Menghitung Kontribusi Freeport Indonesia untuk Indonesia

by - 16.14



Sudah 50 tahun lebih salah satu perusahaan pertambangan terkemuka di dunia; Freeport telah mengklaim bahwa sudah memberikan banyak kontribusi untuk Indonesia, khususnya rakyat Papua. Tentunya, kehadiran Freeport yang dalam perjanjian kerja sama dengan Indonesia telah ditanda tangani oleh presiden ke-2 yakni Bapak Soeharto 5 April 1967.

Telah banyak hal dampak yang diberikan oleh Freeport Indonesia terhadap Indonesia, entah itu sumbangsinya dalam lapangan pekerjaan, untuk pemerintahan sendiri berupa pajak, royalti, pembangunan dalam negeri, investasi, dll. Tentu, yang paling terasa dan merasakannya adalah rakyat Papua, di mana mereka mendapatkan pekerjaan di Freeport Indonesia.

Dari sisi pembangunan, manajemen Freeport Indonesia pun memberikan sumbangsi dalam membangun Indonesia, khususnya warga Papua. Tentu, meskipun banyak yang pro-kontra dengan Freeport Indonesia, tetapi tak bisa kita pungkiri bahwa perusahaan yang sudah berdiri selama 53 tahun ini telah memberikan banyak kepada Indonesia serta merupakan perusahaan yang memiliki investasi tinggi untuk Indonesia.


Industri pertambangan merupakan industri yang cukup rumit. Tak hanya dilihat dari sisi risikonya saja, pun mengenai tantangan serta masalah-masalah yang akan dihadapi. Banyak faktor yang mempengaruhi dari pertumbuhan perusahaan pertambangan. Dilihat dari biayanya yang cukup besar, pun risiko ketidakberhasilan pun sangat besar. Dengan kata lain, kerugian bisa sangat tinggi. 

Namun, setiap usaha pasti mengalami kerugian, pasang surut lautan. Seperti itulah apabila kita telah terjun dalam usaha, harus memutar otak setiap hari, agar tidak kalah saing, tidak merosot dan harus cenderung meningkat. Jika tidak, selamat tinggal ~

Perusahaan yang berkecimpung dalam dunia tembaga, emas dan perak itu, pada tahun lalu mendapatkan apresiasi karena mencapai kemajuan penting dalam persiapan tambang bawah tanah untuk masa mendatang. Sisten jalur kereta pengakutan bijih bawah tanah  yang canggih serta infrastruktur  yang  diperlukan  bagi  kegiatan  tambang  bawah  tanah  telah  dibangun.

Kontribusi Freeport untuk masyarakat Papua berupa lapangan pekerjaan, pun dalam hal pendidikan juga, lho. Nah, di bawah ini merupakan sumbangsi Freeport untuk negeri Indonesia. Khususnya, untuk masyarakat di Papua.

1 | Pelatihan Profesi

Demi meningkatkan sumber daya manusia, Freeport Indonesia mengadakan pelatihan profesi untuk suku di kawasan Freeport. Tak sembarangan lho, dalam pelatihan ini. Masyarakat dilatih sesuai dengan kurikulum yang ada, serta disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan di Freeport Indonesia. Sehingga, siswa yang sesuai akan mendapatkan pekerjaan di Freeport Indonesia maupun di perusahaan pertambangan lainnya.

2 | Melatih untuk Menjadi Pengusaha

Salah satu kemampuan atau skill yang diajarkan dari Freeport Indonesia yakni menjadi pengusaha. Meskipun banyak dari mereka yang lulusan perguruan tinggi, tetapi belum benar-benar menguasai ilmu bisnis. Untuk itu, Freeport Indonesia memberikan program kepada masyarakat untuk mempelajari bisnis lebih dalam.

3 |Mendirikan Sekolah

Freeport Indonesia pun memberikan sumbangsinya dalam bidang pendidikan anak-anak di Papua. Mereka mendirikan sekolah dan asrama untuk anak-anak. Freeport Indonesia, memastikan sekolah serta asrama yang didirikannya, terdapat fasilitas yang memadai serta pendidikan yang baik.

4 | Pembangunan Infrastruktur

Tak hanya dalam bidang pendidikan, Freeport Indonesia pun andil dalam pembangunan di Papua. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur berupa fasilitas umum yang bisa digunakan oleh masyarakat Papua. 

Tentunya, kontribusi Freeport Indonesia untuk masyarakat (kita) khususnya masyarakat Papua, tak hanya itu. Masih banyak lagi. Terkadang, kita melihat sisi buruk dari segala hal, kenapa tidak melihat sisi baiknya? Siapa tahu, sisi positifnya lebih banyak daripada buruknya.

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^