Pengalaman Berbelanja di Shopee dan Bagaimana Cara Memilih Produk yang Tepat

by - 11.18


Pengalaman Berbelanja di Shopee dan Bagaimana Cara Memilih Produk yang Tepat - Sejak mengenal Shopee, saya hampir tak pernah berbelanja di e-commerce lain. Saya benar-benar lebih sering belanja di Shopee. Hal yang paling menarik perhatian dari e-commerce ini adalah memberikan gratis ongkir dengan syarat tertentu. Meskipun bersyarat, saya sendiri tidak beranjak dari tempat duduk sekadar sekrol sana sini di situs Shopee maupun aplikasi, demi barang yang saya inginkan.

Memang, di beberapa e-commerce ada yang memberikan gratis biaya kirim juga, namun saya lebih suka belanja di Shopee karena barang yang ditawarkan melimpah. Bahkan, ada barang-barang yang dikirim dari China. Belanja di Shopee selain karena gratis ongkir, pun karena seller bervariasi.

Hampir seluruh seller yang bergerak di Instagram, Facebook, maupun situs-situs online pribadi lainnya, memiliki akun Shopee. Saya sendiri juga melihat banyaknya buyer yang selalu bertanya, “Ada Shopee?” apalagi kalau bukan karena di Shopee bisa mendapatkan gratis ongkir.

Awalnya, saya pikir program gratis ongkir ini, Shopee bekerja sama dengan seller. Ternyata, tak hanya buyer yang diuntungkan dengan mendapatkan gratis ongkir, pun seller juga. Mereka tidak mengeluarkan biaya untuk ongkirnya. Jadi, program gratis ongkir dalam bentuk voucher ini benar-benar dari pihak Shopee dan jasa pengiriman.

Saya, yang mulai berjualan properti foto, pun sering ditanya oleh pembeli apakah memiliki akun Shopee. Baru-baru ini, saya sudah mendaftarkan toko saya untuk bisa mendapatkan program gratis ongkir agar pelanggan saya bisa menikmati gratis biaya kirim juga.

Tips Belanja di Shopee

Meskipun saya sering belanja di Shopee, tetap saja tidak menutup kemungkinan ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti produk tidak sesuai dengan foto, ukuran tidak sesuai, dan lain-lain. Untuk itu, saya ingin berbagi tips apa saja yang saya lakukan, sebelum akhirnya menekan tombol checkout.

Memanfaatkan Fitur Rating

Ketika saya hendak mencari barang yang saya butuhkan, misalnya boyfriend jeans pada kolom pencarian, saya menekan tab “terlaris” sehingga menemukan produk yang paling sering dibeli oleh pembeli lain. Mengapa saya melakukan hal ini? Karena ini merupakan salah satu bukti, bahwa produk tersebut bagus dan terpercaya, meskipun tidak seratus persen.

Dari sini juga terlihat, rating dari penjual di angka berapa dan saya tahu, berapa banyak orang yang merasa puas dengan pelayanan dan produk tersebut. Ah ya, jangan terlalu mengukur dari rating juga ya, baca-baca komentar pembeli. Karena ada beberapa pembeli tidak puas karena pengiriman lama, padahal ini kan jasa pengiriman juga bertanggung jawab.

Untuk Tahu Realpict, Lihat Komentar Pembeli dengan Gambar

Perlu diketahui, di Shopee tidak semua seller mencantumkan gambar asli dari produk, meskipun produk tersebut telah dijual ratusan kali. Agar saya lebih nyaman dan tahu gambaran asli produknya, saya memanfaatkan fitur “komentar dengan gambar” untuk mengetahui gambar aslinya.

Pada fitur tersebut, buyer memberikan testimoni berupa foto produk yang mereka terima. Saya benar-benar membuka satu per satu foto yang dikirimkan oleh orang-orang yang sudah pernah belanja di situ, sampai saya benar-benar yakin dan akhirnya memasukkan produk ke keranjang.

Mencari Seller Terdekat dari Kotamu

Saya sering melakukan ini, apabila harga dari produk yang ingin saya beli tidak mencapai syarat gratis ongkir. Dengan mencari seller terdekat, saya bisa menekan biaya ongkos kirim. Saya paling senang, kalau ada promo gratis ongkos kirim dengan minimal pembelian 50 ribu atau ketika Shopee mengadakan promo gratis biaya kirim tanpa minimum pembelian. Seperti menemukan surga kecil di dunia, hehe.

Melihat Syarat Free Ongkir

Mengenai biaya kirim ini, saya benar-benar memperhatikan betul, lho. Sehingga saya benar-benar membaca syarat dari gratis ongkir yang disediakan oleh Shopee. Untuk syarat lengkapnya, kamu baca sendiri di Shopee ya. Nah, di Shopee kan ada batas checkout harian dan mingguan untuk ongkos kirim. Dan order via website serta aplikasi berbeda, masing-masing memiliki jatah. Terkadang, ketika saya berbelanja banyak, saya menggunakan keduanya. Bahkan, saya memiliki beberapa akun Shopee demi mendapatkan gratis ongkir , hehe.

Biasanya, saya membeli produk fesyen di Shopee. Beberapa hari lalu, baru saja saya membeli jaket jeans berwarna biowash, demi bisa berpenampilan seperti mbak-mbak di bawah ini. Hehe.

You May Also Like

1 comment so far

  1. paling cucok meong tu ngeliat foto dr pembeli, karna biasanya kdg zonk juga gegara liat kok mureeee. Dan emang aku pun lebih sering pake shopee krn ada bonus free ongkirnya hihihi.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^