Persiapan Umat Muslim Menjelang Bulan Ramadan

by - 11.31



Tak terasa bulan ramadan tinggal menghitung hari, meskipun dalam keadaan tidak sepenuhanya aman disebabkan oleh covid-19, tentunya tidak menyurutkan semangat dalam mencari keberkahan di bulan suci ramadan tahun 2020 ini. Bagi saya, bulan ramadan akan tetap sama, ada tidaknya covid-19. Meskipun, akan ada hal-hal yang pasti berubah, serta kemungkinan-kemungkinan akan terjadi. 

Apa sih persiapan yang kalian lakukan demi menyambut bulan suci ramadan? Tentunya, banyak ya. Sebab, bulan tersebut merupakan bulan besarnya umat muslim. Tak hanya di Indonesia, tetapi seluruh umat muslim di dunia pasti melaksanakannya dan merayakannya. Termasuk saya tentunya.

Di bawah ini merupakan persiapan yang akan saya lakukan, demi menyambut datangnya bulan suci ramadan dan hari raya kelak. Tradisi dan lebaran, tidak bisa dipisahkan ya. Hehe.


Hal-hal yang Dilakukan untuk Menyambut Bulan Suci Ramadan

1 | 1 Day 1 Juz

Sebelum bulan puasa tiba, hal pertama yang saya pikirkan yakni mengenai tilawah harian. Tentunya, harus ada target agar bisa sebulan puasa bisa khatam alquran. Terutama, untuk saya yang baru memulai belajar membaca alquran ini. Lagi semangat-semangatnya. Saya akan membuat jadwal serta target untuk mencapai keinginan saya di bulan ramadan dalam tilawah alquran. Tentu, banyak dari kamu juga melakukan hal serupa. 

Tahun lalu, saya gagal khatam sebelum lebaran. Selain karena halangan perempuan, pun karena halangan yang lain. Jadi, saya berharap tahun ini berhasil. 

2 | Menu buka dan sahur

Saya pun sudah memikirkan menu buka dan sahur yang akan saya lakukan nanti. Secara saya ingin berdiet juga ketika berpuasa, sehingga sudah memikirkan apa yang saya konsumsi. Saya sudah berencana untuk memperbanyak buah-buahan dan sayuran. Saya pun memikirkan mengenai susu dan kurma.

3 | Banyak-banyak ibadah

Bulan suci ramadan ialah waktu terbaik untuk berlomba-lomba mencari pahala. Beribadah sebanyak-banyaknya demi mencapai ridho-Nya. Ditambah lagi, bulan ramadan bulan pengampunan. Jadi, sangat baik apabila kita melakukan ibadah demi mendapatkan pengampunan dari Allah. Mengurangi kegiatan yang tidak bermanfaat pun termasuk berusaha menjadi lebih baik lagi.

4 | Menyiapkan kue lebaran

Tahun-tahun sebelumnya, saya selalu membuat kue lebaran. Seperti membuat nastar, kue cokelat kacang, dll. Saya membuat kue tersebut bersama adik, sehingga menyenangkan sekali bisa membuat kue bersama dan dinikmati bersama-sama pula.

5 | Baju baru

Tak ada baju baru sebenarnya tak masalah. Tapi, Wulan kecil selalu memanfaatkan hari lebaran untuk bisa meminta baru baru dan celana baru. Setiap tahunnya, saya selalu minta kepada orang tua baju baru, sebab kalau hari biasa tidak dibelikan. Hehe. Setelah dewasa dan memiliki penghasilan sendiri, saya pun masih rutin membeli baju baru, bagaimana tidak, banyak gamis menawan menjelang lebaran yang sayang sekali kalau dilewatkan. Tahun  kemarin sih, saya membeli dua gamis untuk lebaran.

Selain membeli gamis, saya juga beli jilbab yang tentunya sesuai dengan gamis yang saya beli. Banyak merek busana muslim yang bisa kamu pilih untuk menjadi referensi busana muslim yang ada, salah satunya merek Zoya

Tak hanya konsumennya yang banyak mencari baju muslim, pun banyak toko-toko online yang menjual produk serupa. Bahkan, teman saya yang berjualan baju online pun mengatakan bahwa tokonya sangat laris menjelang lebaran. 

Itu dia beberapa persiapan ketika lebaran tiba. Kalau kamu sudah mempersiapkan apa? 

Penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai promo Ramadan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up Ovo untuk transaksi belanja online lebih praktis!

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^