Drama Korea When The Weather is Fine – I Will Find You

by - 16.38



Saya sangat jarang menuliskan review film, apalagi Drama Korea yang saya tonton. Hampir tidak pernah. Bahkan, ketika saya benar-benar menyukai drama Korea Crash Landing On You, saya tidak tergelitik bahkan niat pun tak ada untuk menuliskannya dalam blog pribadi saya.

Namun, menonton drama terbaru di bulan Maret ini, yang berjudul When The Weather is Fine, saya ingin menuliskannya. Bahkan, saya sudah menulis review singkat di akun media sosial saya. Padahal, banyak orang yang mengatakan drama ini membosankan dengan alur yang teramat lambat. Tapi, bagi saya, tidak. Hingga episode ke-6 minggu ini, saya sangat menyukainya.

Dalam artikel ini, saya tidak akan menjaga kerahasiaan film. Saya akan menuliskan apa adanya yang ingin saya tulis dan mungkin termasuk spoiler. Berhenti membacanya sekarang, kalau kamu sangat benci spoiler. Hhe~

Drama ini bercerita mengenai Hae Won yang merupakan seorang guru musik di kota. Dia sedang lelah dengan kehidupannya, sehingga mengambil cuti dan memutuskan pulang ke kampung halamannya, tempat dia dibesarkan. Di kampung tersebut merupakan rumah neneknya yang sudah meninggal dan ditinggali oleh bibinya. Rumah tersebut bernama Rumah Hodu, yang dulunya merupakan sebuah penginapan, sebelum akhirnya bibinya menutup tempat tersebut.

Di desa tersebut ada sebuah rumah yang dijadikan toko buku, yaitu toko buku Good Night. Pemilik toko buku tersebut adalah Eun Seop, yang merupakan teman semasa SMA Hae Won, yang belakangan diketahui ternyata menyukai Hae Won sejak SMA. 


Alur Maju Mundur dan Cerita Membumi


Drama Korea ini memakai alur maju mundur, pada setiap episodenya akan ada kilas balik masa lalu Hae Won maupun Eun Seop. Di mana kilas balik tersebut kebanyakan semasa sekolah mereka. Alurnya yang sangat halus, membuat banyak orang bosan, tetapi tidak dengan saya. Saya menyukai drama Korea semacam ini, seperti ketika membaca novel roman. Menikmati setiap momennya.

Kisah yang disajikan pun sangat sederhana dan sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Ditambah lagi, cerita ini mengangkat kisah Eun Seop yang sangat menyukai buku sejak SMA, ada adegan di mana dia selalu membaca buku.

Toko Buku Good Night dan Klub Buku



Diceritakan dalam salah satu episode kenapa Eun Seop memberikan nama toko bukunya “Good Night”. Dia beralasan, toko buku tersebut untuk orang-orang yang kesulitan tidur di malam hari, termasuk dirinya. 

Pada kenyataannya, toko buku ini sepi pembeli. Ada kejadian yang mengharuskan Hae Won menumpang di rumah Eun Seop (menjadi satu dengan toko buku) selama beberapa hari dan Hae Won pun mengambil pekerjaan sambilan di tempat tersebut. Tak satupun pelanggan datang. Eun Seop bercerita, bahwa memang toko buku miliknya sepi pembeli dan hampir tak ada pelanggan. Tapi, dia juga menjual buku-bukunya melalui daring.

Setiap pekan, toko buku ini mengadakan pertemuan dengan orang-orang pecinta buku di desa tersebut. Nah, setiap episodenya, selalu ada adegan mereka membaca buku dan diikuti kisah-kisah dalam drama tersebut. Pada saat itu, hati saya menghangat. Sangat menyenangkan. Seakan-akan kisah dalam buku tersebut, mewakili adegan dalam drama When The Weather is Fine. 

Pengambilan Gambar dan Musik yang Pas


Saya sangat menyukai bagaimana cara Eun Seop menunjukkan perasaan cintanya pada Hae Won; membelikan Hae Won sepatu tanpa mengatakan alasannya, mengantar Hae Won pulang dengan membawa senter, mengganti lampu jalan di dekat rumah Hae Won yang mati. Dia merupakan lelaki pendiam yang belum memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaannya. Sedangkan Hae Won, merupakan perempuan yang memiliki karakter berterus terang. 

Pengambilan gambar yang halus, seperti ketika dedaunan yang tertiup angin, hujan, pergerakan kaki, dan hal-hal manis lainnya. Begitu pula musik yang menjadi latar belakang drama ini.

Setiap Episode Memiliki Judul yang Manis dan Adaptasi dari Buku


Pada setiap episode memiliki judul yang manis. Nampaknya, beberapa dikutip dari judul novel atau buku. Saya suka sekali dengan pemilihan judul mereka dan saya juga menyukai desa tempat mereka mengambil gambar.

Saya sempat iseng mencari judul drama Korea ini dan menemukan fakta menarik. Ternyata, drama Korea ini adaptasi dari buku dengan judul “I Will Go To You, When The Weather is Fine” karya Lee Do Woo.

Kemarin, saya baru menuntaskan episode 6, di mana akhir ceritanya sungguh membuat saya puas. Ada kehadiran lelaki lain, selain Eun Seop dalam cerita tersebut. Lelaki itu merupakan lelaki yang juga menyukai Hae Won. Tapi, sungguh kehadirannya hanya untuk membuat Hae Won menyadari perasaannya terhadap Eun Seop.

Saya tak sabar menunggu episode selanjutnya, yang akan tayang setiap hari Senin dan Selasa setiap pekannya.

Pemeran Drama Korea When The Weather is Fine


  • Park Min Young (Mok Hye Won)
  • Seo Kang Joon (Im Eun Seop)
  • Moon Jeong Hee (Shim Myung Yeo)
  • Lee Jae Wook (Lee Jang Woo)
  • Lee Se Mi (Kim Bo Young)
  • Kim Hwan Hee (Im Whi)
  • Lee Tae Hyung (Baek Geun Sang)
  • Choo Ye Jin (Kwon Hyun Ji)
  • Lee Sun Hee (Choi Soo Jung)
  • Han Chang Min (Jung Seung Ho)

 


Bagaimana? Apakah kalian juga menonton drama Korea When The Weather is Fine?

 

You May Also Like

3 comment so far

  1. Aku nonton, baru episode pertama tapi :D
    Dan review ini manis, semanis dramanya.

    BalasHapus
  2. Aku selesai menonton drama ini sampai episode 16. Suka banget karena banyak adaptasi cerita dari novelnya barangkali makanya ga kayak drama biasa. Meskipun alurnya lambat, aku cuma skip skip di satu episode belasan, selebihnya oke-oke aja. Agak miris ya sama kisah keluarganya Hye Won, tapi semua konflik akhirnya diselesaikan dengan baik...

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^