Daftar Sekolah Vokasi di Indonesia Terbaik Menurut Data Kemenristekdikti

by - 15.19


Pendidikan vokasi adalah sistem pendidikan tinggi yang lebih mengarah kepada penguasaan keahlian terapan khusus. Pendidikan vokasi terdiri dari program pendidikan Diploma 1 / D1, pendidikan Diploma 2 / D2, pendidikan Diploma 3 / D3 dan Diploma 4 / D4. Lulusan pendidikan vokasi akan memperoleh gelar vokasi seperti, Ahli Pratama / A.P, Ahli Muda / A.Ma., Ahli Madya / A.Md. dan lainnya. Berikut ini merupakan daftar sekolah vokasi di Indonesia yang terbaik yang dihimpun berdasarkan data dari Kemenristekdikti. 

7 Sekolah Vokasi di Indonesia Terbaik 


1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 



Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau PENS merupakan sekolah vokasi di Indonesia yang terletak di Kampus ITS Sukolilo, Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau PENS mempunyai banyak program studi yang terbagi ke dalam beberapa departemen atau jurusan. Departemen tersebut adalah Departemen Teknik Elektro, Departemen Teknik Informatika dan Komputer, Departemen Teknik Mekanika dan Energi, Departemen Teknik Multimedia Kreatif dan Departemen Program Pendidikan Jarak Jauh atau PJJ. 

2. Politeknik Negeri Bandung

Politeknik Negeri Bandung atau POLBAN merupakan sekolah vokasi perguruan advokasi tepatnya di Kota Bandung, Jawa Barat. Gedung inti berada di Jalan Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Parongpong, Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. POLBAN menawarkan berbagai jurusan yang terbagi ke dalam 2 kelompok yakni rekayasa/teknik dan tata niaga. Untuk Kelompok Rekayasa ialah, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Konversi Energi, Teknik Refrigerasi dan Tata Udara, Teknik Elektro, Teknik Kimia dan Jurusan Teknik Komputer dan Informatika. Untuk Kelompok tata niaga diantaranya adalah Akuntansi, Administrasi Niaga dan Jurusan Bahasa Inggris. 

3. Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang atau Polinema merupakan institusi pendidikan vokasi di Malang, Jawa Timur. POLINEMA menyediakan berbagai macam jurusan dan program studi di bidang rekayasa ataupun tata niaga, yaitu 7 jurusan dengan 29 program studi pilihan berisi 12 program studi Diploma IV Sarjana Terapan, kemudian 12 program studi dengan tingkat Diploma III, 3 program studi Diploma III PSDKU yang bertempat di Kediri serta 2 program studi Magister Terapan. POLINEMA pun menyediakan kelas Internasional pada 5 Program Studi. Berbagai jurusan tersebut diantaranya adalah Jurusan teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik sipil, akuntansi, teknologi informasi dan administrasi niaga. 

4. Politeknik Negeri Semarang 



Politeknik Negeri Semarang atau POLINES juga merupakan salah satu sekolah vokasi di Indonesia. Sekolah ini berdiri dengan bantuan Bank Dunia berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 03/Dj/Kep/1979 dan menawarkan pendidikan vokasi. Kampus Polines terletak di Jl. Prof. H. Soedarto S.H., Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275. Jurusan yang ada di POLINES ialah Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi dan Administrasi Bisnis yang masih terbagi menjadi 24 program studi. 

5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh merupakan sekolah vokasi di Indonesia yang berada di Provinsi Sumatera Barat, di Kabupaten Lima Puluh Kota. POLITANI PAYAKUMBUH ini membuka pendidikan khususnya terfokus pada bidang ilmu pertanian. Sekarang, POLITANI PAYAKUMBUH memiliki 3 jurusan yaitu Jurusan Teknologi Pertanian, Jurusan Budidaya Tanaman Pangan dan Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan dengan 10 program studi. 

6. Politeknik Negeri Ujung Pandang

Politeknik Negeri Ujung Pandang atau PNUP merupakan sekolah vokasi di Indonesia dan berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Politeknik ini mempunyai 2 buah kampus, yakni Kampus I Tamalanrea dan Kampus II BTP. Kampus I terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10, sementara Kampus II berada di Jl. Tamalanrea Raya (BTP). Politeknik Negeri Ujung Pandang terdiri atas 6 jurusan yakni Jurusan Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Akuntansi dan Administrasi Bisnis, yang terbagi menjadi 22 program studi dan 1 kelas kerja sama. 

7. Politeknik Negeri Jakarta



Politeknik Negeri Jakarta atau PNJ adalah perguruan tinggi negeri yang berada di daerah Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Indonesia. Tepatnya berada di Jl. Prof. DR. G.A. Siwabessy, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424. Politeknik Negeri Jakarta mempunyai 8 jurusan yakni, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika dan Komputer, Teknik Grafika dan Penerbitan, Akuntansi, Administrasi Bisnis dan Manajemen Pemasaran dengan lebih dari 40 program studi. 

Sekian, ulasan mengenai daftar sekolah vokasi di Indonesia terbaik dari Kemenristekdikti. Mau tau lebih tentang perguruan tinggi vokasi atau berbagai macam pendidikan vokasi lainnya? Cek terus informasi terkini dari CekAja.com ya. 

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^