Mendekorasi Ulang Kamar dan Rekomendasi Hiasan Dinding

by - 11.49



Mendekorasi Ulang Kamar dan Rekomendasi Hiasan Dinding - Adanya pandemi, membuat banyak hal berubah. Semua terkena dampaknya, termasuk saya. Sejak akhir tahun 2017, saya pindah ke Sidoarjo, indekos di sana. Tujuan utama saya yakni untuk belajar membaca alquran. Tiga tahun setelah itu, ada covid-19 dan pemerintah mengimbau untuk di rumah saja. Hal ini berakibat pada tempat saya mengaji, yang dialihkan menjadi mengaji daring. Tak hanya tempat mengaji saya saja yang terkena dampak, pun pada pekerjaan saya. Dengan adanya virus ini, sudah jelas, tak ada event.


Berdasarkan hal di atas, membuat saya memilih untuk berhenti indekos. Saya pun pindah dari Sidoarjo ke rumah, di tengah-tengah pandemi, sebelum terjadinya pembatasan di Sidoarjo maupun Surabaya.


Di rumah saya memiliki sebuah ruangan, yang sebetulnya tidak pernah bisa saya sebut sebagai kamar. Ruangan tersebut awalnya untuk ruang makan, dulu ada meja memanjang dan kursi-kursi yang mengelilingnya. Lalu, ruangan tersebut beralih fungsi menjadi ruangan saya, yang ditutup dengan selembar kayu dan diberi daun pintu. Setiap pulang ke rumah, ruangan tersebut menjadi tempat untuk tidur. 





Ruangan tersebut, apabila hujan turun akan banyak genangan (bahkan Etro pernah berjamur karena ruangan ini lembab), platfomnya pun sudah begitu kotor dan hampir runtuh, ruangan gelap dan lampunya memakai lampu belajar. Sebab-sebab itulah, saya menata ulang kamar, menjadikannya lebih baik. Tentu saja, semua itu terwujud karena orang tua saya.


Renovasi Kamar Berlangsung 5 Hari





Perbaikan kamar berlangsung lima hari, dengan beberapa hal yang diperbaiki; menambah sisi dinding, mengganti langit-langit kamar, menambah daun jendela, memperbaiki dinding keropos, dan mengganti warna tembok. Orang tua saya menangani hal-hal tersebut, saya pribadi mengurus hal-hal mengenai interior kamar nantinya. Saya pun berbelanja banyak barang di internet untuk menata ulang ruangan.






Desain Interior Kamar, beserta Harganya



Hal pertama yang ingin saya ganti dari desain interior kamar saya yakni meja kerja. Meja yang saya pakai dulu merupakan meja yang bapak buat untuk mas, lalu meja tersebut turun ke saya. Kenapa harus saya ganti? Sebab meja tersebut besar sekali dan itu membuat kamar terlihat begitu penuh. Maka, saya pun mencari meja yang lebih kecil, sederhana dan lebih manis.


1 | Meja Minimalis




Sampai saya menemukan meja kerja yang pas, butuh waktu beberapa hari untuk stalking pasar daring di Tokopedia. Saya sudah tahu meja seperti apa yang akan saya beli, tentu dengan menyesuaikan dana yang saya siapkan. Satu per satu toko daring saya kunjungi, membaca testimoni-testimoni yang ada, mengirim pesan kepada seller. Ada meja yang sesuai keinginan tetapi banyak testimoni jelek mengenai toko tersebut; meja tidak presisi, mengelupas, salah kirim warna atau motif, dll. Ada yang sesuai, tetapi tidak menerima pengiriman di luar wilayah karena covid-19, dll. Ada lagi yang cocok dan lokasi dekat, tetapi harganya jauh berbeda. 


Sampai akhirnya, saya menemukan toko daring yang sesuai. Setelah bertanya-tanya, mengenai meja mana yang bisa dikirim, ukuran dan harganya, saya pun memutuskan membeli di toko tersebut. Apalagi, testimoninya banyak yang bagus. Meskipun ada beberapa yang buruk, tetapi buat saya itu kesalahan minor, sehingga bisa saya percayakan. Dan lagi, di toko ini termasuk murah, harga sudah termasuk ongkos kirim pula.


Membeli meja di sini, dibuat setelah ada pemesanan. Tentunya, harga disesuaikan dengan ukuran dan model meja seperti apa. Akhirnya, saya memilih meja dengan kaki hairpin, sebab biar bisa dikirim via kargo. Kalau memakai meja paten, tidak bisa dikirim. Setelah setuju dengan harga dan lainnya, penjual memberi saya tautan khusus untuk saya, lalu saya melakukan check out. Oh ya, saya melakukan komunikasi via WhatsApp ya.


Dalam tautan yang saya klik, pengerjaan meja selama 4 hari. Namun, setelah 4 hari belum juga selesai dan belum dikirim. Saya rajin mengingatkan ke penjual bahwa batas waktu pengiriman hampir habis, penjual jadi lama membalas pesan saya, dan berkata warehouse sedang kebanjiran sehingga ada kendala. Baik, saya maklum. Satu jam sebelum batas waktu berakhir, penjual memasukkan nomor resi palsu untuk memperpanjang waktu. Sejujurnya, saya mulai kesal, tetapi saya bersabar. Sebab, kalau tidak jadi membeli di sini, saya akan beli di mana lagi?


Alhamdulillah setelah seminggu, meja saya dikirim. Pikir saya bakalan membutuhkan waktu lama untuk sampai, nyatanya hanya membutuhkan waktu tiga hari saja. Saya pun sudah menyiapkan diri mengenai kemungkinan meja akan ada sedikit bocel atau pengerjaan yang kurang rapi. Tapi, kenyataannya, meja sangat mulus, tidak ada goresan yang membuat barang tersebut jelek. Warna yang saya minta pun sesuai. Akan tetapi, setelah dilakukan pemasangan, saya sedikit kecewa yakni kaki meja yang terlalu lebar. Ekspektasi saya, meja akan seperti di bawah ini. 





Ternyata, seperti ini kakinya. Sisi-sisi meja tidak bisa menempel tembok sebab kakinya yang melebar. 





Harga meja saya ini sekitar 450rb dengan ukuran 100x50x75 dengan bahan meja multiplex dan kaki besi yang dicat putih. Teman-teman bisa kepo tokonya di sini.


2 | Gorden dan Vitrase




Saya meminta jendela kamar dengan kaca bening. Maka dari itu, saya membutuhkan gorden. Ketika mencari-cari gorden di toko tersebut pun ada vitrase, yakni gorden putih transparan. Sehingga, saya sekalian membelinya juga. Saya pun membeli tongkat atau apa ya istilahanya, untuk gorden tersebut. Untuk gorden saya memilih warna krem, sebab tidak ada warna putih. Tentu saja, saya memilih gorden polos ya. Untuk vitrase dan tongkatnya, saya memilih warna putih. 




Tak ada kendala membeli di toko ini, sellernya pun ramah. Tapi, kendala ada pada pengiriman, yang lama sekali, sehingga seminggu kemudian barang baru sampai.


Saya membelinya di sini.

3 | Wall Grid




Ketika indekos, saya sudah memiliki dua wall grid dengan warna putih dan hitam. Benda tersebut selain berfungsi untuk hiasan di meja saya, pun untuk keperluan foto. Selain itu, ukurannya kecil. Maka, saya memutuskan untuk membeli baru yang lebih panjang dan berwarna putih. Benda tersebut saya pasang ditembok, sehingga tidak akan saya lepas untuk keperluan foto. 




Mengenai foto-foto polaroid saya ini, pernah saya bahas di sini.


Harga untuk wall grid sekitar 25rb saja ya. Bisa dicek di tokonya sendiri ya. Cek di sini.


4 | Pigura 




Pigura yang saya miliki sudah lama, ketika indekos. Saya membeli tiga pigura, dengan gambar yang bisa diganti berkali-kali. Untuk itu, saya membeli gambarnya beberapa. Sehingga, saya bisa menggantinya kapanpun saya inginkan. 


Untuk dua hiasan di bawah ini, saya baru membelinya. Ini berupa papan kayu dengan kertas (entah apa namanya) yang menempel di kayu. Sehingga tidak bisa diganti lagi, ya. Waktu saya beli sedang diskon, untuk saat ini harganya 25rb/pcs.


 Pembelian bisa di sini.

5 | Bantal




Bantal lama saya sudah kempes, sehingga kurang nyaman untuk dipakai. Makanya, saya membeli bantal baru, dengan menggunakan kata kunci bantal hotel. Di toko online banyak, kok. Untuk hal ini, saya membeli di sini, dengan harga 30ribu.


Bantal ini isinya full silicon, yang katanya sih, tidak bisa kempes. Bantalnya empuk sekali. 

Bisa membelinya di sini.


6 | Selimut




Dari dulu, saya ingin punya kasur yang ala tumblr, yang cantik. Entah itu berwarna abu-abu polos atau motif kotak-kotak, maupun warna hitam dengan model yang sama. Sayangnya, harganya cukup menguras kantong. Untuk itu, karena saya butuh selimut, akhirnya saya membeli selimut warna abu-abu. Judulya sih selimut hotel, hehe. Harga selimut ini 50ribu dengan ukuran 200*160. Selimutnya halus dan hangat, tidak terlalu tebal. Ketika diletakkan di atas kasur juga terlihat cantik.

Saya membelinya di sini


7 | Tanaman




Untuk tanaman, saya membeli di Mojosari. Saya pribadi tidak tahu nama tanaman ini, hanya saja daunnya bagus, sehingga saya beli, hehe. Harga tanaman ini 10rb, pot tawon 10ribu dan kerikilnya 5rb (satu plastik). Sejujurnya, saya ingin menaruh kaktus di dalam kamar, tetapi takut dia membusuk.


8 | Lampu Meja




Lampu ini merupakan lampu portabel, sehingga untuk menambah daya harus dicas terlebih dahulu. Kepala lampunya bisa ditekuk-tekuk, ada tiga tingkat kecerahan dan cara menyalakannya dengan disentuh,  warnanya putih. Harganya 38ribu. Kamu bisa membelinya di sini.




Nah, itu dia beberapa benda yang saya beli untuk kamar baru saya. Alhamdulillah, kamar saya sekarang lebih nyaman dan enak buat kerja. Baik, kalau kamu butuh jasa saya, boleh loh kirim surel ke holawulan@gmail.com, hehe.


Alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihat~

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^