Bagaimana Seorang Blogger Menghasilkan Uang

by - 08.50



Beberapa waktu lalu, perjalanan saya pulang kampung terhenti karena diminta polisi minggir. Tanpa saya sadari, saya telah menerobos lampu merah. Saya kurang fokus dan terus mengikuti truk di depan, sehingga tidak sadar kalau ternyata traffic light sudah menyala merah. Akhirnya, pak polisi meminta saya masuk ke pos polisi.

Singkat cerita, saya akan ditilang, lalu beliau bertanya apa pekerjaan saya. Saya bilang, “Blogger.” Seperti biasa, tak banyak orang tahu apa itu blogger. Hasilnya, polisi tersebut mengajak saya berbincang, mengenai apa itu blogger dan bagaimana saya bisa menghasilkan uang dari ngeblog.

Tak hanya Pak Polisi itu saja yang penasaran mengenai bagaimana saya mendapatkan uang dari menulis blog. Saya pernah menjalani interview di salah satu perguruan tinggi pun pernah ditanya bagaimana saya menghasilkan uang. 

Untuk kamu, yang baru membuat blog dan orang yang awam mengenai dunia narablog, saya akan menuliskan bagaimana saya menghasilkan uang dari blog. 

Jadi, bagaimana Seorang Blogger Menghasilkan Uang



Saya ngeblog sudah sejak lama, tahun 2009 saya diminta guru komputer untuk membuat blog. Pada tahun 2014 ketika saya sudah lulus kuliah, saya kesulitan mendapatkan pekerjaan. Saya curhat dengan seorang teman, yang juga seorang penulis dan blogger. Dia berkata pada saya, “Kamu kan blogger, Wul.”

Lalu, kalau saya blogger kenapa? Sungguh, saat itu saya tidak tahu kalau dengan menulis blog saya bisa mendapatkan uang. Dari situlah, saya mengerti kalau menulis blog bisa menghasilkan uang, selain memasang Google Adsense di blog.

#1 – Google Adsense 


Yang saya tahu untuk menghasilkan uang dari ngeblog adalah dengan memasang Google Adsense. Makanya, dulu awal-awal saya mengejar cinta Google Adsense, berberapa kali ditolak sampai akhirnya diterima. 

Sayangnya, pengunjung blog saya saat itu tidak terlalu bagus. Sehingga berbulan-bulan hanya mendapatkan sekitar 180ribu dalam bentuk rupiah. Sedangkan untuk mencarikan dana tersebut harus minimal satu juta. 

Memiliki Google Adsense tidak berarti kamu bisa mudah mendapatkan uang, kecuali pengunjung blog kamu ramai. Kamu bisa saja berfokus menjadi blogger yang fokus mencari uang dengan Google Adsense. Asal tahu saja, kamu bisa mendapatkan uang 30juta setiap bulannya dari Google Adsense.

#2 – Affiliates

Sebagai contoh sederhana, ada merek atau orang yang memasang iklan di blog kamu. Iklan ini berupa spanduk digital atau gambar yang dipasang di blog kamu. Setiap kali ada yang klik, melakukan order, dll kamu akan mendapatkan uang dari sini.
Tak hanya pada blog, terkadang kamu bisa membagikannya di media sosial. Tentunya, mengandalkan affiliate untuk mendapatkan penghasilan tidak sepenuhnya berjalan mulus. Lagi-lagi, apabila blog tidak ramai akan menjadi kesulitan juga.

#3 – Selling Products

Saya juga menggunakan blog untuk berjualan. Dulu saya pernah berjualan kreasi kain flanel di blog ini. Untuk beberapa tahun lalu, saya berjualan template blog khusus untuk blogger. Apabila kamu memiliki kemampuan mendesain, menggambar atau apa pun itu, kamu juga bisa menjualnya di blog.
Saya sendiri sekarang berjualan properti foto, meskipun tidak di blog saya sering menyebutnya ketika menulis artikel. 

Seperti sekarang ini, saya sedang mengiklan terselubung, hehe.

#4 – Sponsored Post

Paling banyak saya menghasilkan uang dari sponsored post. Di blog ini menerima sponsored post pun blog saya yang www.wulankenanga.com . Apabila kamu melihat label “advertorial” itu berarti artikel yang sedang kamu baca mengandung iklan. 

Cara kerjanya ada beberapa macam. Pertama, kamu diminta menulis mengenai suatu produk yang nantinya akan dikaitkan dengan sebuah situs. Kedua, kamu mengulas mengenai suatu produk dan menginformasikan di mana produk tersebut dijual. Yang ketiga, dari pengiklan sudah disediakan artikel dan kamu tinggal menyunting sesuai bahasa kamu dan tinggal mem-posting-kannya saja.

Selain pekerjaan daring, sponsored post juga bisa kamu dapatkan dari mendatangi event. Biasanya pihak pengiklan membutuhkan kedatangan kita ke suatu tempat atau event untuk meliput. Nah, usai meliput kamu diminta menuliskan acara tersebut. 

Harga untuk satu artikel tentu berbeda-beda, tergantung blog kamu dan pengiklan. Jadi, pintar-pintar mengambil harga ya.

#5 – Influencer

Untuk influencer, kamu tak hanya menggunakan media blog, melainkan memakai media sosial juga. Sebagai blogger, saya juga menerima pekerjaan ini; buzzer, mem-posting iklan di instagram, dll. Jadi,menjadi blogger tak hanya menulis saja, karena biasanya pengiklan tak hanya meminta posting-an blog melainkan posting di instagram dan media sosial lainnya.

#6 – Content Writer

Selain menjadi penulis blog, biasanya blogger juga menulis konten untuk media daring. Memiliki blog sendiri bisa menjadi latihan menulis konten yang baik, mempelajari tata bahasa dan sebagainya. Biasanya mereka yang sudah sering menulis blog akan mudah diterima sebagai penulis konten.

Penghasilan dari ngeblog tentunya tidak tentu, terkadang sangat wah, terkadang biasa saja. Tidak ada kepastian dalam menjadi fulltime blogger. Namun, ada banyak hal menyenangkan ketika ngeblog, seperti banyak teman blogger dan satu renjana.


You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^