Pola Diet Sehat Alami, 6 Minggu Turun 5kg

by - 13.38


Perempuan mana sih yang tak suka tubuh ramping, berisi, tetapi tetap bebas lemak? Hampir seluruh perempuan di muka bumi ini, yang memiliki tubuh berisi menginginkan hal tersebut. Termasuk di antaranya adalah saya sendiri. Entah sudah berapa macam metode diet yang saya lakukan, mulai dari diet mayo, diet Dewi Hughes, diet OCD, sampai saya pernah mengkonsumsi obat yang membuat jantung saya berdetak kencang. Fiuh.

Hampir seumur hidup saya, berusaha untuk mengurangi angka pada timbangan. Sayangnya, tak ada yang benar-benar berhasil kepada saya. Bukan sekadar karena metodenya salah, tetapi karena saya yang kurang konsisten. Kenapa tidak konsisten? Dietnya menyiksa sekali! Haha. 

Sejak awal tahun lalu, saya menuliskan resolusi tahun 2019 dan salah satunya adalah mengenai hidup sehat, menurunkan berat badan dan lebih rajin berolahraga. Alhamdulillah, pada awal bulan Maret lalu, saya mulai kembali diet dan sudah mendapatkan hasilnya. 

Selama 6 Minggu Diet, Berat Badan Turun 5kg


Saya bergabung dengan salah satu grup diet. Di facebook, ketika kita masuk dalam sebuah grup khusus, akan muncul rekomendasi grup-grup diet lainnya. Nah, saya menemukan grup Diet Sehat Alami berbarengan ketika saya bergabung dengan diet ala Dewi Hughes. Waktu itu, saya masih diet ala Dewi Hughes yang tidak memperbolehkan makan, makanan olahan. Jadi, semua harus alami, tak masalah makan sebanyak apa pun.

Ketika diet ala Dewi Hughes, saya berhasil menurunkan sekitar dua kilo, hingga berat badan saya sampai 53kg. Sayangnya, hal tersebut tak bertahan lama karena saya tidak tahan makan makanan tanpa garam. Yah, kalau tanpa gula saya masih sanggup, tetapi tanpa garam? Ah, tidak. 

Saya pun mencoba Diet Sehat Alami, dalam kurun waktu satu bulan saya berhasil menurunkan berat badan sampai 3kg, hingga akhirnya turun menjadi 5kg dalam satu bulan setengah. Tidak seperti diet ala Hughes yang tawar, Diet Sehat Alami memperbolehkan kita makan dengan “rasa”, bahkan bisa memakai gula dan minyak. 

Diet Sehat Alami (DSA) memperbolehkan makan makanan dengan diolah menggunakan bumbu-bumbu masakan. Bahkan, bagi kamu yang pemula boleh makan nasi. Di sini, hanya mengatur pola makan dan porsi makanan tertentu. Saya pribadi merasa santai melakukan diet ini, dan Alhamdulillah sudah turun 5kg.

Pola Diet Sehat Alami


Setiap metode diet pasti memiliki pola makan masing-masing. Nah, di Diet Sehat Alami pun memiliki pola makan juga. Alhamdulillah, selama mengikutinya pun tidak terasa sedang diet, hanya pola makannya saja yang berbeda.

Sebelum melakukan diet ini, kamu harus benar-benar yakin dan konsisten, agar lebih mudah melakukannya. Dan ingat, kamu akan berpisah dengan makanan manis dan berminyak, yang mungkin selama ini menjadi teman sejatimu.

Sarapan


Untuk sarapan, kamu hanya boleh mengkonsumsi buah segar, tanpa campuran. Bisa saja kamu jus atau buat smoothies, asal tidak pakai gula. Saya biasanya makan pisang, pepaya, atau jambu. Pokoknya, saya makan buah sampai kenyang dan lagi, buah yang saya pilih yang mengenyangkan serta murah.

Makan siang


Untuk makan siang, terserah mau makan apa. Asal bukan makanan yang manis-manis dan terlalu asin, serta tidak mengandung minyak  dan lemak. Dan lagi, makan siang harus makan protein dan sayuran. Terserah kamu mau pakai protein hewani atau tidak. 

Saya pribadi biasanya membuat tumisan kangkung atau yang lainnya, menumisnya dengan satu sendok minyak. Untuk bumbunya bebas, asal tidak berlebihan ya. 

Untuk pemula, bisa makan nasi 4 sendok juga lho. Saya pribadi karena sudah terbiasa makan tanpa nasi, saya pun langsung makan tanpa nasi. Alhamdulillah, tidak ada kendala kelaparan atau badan lemas. Apabila kamu merasa lapar, bisa lho nyemil buah. 

Makan malam


Tak jauh berbeda dengan makan siang, makan malam pun diharuskan makan yang mengandung protein dan sayur-sayuran. Saya biasanya masak untuk dua kali makan, sehingga tidak selalu masak dua kali. Untuk jam makan malam, paling malam hanya sampai jam tujuh malam saja ya.

Sama dengan pola diet lainnya, ada beberapa pantangan yang harus kamu hindari ketika berdiet ala Diet Sehat Alami ini. Kamu tidak diperbolehkan makan makanan yang mengandung tepung; roti, cilok, siomay, dll. Tidak boleh mengkonsumsi santan, gula berlebihan, minum minuman manis dan minuman sachet yang banyak gulanya itu. 

Intinya dalam diet ini,jangan makan makanan berlebih, manis berlebih atau terlalu asin. 

Saya sudah turun 5kg dalam waktu 6 Minggu, saya ingin menurunkan 5-4kg lagi. Mudah-mudahan, ketika lebaran tubuh saya sudah ramping memukau ya, haha.

Ingat, metode diet ini sesuai dengan saya, belum tentu sesuai dengan kamu, ya. Sehingga, dibaca-baca lagi, tubuh menerima seperti apa. Jangan memaksakan diri!

Baiklah, semoga bermanfaat ya, pengalaman saya mencoba diet sehat alami ini! Kalau kurang jelas, bisa bergabung di grup facebook ya.

You May Also Like

3 comment so far

  1. Oke, bisa dicoba habis lebaran. Ngehabiskan lemak setelah lebaran. Hahaha.. *semoga bisa

    BalasHapus
  2. Lumayan gampang,nih. Aku mau 5 kilo juga. Tahap awal ini 3 kilo dl deh, kali aja selama Ramadan lbh cepet. Bismillah, coba

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^