Pedoman Cara Hemat Kuota Internet Untuk Pemakaian Sehari-hari


https://www.cekaja.com/info/tips-cara-menghemat-kuota-internet-agar-tidak-cepat-habis/

Perkembangan teknologi dan dunia digital membuat penggunaan internet menjadi suatu hal yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Rasanya, hampir seluruh kegiatan sehari-hari menggunakan internet untuk membantu meringankan pekerjaan yang dilakukan. Dengan tingginya penggunaan ini, tidak heran jika kuota internet menjadi hal yang sering mudah habis. Lalu, bagaimana cara hemat kuota internet yang bisa dilakukan agar dalam penggunaan sehari-hari dapat menghemat pengeluaran? 

Cara Hemat Kuota Internet dengan 7 Langkah Ini 


1. Pakai Fitur Chrome Data Saver Saat Searching

Makemac.grid.id
Apabila pengguna memakai aplikasi Chrome browser untuk searching, maka pengguna dapat memotong pemakaian kuota internet dengan mengaktifkan fitur Data Saver. Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat mengaturnya ke menu Settings, lalu klik Data Saver dan klik ON. Fitur ini akan mengompres data pengguna sampai 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android pengguna.

2. Batasi Pemakaian Mobile Data dan Aktifkan Mode Peringatan

Cara hemat kuota internet yang bisa dilakukan berikutnya adalah dengan mengaktifkan fitur data usage warning dan limit system yang built-in di setiap HP Android. Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk memberikan peringatan ketika pemakaian data sudah melampaui batas. Untuk mengaktifkannya, pengguna dapat masuk ke Settings, lalu Data usage, kemudian Cellular data, setelahnya aktifkan mode Set cellular data limit.

3. Batasi Pemakaian Data di Setiap Aplikasi

Bukan hanya Opsi Android Data Usage yang berperan sebagai cara untuk membatasi pemakaian data untuk sebuah aplikasi. Sejumlah aplikasi mempunyai opsi sinkronisasi dan opsi datanya sendiri. Pengguna dapat mengaksesnya melewati menu setting di aplikasi tersebut. Misalnya, Google Photos, pengguna dapat masuk ke menu Settings, setelah itu Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

4. Batasi Pemakaian Data di Background dengan Cara Restrict Background Data



Jika sudah dianggap sangat boros kuota data, salah satu cara hemat kuota internet adalah dengan menghentikan pemakaian data di background. Untuk membatasinya, pengguna dapat masuk ke menu Settings, lalu ke Data Usage, sentuh tiga garis vertikal di kanan atas, kemudian Restrict background data, terakhir klik OK. Cara ini akan memotong aplikasi yang memakai data ketika pengguna berjalan di background, tapi kendalanya adalah notifikasi pengguna akan datang terlambat. 

5. Aktifkan Pilihan Airplane Mode

Cara hemat kuota internet yang cukup ampuh selanjutnya adalah dengan mengaktifkan pilihan mode airplane. Ketika mode ini aktif, otomatis semua sambungan jaringan mulai dari jaringan seluler maupun paket data, internet, Wi-Fi, bluetooth dan lainnya akan dimatikan. Metode ini akan dapat membuat hemat data handphone. Cara mengaktifkan mode ini adalah dengan menarik status bar handphone atau dengan menarik layar handphone dari atas sampai tampak beberapa komponen seperti bluetooth, GPS dan sebagainya. Sentuh ikon pesawat untuk mengaktifkan mode airplane.

6. Pastikan Update Aplikasi Hanya Saat Terkoneksi dengan WiFi Saja

Apabila pengguna memakai aplikasi dari Google Play Store, maka HP akan meng-update secara otomatis aplikasi yang sudah terinstal. Update yang dilakukan aplikasi terkadang menghabiskan kuota cukup besar, hal ini tentu saja akan membuat kuota boros. Untuk mengatasinya, dapat aktifkan pilihan Wifi only. Aplikasi hanya akan meng-update datanya ketika HP terhubung dengan WiFi. Untuk menggunakan cara hemat kuota internet yang satu ini, pengguna bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings, lalu Auto-update apps, klik Auto-update apps over WiFi Only.

7. Instal Aplikasi Penghemat Data



Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk menghemat kuota adalah Datally. Cara pemakaian aplikasi ini terbilang cukup mudah yaitu, pertama install aplikasi Datally melalui Google Play, kemudian ada pilihan Save mobile data di bagian bawah tampilan, tap ikon gembok untuk mengaktifkan penghemat data, lalu penghemat data pun sudah aktif. Hal ini dibuktikan dengan tulisan yang berubah menjadi Data saver is on di bagian bawah tampilan. 

Demikian, beberapa tips dan cara hemat kuota internet sukses paling ampuh. Mau tahu lebih banyak tentang hemat kuota internet atau tips-tips hemat kuota lainnya? Simak terus informasi terkini dari CekAja.com ya. 

https://www.cekaja.com/info/tips-cara-menghemat-kuota-internet-agar-tidak-cepat-habis/

1 komentar:

  1. susah ngatur pengeluaran paket internet ini ,hehehe. mengatur keuangan tambah njelemet

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.