Menulis Resolusi 2019, Sembari Menonton Perebutan Kekuasaan Tujuh Samudra

by - 11.16


Pada halaman pertama di tahun baru, saya bangun kesiangan - seperti biasa. Apalagi sedang dapat bonus untuk libur beribadah wajib. Bangun tidur, saya tidak langsung cuci muka, melainkan ke dapur, melihat ibu memasak apa. Tidak ada laukpauk, tetapi saya mencium aroma gurih. Ternyata di dalam panci kukus di atas kompor, ada setumpuk tahu bakso yang masih hangat.

Saya mengambil wadah dari rak dan mengambil satu tahu bakso yang masih hangat dan membawanya ke kamar. Saya memakannya, sembari menyalakan laptop yang sudah menemani saya beberapa tahun belakangan.

Tahu bakso saya kunyah, sembari memikirkan mengenai artikel yang akan saya tulis hari ini, yang poin-poinnya sudah saya tulis tadi malam sembari menonton Aquaman dengan kualitas buruk, sampai pukul setengah tiga dini hari. Usai menonton saya memikirkan sesuatu, pemilik Trisula lautan ternyata bukan cuma Poseidon, melainkan juga si Arthur. 

Ah ya, seinget saya trisula ini sudah dihancurkan Johny Depp, deh. Hem.


Saya membuka linimasa banyak yang mengucapkan "Selamat Tahun Baru",menuliskan harapan-harapan di tahun 2019 ini. Dan beberapa, ada yang berbagi pengalaman mengenai menghabiskan waktu di malam pergantian tahun. 

New years resolutions, kayaknya hampir setiap orang membuat hal ini. Semacam membuka halaman baru buku, hari ini kita memulainya pada halaman pertama, Prolog

Tahun lalu, saya sudah menyiapkan beberapa resolusi, pada kenyataannya sampai akhir tahun tiba, saya tidak menulis apa-apa soal tahun 2018. Tak banyak yang saya harapkan di tahun 2018, semacam “Aku menjalani dengan selow, tetap selow...” haha. Mungkin, di tahun 2019 ini, saya tidak bisa tetap selow lagi. 

Banyak hal yang harus saya kejar, mimpi-mimpi yang belum tercapai. Untuk itu, saya menulis ini untuk merangsang kembali renjana yang hampir terabaikan. 

Saya akan membuat diri saya ngoyoh di tahun 2019 ini, bukan sekadar mengenai usia, melainkan pun karena memang saya harus serius mengejar apa yang saya inginkan. Banyak hal yang harus saya capai, salah satunya adalah hal selama ini saya inginkan, tetapi belum tercapai. Untuk itu, saya menempatkannya pada prioritas pertama.

1 | Mengirim Minimal 2 Draft Novel ke Penerbit di Tahun 2019

Keinginan menjadi novelis sudah bertahun-tahun lamanya, pada tahun 2017-2018 baru berhasil menjadi penulis novel di Wattpad. Memang, followers dan pembaca saya sudah lumayan banyak, namun itu bukanlah hal yang ingin saya capai. Paling utama adalah saya ingin menerbitkan novel saya sendiri, di penerbit mayor. 

Untuk itu, tahun 2019 ini saya harus mengirimkan paling tidak 2 draft novel ke penerbit. Saya harus kembali bersemangat dalam menulis fiksi, mencari diri sendiri yang pada tahun sebelumnya telah hilang. 

Sebelum-sebelumnya, saya sudah sering mengirim naskah ke penerbit dan sering ditolak. Sejujurnya, hal itu tidak membuat semangat saya surut, justru karena sibuk membiayai hidup, impian saya ini terabaikan. 

Jadi, untuk bisa menjadi novelis dan memiliki buku solo, saya harus menawarkan karya saya ke penerbit. 

2 | Menulis Novel Baru

Agar bisa mengirim naskah lebih dari dua ke penerbit, saya harus menulis novel lagi. Tentunya, ada cara lain dengan mulai menulis ulang kisah yang pernah saya tulis. Namun, apa salahnya menulis naskah baru demi memiliki banyak karya? 

Dengan menulis novel baru, memulai cerita baru, saya bisa menemukan diri saya sendiri di sana. Wulan seorang penulis, bukan bloger ataupun fotografer, gitu ~

3 | Hidup Sehat, Mulai Olahraga Rutin

Saya merasa kesehatan di tahun 2018 menurun, mungkin juga karena usia dan mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Saya ingin di tahun ini, kesehatan semakin baik dan rutin berolahraga. Tentu saja, keinginan memiliki tubuh bugar dan singset juga harus ada. Karena menjadi kurus itu sebuah motivasi dan sesungguhnya sangat membantu dalam hidup sehat. 

Mungkin nanti saya akan ikut senam lagi, meluangkan waktu untuk lari pagi ataupun melakukan olahraga yoga sendiri. Untuk makanan sehat, tentu saja dengan lebih banyak minum air putih alih-alih kopi, banyak makan buah dan sayur serta rutin.

4 | Lebih Konsisten Dalam Apa Pun, Terutama Dalam Beribadah

Saya tipe orang yang moody, sehingga ada beberapa hal yang tidak saya lakukan dengan rutin. Tidak konsisten. Untuk itu, saya ingin menjadi lebih konsisten, lebih dewasa, lebih bertanggung jawab. 

Saya memiliki beberapa blog, saya harus merawat blog saya tersebut agar bisa menjadi penghidupan yang baik untuk saya kelak. Apalagi, saya juga memiliki situs halonona.com yang baru seumur jagung. Besar harapan saya halonona.com bisa besar, hidup dan bermanfaat.

Dalam beribadah pun saya ingin konsisten, lebih sering belajar membaca Al-Qur’an, membaca informasi mengenai Agama Islam dan beribadah lainnya.

5 | Lebih Peduli dengan Diri Sendiri

Tak kalah penting adalah peduli dengan diri sendiri. Sebenarnya, beberapa hal di atas juga termasuk peduli dengan diri sendiri. Untuk poin ini, saya harus lebih tegas dan jujur, lebih berani untuk mengungkapkan pendapat dan tentu saja bisa berkata “tidak”. Ini penting loh, terutama kesehatan mental. 

Selama ini, saya sering terlalu mendengar omongan orang lain, saya ingin mulai tidak peduli dengan omongan orang lain dan menjadi diri sendiri, meraih impian-impian dengan berani.

6 | Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Lagi

Tidak membuang sampah sembarangan, lebih rapi, lebih sedikit memakai plastik dan tentunya lebih cantik lagi. Hal-hal remeh yang ingin saya miliki. Lebih ramah dan banyak tersenyum. Hem, banyak juga ya harapannya. :D 

Harapan yang paling kalian tunggu-tunggu pasti pada poin 7 ini.

7 | Mulai Memikirkan Mencari Pasangan Hidup  

Kenapa harapan ini adalah yang kalian nantikan? Karena kalian yang sering tanya “Kapan nikah?” haha. Baiklah, saya sudah mulai memasukkan mencari pasangan hidup dalam harapan. Di tahun 2019, saya akan berusaha mencari pasangan hidup, meskipun sudah punya pacar. Yah, karena pacar belum tentu jadi suami, haha.

Banyak harapan di tahun 2019, yang mungkin juga bersambung ke tahun 2020 nantinya. Intinya sih, saya harus lebih konsisten dan jujur pada diri sendiri, agar harapan tersebut terwujud nantinya. 

Kalau kalian sendiri, apa keinginan di tahun 2019 ini? Bagi pengalaman di komentar ya.

You May Also Like

9 comment so far

  1. Semoga apa yang telah ditulis dapat segera terwujudkan amin hehe

    BalasHapus
  2. Semoga bisa menjadi pribadi yang lebih baik, apa yang diinginkan dapat terwujud, membahagiakan ortu itu aja kali yah :)

    BalasHapus
  3. Terus berkarya kak, jangan patah semangat hehe

    BalasHapus
  4. Semangat semangat semangat :D

    BalasHapus
  5. lebih baik ke depannya :D

    BalasHapus
  6. Waaah jadi semangat baca resolusi mbak.. Semoga tercapai ya mbak .. Saya jadi semangat mengikuti jejaknya!

    BalasHapus
  7. Aku juga tahun ini pengen mulai nulis novel lagi mbak, setelah bertahun-tahun impian itu aku pendam dala-dalam. Kayaknya mau mulai dari wattpad dulu. hehe.

    Semangat yaa mbak. semoga segala harapan baiknya terwujud di 2019. Aamiin.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^