Resep Dalgona Coffee Gula Aren, Antigagal

by - 11.15



Dalgona Coffee sedang viral di linimasa facebook, instagram, maupun twitter. Kopi yang membuatnya butuh cukup tenaga ini, mendadak viral setelah salah satu aktor Korea mengatakan kopi dengan busa di atasnya itu seperti permen Dalgona; yakni jajanan di Korea.

Dalgona sendiri merupakan karamel atau gula yang dipanaskan dengan soda kue, lalu adonan tersebut dibiarkan mengembang dan mengering. Barulah, dalgona bisa dikonsumsi; entah dijadikan permen atau dicampur susu dan kopi. 

Dalgona Coffee yang viral itu, sedikit berbeda dengan dalgona ala Korea. Saya sendiri, sebelum minuman ini viral menemukan video bagaimana membuat kopi kapucino sendiri. Caranya sama saja dengan dalgona coffee, tak lama minuman tersebut viral dengan nama dalgona. Hehe.

Nah, karena banyak yang gagal membuat dalgona coffee, akhirnya saya menuliskan resep dalgona coffee antigagal. Padahal, caranya mudah sekali loh. 

Resep Dalgona Coffee Gula Aren




Resep dalgona coffee versi saya sedikit berbeda, karena saya menggunakan tambahan gula aren. Tentu saja, rasanya lebih nikmat daripada dalgona coffee biasa. Lalu, saya juga menggunakan lebih banyak kopi untuk satu porsi, hal ini murni karena saya lebih suka kopinya kuat daripada yang biasa. Buat kamu yang tak biasa minum kopi, lebih baik pakai takaran satu saja ya. Sebab, takutnya lambung tidak kuat. 

Bahan:


2 Sachet Nescafe Classic
1 Sendok gula (saya kurangi sedikit)
1 Sendok air (mau dingin atau panas terserah)
Susu Grienfield
Gula Aren
Es Batu
Handmixer/mixer listrik/sendok/saringan (yang ada saja di rumah)

Cara Membuat Dalgona Coffee Gula Aren




1 | Siapkan wadah atau gelas, masukkan kopi, gula dan air, kemudian kocok lepas sampai berbusa. Tandanya berhasil atau siap digunakan yakni, ketika wadah dibalik tidak tumpah. Tapi, kalau kamu lelah, cukup sampai kopi berbusa dan berwarna cokelat saja.

2 | Iris-iris gula aren, lalu masak dengan sedikit air. Airnya sedikit saja, agar gula arennya kental.

3 | Setelah kopi selesai dikocok, tuangkan gula aren di gelas bersih, kemudian es batu, susu dan terakhir adonan dalgona ya.

4 | Dalgona Coffee bisa dinikmati

Banyak variasi dalgona yang dibuat oleh netizen; ada yang berkreasi dengan Milo, Matcha, dan sebagainya. Sejauh ini, saya masih menggunakan kopi karena untuk menu lainnya kurang berminat. Ah ya, sebagai catatan: kopi bubuk asli tanpa ampas yang harus digunakan untuk Dalgona Coffee ini ya. Sebab, apabila dengan ampas pasti gagal dan kopi tidak mengembang.

Saya puas sekali membuat Dalgona Coffee ini, sebab rasa kopinya sangat terasa. Tidak jauh berbeda dengan es kopi susu yang dijual di kafe-kafe atau kopi kekinian yang harganya cukup mahal itu. Dengan membuat dalgona coffee, bisa menghemat pengeluaran ngopi, tetapi akhirnya malah sering ngopi. hehe.



Baik, semoga berhasil ya. Kamu juga bisa menonton videonya untuk resep ini ya.





Baca juga :

Demi Membuat Dalgona Coffee, Orang Rela Melakukan 5 Hal Ini

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^