Makna dan Filosofi Angpao Imlek

by - 08.32

Berbicara soal imlek memang banyak sekali yang bisa dibahas, mulai dari kebiasaan yang luar biasa, perayaan yang ditemukan hanya 1 tahun sekali dan juga perayaan akan berlangsung dengan meriah. Umumnya ciri khas ketika imlek datang adalah hujan yang cukup lebat dan juga sulit untuk berhenti selama 1 minggu berturut-turut. Selain itu, imlek datang mengartikan berbagai kue dan buah-buahan dijual secara bebas. Sehingga banyak orang yang tidak keturunan Cina-pun tetap merasakan hal yang menyenangkan.
Di sisi lain, imlek juga memiliki ciri khas lain yaitu angpao.  Sebentar lagi imlek akan tiba di Indonesia dan tentu saja semua masyarakat Indonesia menunggu imlek tersebut hadir.  Salah satu budaya yang disukai ketika Tahun Baru Cina datang adalah memberikan angpao kepada generasi mereka atau anak muda yang belum menikah.
Memberikan angpao ini merupakan sebuah tradisi dan juga budaya masyarakat Tionghoa ketika perayaan tahun baru China tiba. Mereka akan memberikan uang dan merayakan momen ini mengingat pembagian uang ini merupakan komponen yang paling ditunggu, oleh anak-anak dan juga mereka yang belum menikah ketika Tahun Baru Imlek datang.

Angpao Imlek dan Tahun Baru Imlek


Jika kita berbicara soal angpao memang tidak pernah ada habisnya. Adanya pemberian uang yang dibungkus dalam kemasan merah ini, memang melambangkan harapan dari pemberian angpao dari pemberi ke penerima. Selain itu keberuntungan dan juga nasib baik akan datang sepanjang tahun setelah  mendapatkan angpao yang diberikan ini, umumnya pemberian angpao diucapkan dengan kata-kata khusus atau kata-kata baik yang merupakan salah satu doa untuk penerima uang tersebut.
Angpao imlek juga dituliskan mengenai harapan-harapan yang pada amplop tersebut. Penerima angpao tidak boleh membelanjakan uang yang ada juga perlu disimpan atau diletakkan di dompet atau di lemari saja, karena uang kau merupakan bagian dari lambang kemakmuran atau lambang harapan yang sudah ada. Selain itu, saat angpao diberikan diharapkan muncul pada tahun tersebut.
Namun banyak masyarakat sekarang yang menggunakan angpao, sebagai salah satu uang untuk memenuhi kebutuhan mereka atau untuk membelanjakan berbagai kebutuhan mereka. Meskipun begitu sangat dilarang untuk Aada yang mendapatkan pemberian angpao dari siapapun untuk membuka amplop merah tersebut di depan orangnya.
Hal ini menandakan bahwa anda merupakan orang yang tidak sopan dan juga tidak menghargai pemberian yang sudah diberikan. Karena banyak yang mengatakan bahwa angpao sendiri bukan berkaitan dengan nominal. Namun berkaitan dengan harapan atau pemberian dan kepedulian orang lain terhadap kita.

Arti Kata Angpao

Angpao berasal dari kata Mandarin yang artinya mengusir setan, khususnya mengusir anda dari Raksasa yang akan mengganggu anak-anak mereka. Sehingga angpao sendiri seringkali disebut sebagai sebuah jimat yang diberikan dalam bentuk uang. Sebenarnya terdapat dua jenis angpao yang dulunya diberikan yang pertama adalah meningkatkan uang koin atau uang China zaman dulu, dengan tali berwarna-warni. Kemudian meletakkannya di bawah kaki ranjang. Di mana anak tertidur sehingga dapat mengusir berbagai masalah yang terjadi pada anak-anak.
Kedua adalah uang kertas yang dimasukkan kedalam amplop berwarna merah dan memberikannya kepada anak kecil. Angpao juga dihadiahi ketika anak-anak maupun mereka yang sudah dewasa namun belum menikah datang ke rumah untuk merayakan tahun baru imlek, atau tahun baru cina. Umumnya kepala keluarga akan memberikannya pada malam Tahun Baru Imlek dengan cara yang berbeda-beda agar lebih unik dan menyenangkan. Tradisi ini bukan hanya dilakukan di cina saja, namun juga masyarakat cina yang tinggal di Indonesia.
Di zaman yang serba modern ini, angpao lebih sering menggunakan cara yang kedua yakni dengan menggunakan uang kertas. Kemudian dimasukkan ke dalam amplop angpao Imlek warna merah dan memberikannya saat mereka datang serta mengucapkan Tahun Baru Imlek atau Gong Xi Fa Cai. Selain itu mereka yang melakukan tradisi angpao ataupun mereka yang juga menerima angpao merupakan tradisi dan kebudayaan masyarakat tionghoa yang sudah dibentuk sejak lama sekali.
Sehingga tidak bisa dihilangkan begitu saja. Angpao seringkali akrab dengan warna merah, warna merupakan warna kesenangan masyarakat tionghoa yang memiliki berbagai arti baik. Selain itu, angpao menjelaskan keakraban dan juga kekerabatan terhadap orang lain. Sehingga angpao bisa juga sebagai perlambang keakraban sebuah keluarga dan keluarga lainnya. Maka Jangan heran jika anda mendapatkan angpao dengan nominal yang kecil jika keluarga anda tidak akrab dengan keluarga tersebut.

Peraturan Memberi dan Menerima Angpao


Umumnya setelah menerima angpao dari orang lain, maka orang tersebut harus memberikan angpao yang baru kepada anak memberi angpao tersebut. Hal ini tentu saja sudah biasa terjadi, namun berbeda jika kejadiannya tersebut tidak memiliki anak dan hanya memiliki keluarga utama saja, maka pemberian angpao terdapat kebiasaan untuk melakukan penggolongan hubungan.
Pemberian angpao terhadap si penerima dalam pembagian jumlah uang yang dimasukkan akan berbeda. Mulai dari banyak, sedang, dan juga sedikit. Jika hubungan keluarganya baik bahkan masuk kedalam keluarga yang akrab, maka jumlah uang haruslah besar untuk melambangkan bahwa anda memang menjalin hubungan yang baik dengan keluarga tersebut. Dalam perkembangannya pemberian angpao sudah menjadi umumnya dipergunakan sebagai Hadiah atau ucapan selamat dalam ulang tahun.
Di antara masyarakat Cina yang merayakan pernikahan ataupun ketika ulang tahun, angpao diberikan saat kedaan tersebut berlangsung. Salah satu perlambang mengapa kehidupan mereka beruntung dan juga penuh rasa syukur.
Berdasarkan perkembangannya, pemberian angpao sudah menjadi sangat umum bahkan seringkali digunakan sebagai hadiah pernikahan. Jika sesama masyarakat tionghoa atau masyarakat Cina menikah angpao sendiri merupakan sebutan dari bahasa Hokkian sedangkan bahasa Mandarinnya disebut hongbao, yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya amplop merah atau kantong merah.
Sehingga kurang lengkap rasanya jika tidak menggunakan amplop khusus berwarna merah dengan berbagai tulisan yang isinya doa. Bagi anda yang ingin melaksanakan Tahun Baru Imlek yang sebentar lagi akan datang, maka anda bisa membeli angpao atau amplop berwarna merah untuk membungkus uang uang yang diberikan kepada keluarga.
Anda perlu diingat bahwa kemasan dari angpao sendiri tidak boleh sembarangan karena sesuai dengan tradisi dan juga arti yang diberikan oleh masyarakat zaman dahulu jika dulu amplop angpao imlek banyak yang digunakan atau dibuat dengan cara tradisional, yakni menggambarnya secara sendiri. Namun sekarang ini zaman sudah canggih sehingga amplop merah di gambar menggunakan mesin dan lebih cepat.
Bagian yang tertarik untuk membeli amplop angpao imlek ini tidak perlu khawatir. Karena anda bisa membelinya langsung di berbagai situs belanja online, salah satunya adalah  iLotte  yang menyediakan angpao imlek berkualitas dengan harga yang cukup murah dan juga dengan berisikan doa-doa yang sesuai dengan tradisi imlek atau tradisi masyarakat china jadi tunggu apalagi.

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^