Review FiberCreme Krimer Pengganti Santan

by - 10.07


Fiber Creme pengganti santan, itulah hal yang selalu tertancap dalam otak saya mengenai Fiber Creme. Padahal, Fiber Creme ini tak hanya pengganti santan pun bisa digunakan untuk makanan dan minuman lainnya. 

Sejak dulu, saya penasaran dengan rasa krimer yang dicampurkan dengan secangkir kopi hitam. Banyak yang suka memakai krimer, agar rasa kopi lebih gurih dan tidak terlalu pahit. Saya sudah mencoba membeli krimer di pasaran, sayangnya tak ada yang cocok. 

Tanpa sengaja saya melihat iklan Fiber Creme di instagram – ceritanya kemakan iklan nih -, iklan tersebut berupa video memasak dan menunjukkan pemakaian fiber creme untuk pengganti santan. Akhirnya, ketika saya ke Giant saya melihat kemasan Fiber Creme ini. Saya baca-baca, ternyata bisa digunakan untuk minuman.

Akhirnya, satu sachet Fiber Creme dengan isi 100g itu masuk ke dalam keranjang belanja.

Review Fiber Creme Bubuk Pengganti Santan

Seringnya, saya memakai fiber creme untuk campuran membuat bubur kacang hijau sebagai pengganti santan dan campuran kopi hitam tanpa gula sebagai krimer dan satu lagi, saya memakainya untuk campuran telur dadar. Beberapa kali saya campurkan ke dalam masakan seperti tumis, dll.

Kemasan

Saya menemui dua kemasan Fiber Creme di pasaran yaitu berupa sachet 100g dan berupa botol – seperti botol bedak – dengan isi 169gr. Saya pribadi belum pernah membeli yang berupa botol dan seringnya membeli yang sachet. Untuk itu, kemasan yang akan saya bahas adalah yang sachet ya. 

Kenapa beli yang sachet, Lan? Jelas ya, lebih murah, hehe.

Kemasan sachet berwarna dasar putih dengan tulisan berwarna ungu tua. Bertebaran foto-foto makanan di sekitarnya. Untuk kemasan sachet memang kurang nyaman ya, karena bakalan susah untuk ditutup kembali usai digunakan dan harus dipakaikan karet.

Memang kemasan sachet diperuntukan isi ulang kemasan botol. Mungkin nanti saya harus membeli kemasan botol, agar ketika menggunakan Fiber Creme tidak repot ketika menuangkan ke dalam makanan maupun minuman.

Dalam kemasan sachet FiberCreme pun diberikan resep minuman fibercreme maupun resep makanan. Dan setiap kali saya membelinya, mendapatkan resep yang berbeda-beda.

Bahan dan Kandungan FiberCreme

FiberCreme mengklaim sebagai high fiber and cremy taste. Mengandung lactosa free, gluten free, low sugar, tinggi serat, 0gr lemak trans, 0mg kolesterol, dan kenyang lebih lama. 

Komposisi:

Isomalto-oligosakarida, Minyak Nabati, Natrium Kaseinat, Penstabil Fosfat, Pengemulisi Nabati, Anti Kempal, Tanpa Pemanis Buatan, Tanpa Pengawet.

Isomalto-oligosaccharide, juga disebut IMO, IMO (Isomalto-oligosakarida) adalah salah satu jenis Prebiotik yang mampu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan kesehatan tubuh, yang berasal dari tepung halus. (sumber)

Tekstur

Tekstur FiberCreme mirip dengan susu bubuk, halus berwarna putih bersih. Bahkan aromanya mirip susu. Ada aroma manis, namun tidak terlalu kentara. Begitupun ketika mencicipinya secara langsung, akan terasa manis namun benar-benar tidak dominan. 

Ketika dilarutkan ke dalam minuman atau makanan, tidak akan membuat makanan atau minuman mengental berlebih. Makanan dan minuman akan terlihat lebih putih, benar-benar seperti dicampur susu atau santan.

Rasa

Ketika membuat bubur kacang hijau dengan FiberCreme, rasanya lebih gurih, enak dan yang jelas lebih sehat daripada pakai santan. Saya biasanya menambahkan beberapa sendok FiberCreme sampai bubur kacang hijau mengental dan empuk. Untuk resep bubur kacang hijau dengan fibercreme akan saya buat di lain postingan ya.

Untuk menghindari gula, saya memakai FiberCreme pada kopi hitam. Jadi, saya membuat kopi hitam dan saya tambahkan satu sampai dua sendok teh fibercreme. Rasa kopinya tetap pahit, namun lebih gurih dan nikmat. Ada sedikit rasa manis, namun sangat-sangat minim. 

Yang paling membuat saya takjub adalah ketika mencampurkan FiberCreme dengan telur dadar. Alasannya, karena telur dadar yang dicampur dengan FiberCreme rasanya lebih lembut dan gurih. Saya seperti makan telur dadar buatan hotel, hehe.

Beli FiberCreme di Mana?

Saya membeli di Giant Pondok Tjandra Surabaya dan di Indomaret atau Alfamart terdekat. 

Harga FiberCreme

Untuk harga FiberCreme berbeda-beda, tergantung kamu membelinya di mana. Saya sendiri membeli FiberCreme dengan harga sekitar 10ribu di Alfamart atau Indomaret. 

FiberCreme Untuk Diet?

Saya bukan ahli gizi yang paham mengenai hal ini. Namun, dalam kandungan FiberCreme dikatakan tinggi serat serta low sugar. Ini bisa diartikan mengkonsumsi FiberCreme ketika diet tidak akan mempengaruhi diet kamu, kecuali kamu mencampurkannya dengan bubur kacang hijau yang penuh gula, hehe.

Sudah berapa kali saya membeli FiberCreme? Ratusan ~

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^