Gerakan Pijat Bayi, Dengan Sentuhan Cinta Ibu

by - 18.34




Tak sekadar kehadiran, perhatian seorang ibu juga harus ditunjukkan dengan interaksi secara langsung. Melalui kulit ke kulit. Dengan kontak fisik antara ibu dan bayi, akan menimbulkan ikatan emosional. Berbeda apabila sekadar hadir, tanpa ada sentuhan antara ibu dan bayi. 

Melakukan pijatan kepada bayi, sentuhan-sentuhan lembut yang menghangatkan, tak hanya memberikan efek pada bayi, pun kepada ibunya. Selain mempelancar peredaran darah, melakukan pijat pada bayi pun memberikan kedekatan antara ibu dan anak.

Dr. Diyah Retno Wulan mengatakan “Kebutuhan bayi, selain lingkungan fisik yaitu berupa nutrisi, imunisasi. Bayi pun membutuhkan sentuhan emosional yaitu dicintai.” 

Membangun hubungan dengan anak sangat penting, tak hanya dilakukan ketika anak sudah lahir pun harus dilakukan ketika masih menjadi janin. 1000 hari pertama yang diawali dengan pertemuan antara sperma dan ovum. 


Bahkan, dalam kajian-kajian islam pun mengatakan hal serupa. Mendidik anak sejak dalam janin, dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Bukan sekadar mendengarkan mereka dari rekaman, melainkan langsung dari sang ibu.

Stimulasi dilakukan sedini mungkin, selain ibunya merasa lebih percaya diri pun secara rutin stimulasi akan meningkatkan kesehatan. 

Sentuhan Cinta Johnson’s



Angka kematian bayi sudah menurun, namun belum mencapai target pemerintah. Johnson’s sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya untuk meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta.


Johnson’s melakukan kampanye ke seluruh ibu di Indonesia untuk melakukan sentuhan cinta dengan bayi mereka. Tak hanya di kota-kota besar, Johnson’s pun melakukan kampanye ke daerah-daerah terpencil.

Manfaat Pijatan Bayi



Sedikit mengenai manfaat pijatan sudah saya sebutkan di atas. Sentuhan yang dilakukan melalui ritual pijat bayi akan membantu meningkatkan psikologis bayi, sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun lebih dapat diserap dengan baik. Selain itu, pijatan bayi juga berpengaruh pada kepadatan mineral tulang bayi. 

Sentuhan cinta memberikan pengaruh terhadap sistem saraf- stimulasi sensorik selama memijat. Tentu saja, dengan memijat bayi sendiri ibu pun ikut berkomunikasi dengan si bayi. Perbincangan selama memijat pasti terjadi antara keduanya. 

Pijat bayi pun mengurangi kerewelan bayi dan meningkatkan kesehatan. Dengan dipijat pun bayi akan rileks, layaknya orang dewasa. Dengan begitu, bayi akan tidur lebih berkualitas dan pulas.

Perhatikan Ketika Memijat Bayi



Memijat bayi pun memiliki aturan dan larangan sendiri, lho. Tak hanya langsung memijat semau kita. Ada tata cara dan harus diperhatikan betul, agar tidak salah langkah. 

Larangan Pijat


1# Jangan memijat setelah bayi makan


Memijat bayi pun harus menyesuaikan dengan kondisi si bayi sendiri. Bukan sekadar bagaimana apakah ibunya siap atau tidak. Pun keduanya harus sama-sama dalam kondisi siap. Apabila bayi baru saja menyusu atau selesai MPASI, jangan dipijat dahulu. Tentu saja, bayi masih dalam keadaan kenyang. Ditakutkan bayi akan merasa tidak nyaman dan akhirnya bayi muntah atau mengeluarkan makanan yang sudah masuk.

2# Jangan memijat ketika bayi sakit


Apabila di desa-desa, ketika bayi sakit justru dibawa ke dukun pijat, maka jangan ikut-ikutan seperti itu ya. Jangan memijat bayi ketika dia sedang sakit, meskipun dia sekadar pilek saja. Karena hal ini akan membuat bayi tidak nyaman.

3# Jangan memaksa bayi


Memaksakan bayi untuk pijat pun tidak diperbolehkan. Misalnya, bayi sedang tidur terlelap, jangan dibangunkan untuk pijat. Selain itu, apabila di tengah-tengah pijat bayi rewel atau menangis, hentikan pijatan dan perhatikan bayi memerlukan apa terlebih dahulu. Apabila bayi sudah tenang, bisa dilanjutkan kembali pijatannya.

4# Jangan memijat ketika kuku panjang dan pastikan tangan bersih


Menjaga kuku dan tangan tetap bersih merupakan salah satu hal yang harus ibu lakukan ketika memijat bayi. Perhatikan betul kuku kita, jangan sampai panjang dan akhirnya menyakiti kulit bayi.

Gerakan Pijat Bayi



Memijat bayi pun ada tata caranya sendiri. Ada gerakan yang harus diikuti, agar tidak salah langkah. Ada 6 gerakan pijat bayi, ulang sebanyak 6 kali dengan 8 kali ketukan. 

1|  Wajah : Cares Love, Relax, Circle Down, Smile, Cute.

2| Dada :  Butterfly dan Cross.

3| Perut : Mengayuh, Bulan Matahari, I Love You, Walking Fingers, dan Relax.

4| Tangan/ lengan : Milking (India dan Swedia), Rolling, Squeezing, Thumb After Thumb, Spiral, Finger Shake, dan Relax.

5| Kaki/ tungkai : Milking (India dan Swedia), Squeezing, Thumb After Thumb, Spiral, Finger Shake, Relax.

6| Punggung : Go Back Forward, Slip, Mengayuh, Spiral, dan Menggaruk.


Memijat bayi menggunakan produk terbaik yang ada. Selain memang akan membuat bayi lebih nyaman, pun membuat bayi lebih aman. Tentu saja, ibu juga akan merasakan hal yang sama. Jangan lupa waktu memijat pagi hari usai mandi menggunakan Johnson’s Baby Oil sedangkan menjelang tidur pakai Johnson’s Baby Lotion. Jangan sampai terbalik ya.

You May Also Like

6 comment so far

  1. Baru tahu diacara ini ada larangan tertentu pas pijat bayi.. keren ya mbak..

    BalasHapus
  2. Memang abanyak banget ya manfaat dari memijat si kecil ini

    BalasHapus
  3. Memijat bayi memang harus dengan sentuhan lembut ya Bun

    BalasHapus
  4. Wah seru banget nih bisa ikutan acaranya. Tidak hanya itu, tapi juga mendapatkan ilmu juga

    BalasHapus
  5. Ternyata banyak juga ya larangan saat melakukan pijat pada bayi

    BalasHapus
  6. Itu bayinya boneka ya. Aku kita beneran sih :D

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^