Aplikasi GDM Agri Solusi untuk Petani dan Pembeli

by - 20.54




Beberapa tahun silam, saya menjumpai sebuah video di linimasa mengenai seseorang yang membuang hasil panen tomat (kalau tidak salah ingat) ke sungai, lantaran tomat-tomatnya tidak laku atau kalaupun laku dengan harga sangat murah. Saya menyebutnya murah di sini, tentu tidak bisa menutupi dana yang digunakan pada masa penanaman serta perawatan. Begitulah kehidupan petani. Harus tahu, kapan harus menanam jagung, padi, atau cabai. Karena, kalau tidak tepat, maka pada masa panen akan mendapatkan harga tidak sesuai.

Namun ketika saya menyaksikan video yang viral di linimasa tersebut, banyak komentar yang ingin membeli hasil panennya. Tentu saja, orang-orang tersebut jauh dari daerah yang bersangkutan atau tidak tahu harus ke mana mengutarakan keinginannya, maka mereka sekadar berkomentar. Sayang ya, padahal apabila petani menemukan pasar yang tepat kejadian semacam itu tidak akan terjadi.

E-commerce Agribisnis GDM Agri Menghubungkan Petani dan Pembeli



Saya baru tahu bahwa ada aplikasi yang khusus untuk menjual hasil panen maupun peternakan. Tentunya, ini informasi yang sangat bagus sekali untuk disampaikan kepada kamu. Untuk itu, saya kemarin hadir dalam acara Grand Launching E-commerce Agribisnis GDM Agri yang diadakan di salah satu mal di Surabaya.

E-commerce Agribisnis GDM Agri merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Graha Alam Sempurna. Aplikasi berbasis android ini diharapkan bisa menjadi peluang untuk petani dalam mencapai pasarnya dengan cepat dan tepat. Singkat cerita, aplikasi ini bertujuan untuk menghubungkan petani dan pembeli secara langsung. Agar petani bisa mendapatkan keuntungan dari hasil panen dengan cepat dan sesuai. Begitu juga dengan pembeli, agar tidak kesulitan mencari hasil panen yang tepat dan sesuai harga. 

Pada dasarnya, pertanian di Indonesia akar permasalahannya bukan pada budidaya,melainkan pada pasar. Pada panen raya petani terkadang bingung akan menjual ke mana. Yah, kita tahu ketika panen raya produk sejenis pasti banyak yang panen dan tentunya, petani berebut pelanggan. Apabila petani menemukan pasar yang tepat, tentunya mereka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, aplikasi ini hadir untuk kita semua. 

Mengapa GDM Agri?



Tentunya, setiap produk atau aplikasi memiliki kelebihan yang bisa kita pertimbangkan untuk mengunduhnya. Sebagai informasi, aplikasi ini masih dalam tahap perkembangan yang mungkin nantinya akan lebih baik lagi. 

Di bawah ini merupakan kelebihan dari GDM Agri

1 | Gratis


Aplikasi ini tidak berbayar, GDM Agri bisa diunduh secara cuma-cuma oleh petani maupun pembeli tanpa ada biaya apa pun. Ketika bertransaksi pun, tidak ada biaya admin. Jadi, petani dan pembeli diberikan kebebasan dalam bertransaksi.

Di dalam aplikasi terdapat fitur chat, yang menghubungkan petani dan pembeli secara langsung. 

2 | Praktis


Akun pembeli maupun penjual tidak dibedakan, sehingga sangat praktis mau jadi pembeli maupun penjual di GDM Agri. Petani dan pembeli bisa bertemu secara langsung, secara pribadi.

3 | Cepat dan Up To Date


Petani bisa menjual produknya, bahkan sebelum panen. Dengan fitur update seperti di Facebook petani bisa menawarkan produknya sebelum panen tiba, sehingga ketika sudah panen petani bisa langsung menjual produk terbaiknya.

Fitur yang disajikan dalam aplikasi ini pun cukup lengkap, kamu bisa mencari produk yang ingin kamu cari dengan menu search. Selain itu, kamu juga bisa memilih request product apabila produk yang kamu inginkan belum tersedia. Nah, untuk petani atau penjual dengan penjualan bagus ketika transaksi akan masuk menu produk pilihan.

E-commerce GDM Agri akan terus dikembangkan sehingga ke depannya dapat lebih memfasilitasi petani maupun pembeli dengan baik. Semoga, dengan adanya aplikasi ini benar-benar bisa membantu petani Indonesia untuk lebih baik lagi ya. Aamiin.

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^