Manfaat Internet Exchange Point

by - 14.39


Manfaat Internet Exchange Point  - Di zaman yang sekarang ini, mungkin sangat sulit bagi kita untuk menjauh diri dari dunia gawai, apalagi kalau kita coba mengingat masa di mana waktu itu internet pertama kali ada, sangat sulit bukan ketika mengaksesnya dengan cepat untuk mengirim data lewat email dengan lampiran sebesar kurang dari 1 MB saja sudah memakan waktu lama. Kalau kita kembali ke masa lalu di mana ketika Indonesia belum ada teknologi dan kita bayangkan masa yang dulu terjadi di masa sekarang. Perasaan kesal, khawatir, resah, semuanya pasti terjadi, karena akses internet yang sangat sedikit dan lamban. Sedangkan diri kita sangat memerlukannya apalagi di masa sekarang yang semuanya serba teknologi, mulai dari bertukar foto, hingga mengirimkan berkas-berkas penting, atau juga video call.

Namun, hal semacam itu tidak perlu kamu khawatirkan. Karena, Internet Service Provider yang sudah ada di Indonesia sudah disediakannya IXP kecepatan kita dalam mengakses internet. Fasilitas fisik yang akan memudahkan para warganet Indonesia untuk bertukar traffic dalam satu lingkup. Berikut akan dipaparkan beberapa manfaat dari internet exchange point.
1 | Kesempatan akses internet yang meningkat karena sudah memiliki IXP sendiri. Maka, biaya keluar negeri selain murah juga bisa ditekan bahkan gratis, fantastis bukan? Dulunya sebelum memiliki IXP sendiri penyedia jasa layanan harus memutar traffic lewat pihak ketiga yang ada diluar negeri.

2 | Keuntungan berikutnya yang bisa kita rasakan adalah semakin singkatnya jarak rute jaringan. Sebagai dampaknya penyedia layanan internet juga memiliki tanggung jawab memegang kendali yang lebih terhadap routhing. Hal ini, sangat baik sekali terutama pada pengelolaan sumber daya yang nantinya akan semakin baik serta dapat dikendalikan dengan mudah. Setiap orang pasti ingin mempersingkat panjangnya jalur akses data ketika saling bertukar traffic. Maka, yang perlu dilakukan adalah cukup bergabung diruang lingkup IXP layanan internet sudah bisa teratasi.

3 | Manfaat lainnya adalah bandwith yang mampu memiliki kapasitas lebih besar, bahkan jika kita trus menerus menggunakan internet, kapasitas bandwithpun tetap akan semakin besar apabila kita mencoba untuk bandingkan dengan internet yang jarang digunakan. Untuk kamu para pengguna bandwith yang terkadang menuntut kapasitasnya agar lebih besar kini tidak perlu dikhawatirkan lagi. Karena IXP dapat mencukupi para warganet yang ingin menjalankan aplikasi-aplikasi internet dalam penggunaan bandwith cukup besar. Dengan besarnya kapasitas bandwith yang dimiliki maka membuat performa jaringan internet akan lebih stabil dan baik baik ketika didalam maupun diluar negeri. Meski bisa dikatakan belum terlalu banyak orang yang mengenal betul apa itu internet exchange point (IXP), tapi manfaatnya sudah terasa didunia yang canggih dengan serba digital ini.

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^