5 Negara dengan Biaya Kuliah Kedokteran Termurah Kualitas Pendidikan Terbaik

by - 14.54



https://www.cekaja.com/info/7-negara-dengan-biaya-kuliah-termurah/

Dokter adalah sebuah profesi yang mulia dan banyak dicari di Indonesia. Dengan jumlah penduduk yang kian banyak, Indonesia memerlukan banyak tenaga dokter khususnya wilayah luar Pulau Jawa. Namun, biaya kuliah kedokteran yang lebih tinggi dari jurusan lainnya menyebabkan banyak calon mahasiswa mengalami masalah. Apalagi, jika universitas luar negeri. Namun ternyata, dari sekian banyak universitas luar negeri, ternyata masih ada yang menyediakan jurusan kedokteran murah tapi tetap berkualitas. Simak beberapa negara dengan biaya kuliah kedokteran termurah dan memiliki kualitas pendidikan terbaik berikut ini! 

Daftar Negara dengan Biaya Kuliah Kedokteran Termurah


1. Jerman 



Negara dengan biaya kuliah kedokteran termurah yang pertama adalah Jerman. Pasalnya, Jerman menjadi negara bagian Uni Eropa yang menawarkan subsidi penuh pada sektor pendidikan tinggi, termasuk jurusan kedokteran. Inilah yang menjadikan biaya universitas kedokteran di Jerman sangat murah yakni hanya perlu membayar 2,4 juta rupiah per semester di Universitas Heidelberg. 

Di sini, biaya kuliah itu sama untuk segala jenis atau kelompok pengetahuan. Apalagi di tahun kedua, mahasiswa dapat beasiswa sehingga biaya kuliahnya bisa gratis. Bahkan banyak pula para alumni Jerman dari Lembaga Alumni Eropa/LAE Jakarta yang bisa kuliah sambil bekerja di Jerman sehingga dapat mencukupi kehidupannya sendiri tanpa bergantung lagi pada orang tua. 

2. Turki

Selanjutnya adalah negara Turki. Pendidikan kedokteran di Turki bisa memiliki biaya yang murah karena pemerintah yang menyediakan subsidi besar untuk berbagai perguruan tinggi negeri di negaranya. Dengan subsidi besar tersebut, mahasiswa dari luar Turki pun ikut merasakan keuntungannya. Untuk jurusan kedokteran di salah satu perguruan tinggi negeri Turki hanya sekitar Rp 6-7 juta per semester. 

Selain itu, Pemerintah Turki juga memberikan subsidi biaya makan. Biaya makan yang telah bersubsidi di kampus mahasiswa sekitar Rp 8.000 sekali makan dengan menu makanan lengkap. Ada juga subsidi untuk transportasi publik dan lainnya. Berbagai subsidi ini membuat mahasiswa asing di Turki layaknya diberi beasiswa karena biaya pendidikan dan hidupnya sangat terjangkau.

3. Italia



Biaya kuliah di Italia lebih rendah dibandingkan beberapa negara lain di Eropa. Oleh karena itu, Italia juga termasuk ke dalam negara dengan biaya kuliah kedokteran termurah. Institusi pendidikan tinggi di Italia menentukan biaya kuliahnya sendiri, tapi untuk kasus pendidikan universitas, terdapat biaya minimum yang legal untuk pendaftaran dan biaya maksimum untuk kontribusi siswa, yang tidak boleh melampaui 20% dari dana negara. 

Umumnya, biaya kuliah pendidikan tinggi di Italia ialah sekitar € 850-1.000 per tahun, bergantung universitas dan program studinya. Terdapat banyak dana dan beasiswa untuk siswa yang ingin belajar di Italia. Ada sejumlah beasiswa yang tidak hanya memberi biaya kuliah, tapi juga biaya hidup. Beasiswa dan pendanaan seringkali terbatas hanya ditawarkan kepada siswa menurut prestasi, usai proses penilaian sebelumnya.

4. India 

India tergolong negara dengan biaya kuliah kedokteran termurah selanjutnya. Selain itu, India juga merupakan salah satu negara terbaik pada bidang Ilmu Kedokteran. Biaya pendidikan di India relatif lebih terjangkau, karena pemerintah India menyetujui bahwa hak pendidikan adalah hak konstitusional yang fundamental. Untuk mewujudkannya, pemerintah India membuka pendidikan berharga murah, bahkan hadir beasiswa untuk masyarakat yang kurang mampu nan berbakat untuk studi S1 dan S2. 

5. Republik Ceko



Mahasiswa yang bisa berbahasa Ceko akan diberi kesempatan belajar ke luar negeri secara gratis di Republik Ceko di universitas publik. Bagi yang hendak kuliah ke jurusan kedokteran, dapat mencoba daftar ke Universitas Teknis Ceko/CTU. CTU merupakan salah satu universitas spesialis utama di Republik Ceko dan juga tergolong ke daftar universitas yang diakui seluruh dunia. 

Biaya kuliah tahunan untuk siswa internasional hanya membayar sekitar € 5000 atau 77,680,837.75 Rupiah untuk gelar doktor di Fakultas Ilmu Nuklir dan Teknik Fisik. Biaya hidupnya pun lebih murah dibandingkan negara lain di Eropa Barat, yaitu sekitar US $ 350-750 atau Rp 5.045.950-10.812.750 per bulan. Oleh karenanya, Republik Ceko termasuk negara dengan biaya kuliah kedokteran termurah dengan kualitas terbaik yang bisa dipilih. 

Itulah 5 negara dengan biaya kuliah kedokteran termurah dengan kualitas pendidikan terbaik. Mau tau lebih banyak tentang negara dengan biaya kuliah termurah di dunia atau berbagai jenis biaya murah di negara lainnya? Simak terus informasi terbaru dari CekAja.com ya. 

https://www.cekaja.com/info/7-negara-dengan-biaya-kuliah-termurah/

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^