  Agoes Sam (Owner Coffee Talk Surabaya), Aditya Abdurrahman (Founder Better Youth Foundation, Founder Main ke Masjid & Pembina Punk Muslim), dan Aini Hanifa (Founder Surabaya Youth). 

Ketika memasukki Wisma A. Yani, tempat berlangsungnya event Millennials Berkarya, pada lorong pertama akan didominasi stand-stand yang berisi prestasi generasi milenial.

Bintang tamu yang dihadirkan pun, merupakan bintang tamu yang masih muda dan memiliki prestasi yang membanggakan. Pada perhelatan ini, mereka menceritakan pengalaman mereka mengenai kehidupan yang mereka jalani. Tentunya, banyak cerita di balik kesuksesan seseorang dan pasti bukan hal yang mudah. Namun, di balik kepahitan yang ada, pasti suatu saat akan berbuah manis.


Usai sambutan dari pihak Semen Gresik Indonesia, acara dilanjutkan dengan pembicara muda yang memang sudah lama kami tunggu-tunggu. 


Fico Fachriza –Komika bercerita mengenai dirinya, yang sempat terkena jerat narkoba. Ia sempat mengunggah sebuah video, yang menceritakan dirinya mengenai hal ini. Dengan adanya video tersebut, dia berharap banyak orang yang sudah terjerat narkoba segera berhenti dan yang belum, jangan sampai ingin mencoba. 

“Untuk generasi milenial, yang belum pernah coba narkoba, udah jangan coba-coba untuk mencoba narkoba,”pesan Fico.

Fico juga menceritakan, kenapa dirinya tidak bisa sesukses teman-temannya, kemudian dia merenungkan diri. Oh iya, dia memakai narkoba, makanya tidak bisa sukses. Dia bercerita mengenai mencari jalan keluar, upaya untuk bangkit dengan mencari lingkungan yang positif.


Berbeda dengan Fico Fachreza, yang menceritakan mengenai masalah dia yang terjerat dengan obat-obatan, Vikra Ijaz – Co-Founder KitaBisa.Com, bercerita mengenai bagaimana dia memulai start-up yang kini, menjadi salah satu start-up yang bisa membantu banyak orang. Saya sendiri pun, sering mengunjungi situs ini untuk melakukan donasi. 


Sebelum ini, Vikra sudah bekerja dan berkali-kali mencoba membangun start-up, tetapi gagal. Tapi, lagi-lagi, pasti ada kisah pahit di belakang kesuksesan seseorang. 

“Bukan karena pintar banget, tetapi mau mencoba,”ujar Vikra. 

Dia bercerita bahwa, pernah mencoba meminta donasi untuk membuat salah satu start-up dia yang gagal, tetapi hanya dapat donasi 350ribu saja. Karena dengan dana segitu, tidak bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi, maka donasi tersebut dikembalikan. Kemudian, dia bertemu dengan temannya, mereka memiliki tujuan yang sama dan akhirnya, jadilah KitaBisa.com.

Omong-omong, Vikra ini seumuran dengan saya. Hehehe 


Kevin Hendrawan – Youtuber, seorang pemuda asal Purwokerto, yang dari keluarga sederhana. Untuk bertahan hidup, dia membuka jasa laundry, menjual martabak, dll. Yah, karena demi memenuhi kebutuhan hidup. Sampai akhirnya, dia berhasil menjadi pembawa acara dan kerennya dia pernah menjadi L-Men of the year di tahun 2014.


Selain bintang tamu dan kegiatan minitalk, pada event Millennials Berkarya pun ada food truck di halaman Wisma A. Yani dengan berbagai macam penjual makanan serta minuman. Selain itu, pada malam hari acara dilanjutkan dengan penampilan dari band-band indie serta Mohammad Istiqamah Djamad, yang dulunya merupakan vokalis Payung Teduh.



Sayangnya, saya tidak bisa terus berada di event ini sampai akhir, karena harus segera kembali ke Surabaya. 

Saya berharap, kedepannya Semen Gresik Indonesia mengadakan event serupa, atau yang lebih seru lagi di Surabaya dan kalau bisa di Mojokerto ya! Haha.



11 komentar:

  1. Acaranya benar benar keren, semoga bisa ikut yg kayak gini

    BalasHapus
  2. Mantab yah mbak, peran dan aksi nyata itu memang harus di realisasikan dalam sebuah karya

    BalasHapus
  3. Acaranya mantul mbak, anak muda dan kekinian banget yak, semoga acara kayak gini sering diadakan biar banyak manfaatnya

    BalasHapus
  4. Kalo di Mojokerto seruuuu tuu Lan
    Sekalian pesen onde2 bok liem
    😅

    BalasHapus
  5. Perjuangan hidup Kevin sungguh sangat inspiratif. Ditempa hidup keras sejak kecil, dia bs jadi yutuber keren sekarang :)
    Seneng juga akhirnya bs ketemu sama mba Wulan :)

    BalasHapus
  6. seneng ya bisa ikutan acara yg seru
    semoga di surabaya segera ada

    BalasHapus
  7. Fico ni keren ya. Bisa nyadar dan bangkit dari keterpurukannya sebagai pecandu narkoba. Karena konon katanya sih kalau sudah kecanduan, susah banget lepasnya.

    BalasHapus
  8. Nggak hanya di dalem, di luar juga udah dipersiapkan sedemikian rupa. Acara yang memang udah matang persiapannya. Menginspirasi banget.

    BalasHapus
  9. Semoga suatu saat mbak Wulan bisa berdiri di depan kayak para narasumber itu. Aamiin ...

    BalasHapus
  10. "Bukan karena pintar banget, tapi mau mencoba." Sepakat sama Vikra, dan itu senada sama Kevin ya Mbak W. Berani mencoba toh ga ada ruginya. Bisa coba lagi dan lagi. Jadi semangat nih meraih mimpi walau bukan millenials.

    BalasHapus
  11. Kesimpulan yang saya dapatkan adalah, semua kesuksesan...tidak ujug-ujug begitu saja, melainkan butuh efort tinggi :D

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^