Enaknya Ngapain Ketika Media Sosial Down?

by - 10.26



Seharian kemarin, linimasa riuh dengan adanya informasi mengenai kerusuhan di beberapa daerah. Tentu saja, hal ini terjadi karena politik. Salah satu kubuh mengklaim bahwa ada kecurangan yang terjadi pada pilihan presiden 2019 ini. Bahkan, ustazah saya mengatakan dengan percaya diri bahwa akan ada kecurangan, sebelum pemilihan presiden dilakukan. 

Namun, yang membuat bahan perhatian saya kemarin bukanlah mengenai kerusuhan tersebut, melainkan mengenai keputusan pemerintah yang membatasi akses internet terutama di media sosial.
Sebagai pekerja lepas, saya dan beberapa teman sangat tergantung dengan internet. Mulai dari WhatsApp, Facebook dan instagram sulit berkirim pesan terutama pada fitur mengirim gambar dan video. Pantas saja, ketika salah seorang klien menghubungi saya melalui WhatsApp dan meminta foto KTP, saya kesulitan mengirim foto tersebut. 

Saya perhatikan, ketika saya mengirim file dari komputer, foto tersebut sulit dikirim dan hanya berputar-putar saja. Tapi, ketika saya foto KTP langsung dari WhatsApp, file tersebut terkirim meskipun sulit. 


Saya tahu, pemerintah membatasi akses internet dan media sosial demi kebaikan bersama. Berupaya mencegah berita tidak benar tersebar oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Akan tetapi, hal tersebut merugikan banyak orang yang benar-benar membutuhkan akses internet dan mereka yang menjadikan media sosial ladang mencari keuntungan atau penghasilan. 

Tadi pagi, saya membuka obrolan di grup blogger. Saya tanya, “Kemarin kalian ngapain saja ketika media sosial down?”

Jawaban mereka bermacam-macam, saya tuliskan beberapa di bawah ini. Kemungkinan, internet masih akan dibatasi sampai besok. Jadi, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini sebagai contekan, biar tidak bingung mau ngapain, hehe.

Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Media Sosial Down


Beberapa hal di bawah ini merupakan kegiatan, yang mungkin hanya bisa dilakukan oleh seorang fulltime blogger, yang pekerjaannya memang sangat tergantung dengan koneksi internet. 

1 | Membaca Buku


Banyak buku menumpuk di rak yang belum selesai dibaca, bahkan ada beberapa yang masih terbungkus plastik. Masih teramat baru. Atau mungkin ada bacaan yang sudah bertahun-tahun nangkring, tetapi sama sekali belum tersentuh. Dengan adanya internet down, sulit mengakses media sosial, bisa tuh menyelesaikan bacaan yang belum dibaca. 

2 | Membaca Al-Qur’an


Mumpung di bulan ramadan, sudah saatnya kamu menerapkan one day one juz. Bertepatan dengan diblokirnya beberapa media sosial, bisa dijadikan kesempatan untuk membaca surah-surah dari-Nya. Selain membaca al-qur’an, kamu juga bisa beribadah dalam hal lain. Misalnya dengan menambah amalan sunnah-sunnah, demi menyempurnakan yang wajib.

3 | Menyelesaikan Draft/Menulis


Sebagai seorang bloger dan penulis, pasti banyak hal yang bisa dilakukan meskipun tanpa akses internet. Kamu bisa memulai dengan menyelesaikan draft atau membuat tulisan baru. Seperti saya saat ini, menulis mengenai apa yang bisa dilakukan ketika internet mati dan kita kembali ke zaman tanpa adanya akses internet.

4 | Bersosialisasi


Kapan terakhir kali kamu mengobrol dengan tetanggamu? Kesempatan ketika media sosial tidak bisa digunakan, kamu bisa bersosialisai bersama tetangga, teman atau silaturahmi ke rumah teman yang sudah lama tak bertemu. Bisa jadi, dengan pertemuan tersebut akan ada obrolan yang bergizi. 

Nah itu beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika internet dibatasi dan media sosial sulit diakses. Banyak hikmah dalam setiap kejadian. Jadi, ketika internet dibatasi kemarin, apa yang kamu lakukan?

pic taken from pexels.com

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^