Paxel; Jasa Pengiriman Murah dan Cepat di Surabaya

by - 19.52


Paxel  jasa pengiriman barang same day service hadir di Surabaya. Kamis lalu, Paxel Indonesia launching di Surabaya dan dihadiri oleh blogger dan media. Sebelum launching, tanggal 14 Februari lalu, saya sudah mencoba Paxel untuk kirim paket ke teman, yang kebetulan membeli properti foto ke saya.

Sayangnya, lokasi kosan saya tidak terkover area pengiriman Paxel. Maka dari itu, saya pergi ke rumah teman untuk mencoba layanan pengiriman barang di Surabaya ini. Bagi saya, tak masalah mengenai hal ini, karena Paxel memang terbilang baru. Untuk saat ini, Paxel hanya mengkover kota-kota besar; Surabaya, Jakarta, dll.

Dengan adanya keadaan ini, ada hal yang harus saya maklumi. Namun, selain kekurangan dari Paxel yang belum bisa mengkover semua daerah, ada beberapa kelebihan yang harus saya acungi jempol. Untuk logistik yang baru dirintis, Paxel benar-benar amanah dengan pekerjaan mereka – tidak menutup kemungkinan ada beberapa kesalahan. 


Kekurangan dan Kelebihan Paxel

Saya akan menuliskan beberapa kekurangan dan kelebihan Paxel, selama saya mencoba menggunakannya kemarin. Kelebihan dan kekurangan pada Paxel ini juga disampaikan ketika launching di Surabaya kemarin oleh pihak Paxel. 

Kelebihan Paxel Logistik

Same Day Service

Service yang ditawarkan Paxel ialah sameday service, yang itu berarti paket saya akan sampai di hari yang sama saya mengirimnya. Seperti ketika saya mengirim properti foto Mbak Wiwid dari Ketintang ke Rungkut.

-         Garansi Uang Kembali

Ada keterlambatan dari kurir Paxel ketika mengambil barang. Saya mengirim barang sekitar pukul sebelas siang dan pada keterangan barang akan diambil antara jam 12 siang sampai jam 2 sore. Pada kenyataannya, proses pada tracking kurir baru bergerak pada jam setengah 3 dan paket diambil jam tiga kurang lima menit.

Intinya, ada keterlambatan hampir satu jam pada pengambilan barang. Sehingga, pihak Paxel memberikan free delivery atau uang kembali kepada saya karena hal tersebut.

-        Gratis Saldo Refferal

Kamu bisa mendapatkan free credits apabila ada yang mengunduh aplikasi Paxel dengan kode refferal milikmu. Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan free delivery.

-        Real-time Tracking

Paxel berbeda dengan jasa pengiriman barang lainnya, karena Paxel berbasis aplikasi. Untuk itu, saya bisa melihat proses pengiriman barang melalui aplikasi yang ada. Dan proses tersebut merupakan real-time tracking.

-        Biaya Pengiriman Terjangkau

Biaya pengiriman tidak dihitung dari jarak maupun berat. Melainkan dihitung dari ukuran paket yang akan kita kirim. Ada tiga pilihan ukuran untuk paket kamu. Setiap pilihan ukuran memiliki harganya sendiri.

-        Bisa Menentukan Kapan Paket Diterima

Di aplikasi Paxel pun ada pilihan jam barang diterima sesuai keinginan kamu. Misalnya, kamu membeli barang dari teman kamu dan minta dikirim via Paxel. Kamu bisa meminta dikirim jam berapa ketika kamu sedang di rumah.

Dengan adanya pilihan waktu ini, kamu dipermudah sehingga tidak ada namanya barang tidak terkirim karena kamu tak ada di rumah.

-         Tak Ada Batasan Jarak

Paxel mengkover kota-kota besar, itu berarti saya bisa mengirim barang dari Surabaya ke Jakarta. Kamu bisa terselamatkan dengan adanya Paxel, apabila ketika traveling ada barang yang tertinggal. Karena menggunakan logistik yang lain membutuhkan beberapa hari.

Kekurangan Paxel Logistik

-        Belum Mengkover Banyak Daerah

Paxel baru tersedia di kota-kota besar; Surabaya, Jabodetabek, Solo, Semarang, Yogyakarta, dan Bandung. Dan lagi, ada beberapa area yang tidak terdeteksi di gmap Paxel meskipun itu sudah di Surabaya.

-        Happiness Hero Surabaya Masih Terbatas

Paxel baru hadir di Surabaya, tentunya keterbatasan jumlah kurir menjadi sebuah masalah tersendiri. Terlihat dengan adanya keterlambatan pengambilan dan pengantaran yang dilakukan kurir Paxel. Yah, bayangkan saja mereka harus mengambil dan mengantar paket ke seluruh kota Surabaya.

Saya berharap Paxel akan segera beroperasi dengan maksimal di Surabaya, karena pasti banyak orang terbantu dengan adanya Paxel yang memiliki same day service dengan harga terjangkau.

-       Tidak Menerima Kiriman Makanan

Meskipun Paxel memiliki same day service bukan berarti semua aspek bisa dikirim. Paxel tidak menerima makanan matang atau makanan yang cepat basi. Pihak Paxel sendiri mengatakan belum bisa menerima paket makanan ini, karena ditakutkan paket tidak datang dalam keadaan baik.

Pertama kali mendengar mengenai Paxel, saya sudah memikirkan untuk mengirim makanan kepada, K. Ternyata, mereka tidak menerima pengiriman makanan cepat basi. Jadi, jangan membayangkan Paxel seperti ojek daring ya.

Meskipun begitu, Paxel menerima pengiriman makanan berupa frozen food.

Pengalaman Menggunakan Paxel Logistik

Saya melakukan pengiriman sekitar jam sebelas siang, pada keterangan estimasi penjemputan barang pukul 12 siang sampai jam 2 sore. Pada keterangan di aplikasi bertuliskan waiting courier to pickup your shipment.

Saya menunggu dan terus menunggu, namun tidak ada update dan kurir juga belum kunjung datang. Sampai akhirnya, menjelang jam 2 sore, setelah tak ada pembaruan saya menekan tombol help yang ada di sisi kanan atas dan menanyakan kapan paket saya akan diambil. 

Setelah saya mengirim pesan tersebut, tak lama kemudian ada pembaruan bahwa kurir akan segera menjemput paket saya. Pada keterangan aplikasi, kurir masih di daerah Gunung Anyar dan pada pukul 3 kurang lima menit, kurir sudah sampai di tempat saya. 

Happiness Hero (sebutan kurir Paxel) menerima paket saya, sebelum itu saya difoto bersama paket serta dimintai tanda tangan. Tentu saya tak perlu memberikan biaya kirim, karena sudah terpotong otomatis dari credits

Estimasi barang akan dikirim ke penerima adalah jam 6 sampai jam 8 malam. Sayangnya, karena pengambilan terlambat dan mungkin hari itu happiness hero sedang banyak kiriman, paket datang terlambat. Saya menerima informasi dari Mbak Wiwid bahwa kurir Paxel mengirim pesan bahwa barang akan dikirim jam 12 malam. Tentu saja Mbak Wiwid menolak dan meminta dikirim keesokan harinya saja. 

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Paxel


Untuk menggunakan Paxel, hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja mengunduh aplikasinya di Google Play. 

Untuk kamu yang belum mempunyai credits Paxel silakan masukkan kode referal saya; wulankenanga

Membuat Pengiriman

Pilih Lokasi Pengambilan dan Penerima Barang

Pilih lokasi pengambilan barang pada kolom pickup location. Pada kolom tersebut tulislah alamat sesuai gmap. Nah untuk melengkapi alamat, kamu bisa klik kotak kecil sebelah kanan yang ada simbol plus (+). Lakukan hal yang sama pada destination location. Setelah itu baru klik continue.

Ukuran Paket

Saya sudah singgung di atas mengenai ukuran paket. Di Paxel tidak dihitung dengan berat – berat maksimal 10kg -, melainkan dengan ukuran paket. Saya mengirim properti foto berupa napkin sehingga termasuk ukuran small. Jadi, biaya antar hanya 18ribu saja. 

Ada empat ukuran paket di Paxel, yaitu small, medium, large dan custom. Dengan berbeda ukuran, berarti berbeda biaya antar.

Detail Information

Tuliskan data lengkap penerima sesuai yang diminta pada form untuk kebutuhan pengiriman.

Tipe Barang

Pada bagian ini, pilih tipe barang yang kamu kirim. Setelah itu akan ada konfirmasi mengenai data yang kamu masukkan, tekan agree.

Shipment Summary

Nah, di sini merupakan bagian terakhir membuat pengiriman. Kamu harus membaca lagi data yang kamu tuliskan sebelum kamu menekan tombol create shipment.

Launching Paxel Surabaya

Launching Paxel Surabaya diadakan di salah satu co-working, dihadiri oleh beberapa media dan blogger. Pada launching ini pun dihadiri orang di balik Paxel, yang ternyata beliau adalah komisaris di JNE. Wah!

Pak Djauhari, merupakan orang di balik JNE dan kini merambah ke Paxel. Ketika beliau mengatakan bahwa dia adalah orang di balik JNE, kami sontak berkata, “Oh....”Kami seakan takjub karena selama ini memakai JNE tapi tak tahu siapa pemiliknya. Dan kini, ada Paxel. Jadi, sudah jelas bagaimana pengalaman beliau dalam dunia jasa pengiriman, bukan?

Pada saat launching pun kita diperkenalkan orang-orang di balik Paxel, sampai pada happiness hero Surabaya yang dengan senang hati mempraktikan bagaimana cara membuat pengiriman di Paxel.







You May Also Like

8 comment so far

  1. Wah bermanfaat banget nih informasinya. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Wah enak banget tuh bisa menentukan kapan paketnya akan datang

    BalasHapus
  3. Wah harganya juga terjangkau ya. Jadi, pingin melakukan pengiriman di paxel deh

    BalasHapus
  4. Ini nih yang aku suka ketika mengirim paket. Bisa ditentukan sendiri kapan sampainya

    BalasHapus
  5. Wah suka banget nih kalau biayanya terjangkau dan proses kirimnya cepat

    BalasHapus
  6. Mas herone ganteng.mugo2 paxel iso menjangkau darjo, mojokerto dan srkitarnya

    BalasHapus
  7. Waah, seru ya kirim-kirim pakai Paxel. Semoga segera meng cover area sidoarjo dan kota kecil lainnya

    BalasHapus
  8. Garansi uang kembali dan ga ada batasan jarak, ini yang kucari. Bisa kirim kopi bebas deh ke pembeli dan dijamin sehari sampai. Paxel keren ya....

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^