Tutorial Edit Foto Flat Lay Ala Instagram

by - 21.59


Edit Foto Flat Lay  Ala Instagram

Ketika langit di luar jendela indekos terlihat mulai menggelap, saya baru mulai menulis artikel ini. Padahal, ide sudah ada sejak kemarin malam dan berjanji pada diri sendiri akan menuliskannya keesokan paginya. Nyatanya, saya baru memulai menulis sekitar siang hari, ketika matahari sudah pada kemiringan tertentu.

Edit foto flat lay ala instagram tentu banyak yang ingin tahu. Baru-baru ini, saya menerapkan beberapa editing untuk foto-foto flat lay yang saya ambil. Tentu saja, edit foto ala instagram ini sesuai dengan selera saya pribadi, yang kebanyakan bertema putih dan cerah. 

Edit foto white ala instagram ini saya menemukan formulanya di pinterest, lalu mengarah ke sebuah blog yang mengajarkan edit foto agar terlihat cerah dan putih. Tentu saja, edit foto ini menggunakan sebuah aplikasi di Android. 

Tutorial Cara Edit Foto Flat Lay Ala Instagram 

Edit Foto Flat Lay  Ala Instagram
foto asli (awal)

Saya biasanya menggunakan beberapa software dan aplikasi untuk edit sebuah foto. Tentu saja, tak selalu saya menggunakan software atau aplikasi tertentu. Terkadang, saya menggunakan PhotoShop, terkadang  tidak. Tergantung keinginan dan kebutuhan saja. Untuk kali ini, saya akan menunjukkan edit foto flat lay menggunakan dua perangkat lunak yaitu Photoscape dan Facetune.

Mencerahkan, Cropping Dengan PhotoScape


Untuk awal editing, saya selalu menggunakan Photoscape via PC. Kenapa? Karena software ini ringan sekali dan cara menggunakannya mudah. Memang, untuk editing tidak seperti LR maupun PS, namun untuk tahap awal sangat cocok apalagi untuk saya yang sangat awam dalam masalah editing foto. 

Pada Photoscape ada fitur untuk cropping dan mensejajarkan foto. Misalnya, foto yang saya ambil miring, nggak simetris, saya pakai Photoscape untuk meluruskan foto. Saya pun memakai Photoscape untuk memotong foto menjadi ukuran instagram. 

Oke, untuk langkah-langkah editing foto dengan Photoscape di bawah ini ya.

1 | Mencerahkan Foto
Edit Foto Flat Lay  Ala Instagram
Add caption

Untuk mencerahkan foto, saya memilih tombol Warna,Terang > Terangkan > Tinggi. Untuk tingkat kecerahan tergantung dari foto kamu dan selera kamu juga ya, jadi suka-suka mau secerah apa. Sebagai catatan, karena pada aplikasi kedua nanti saya juga mengubah cahaya foto, maka pada bagian ini bisa dipilih kecerahan “midle”. 

2 | Mensejajarkan atau Meluruskan
Edit Foto Flat Lay  Ala Instagram

Biasanya saya sering menggunakan fitur ini, ketika foto saya ada garis, atau untuk menutupi kekurangan seperti foto bocor, dsb. Untuk melakukan hal tersebut, cukup pilih fitur “rotate” dan sesuaikan kemudian klik oke.

3 | Cropping ukuran Instagram
Edit Foto Flat Lay  Ala Instagram

Baru-baru ini saya menggemari foto instagram vertikal. Seperti yang kita ketahui, ada tiga ukuran instagram yang pas yaitu vertikal, horizontal dan kotak alias segiempat. Saya sudah meninggalkan ukuran horizontal untuk foto-foto flat lay, sedangkan ukuran kotak saya sudah jarang memakainya. 

Saya menggunakan Etro – Fujifilm XA-2 yang itu berarti untuk ukuran vertikal tidak pas di instagram. Untuk itu, saya memotongnya dengan Photoscape. 

Plip crop> pilih ukuran 4:5  untuk vertikal dan ukuran 1:1 untuk kotak. 
Edit Foto Flat Lay  Ala Instagram
setelah editing dengan Photoscape

Editing Foto White Ala Instagram


Mohon maaf ya, saya tidak tahu istilah foto cerah dan bernuansa putih di instagram itu istilahnya apa. Jadi, mari kita sebut foto white saja, haha. 

Usai saya berurusan dengan photoscape selanjutnya adalah mengirim foto tersebut ke ponsel pintar saya yang sudah terinstall aplikasi Facetune. Aplikasi ini free download kok, bisa kamu unduh di Google Play. Untuk iOS saya kurang tahu ya, silakan dicoba cari sendiri, hehe.

Oke, ini langkah-langkah edit foto flat lay ala instagram dengan aplikasi Facetune

1 | Pilih foto yang akan diedit. Saya memilih foto yang sudah saya edit dengan photoscape.

2 |Setelah memasukkan foto ke Facetune, pilih Filters. Di situ kamu akan menemukan banyak filters yang bisa kamu coba-coba, tetapi saya memilih Azure. Usai dipilih, kamu bisa menaikkan dan menurunkan tingkat filter dengan menggeser pada tengah foto. Setelah sesuai klik Apply.
Edit Foto Flat Lay  Ala Instagram

3 | Setelah itu, pilih Lighting. Di sini kamu bisa memilih banyak pencahayaan, tetapi saya memilih Gamma. Ini merupkan langkah terakhir sebelum foto masuk instagram. Sama halnya seperti sebelumnya, geser ke kanan dan ke kiri untuk tingkat kecerahan baru klik Apply.
Edit Foto Flat Lay  Ala Instagram

Maka, hasil fotonya seperti di bawah ini.
Edit Foto Flat Lay  Ala Instagram


Kamu bisa save foto tersebut ke galeri ponsel pintar kamu, atau kamu bisa langsung share ke feed instagram kamu. Biasanya, sebelum saya klik post pada instagram saya menggunakan editor instagram untuk membetulkan hal-hal yang saya rasa kurang pas. Seperti kontras, saturasi, bayangan dll. 

Itu beberapa editing foto ala instagram yang saya terapkan pada instagram nona.kenanga saya. Di lain waktu insyaAllah akan saya bagikan tutorial edit foto dengan Adobe Photoshop ya. Kalau untuk Adobe Photoshop kamu bisa memberikan tone foto biru keunguan. 
Edit Foto Flat Lay  Ala Instagram
kiri: asli, edit pakai photoscape, edit pakai facetune
Terima kasih, semoga bermanfaat. Apabila kurang jelas, bisa berkomentar di kolom komentar.

You May Also Like

2 comment so far

  1. Wah sangat bermanfaat, namun untuk edit menggunakan pc saya tidak pernah mencobanya hehe .

    BalasHapus
  2. Wah makasih tutorialnya mba. Karena aku laptopnya pakai Chromebook, biasanya cuma pakai Polarr, Touch Retouch ama Snapseed aja. Nanti coba ah pakai Facetune kelihatannya lebih mudah.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^