Rekomendasi Drama Korea Mengenai Kesehatan Mental

by - 14.37


Nampaknya, saat ini banyak sekali drama Korea yang mengangkat tema kesehatan mental. Memang, ini bukan kali pertama drama Korea mengangkat tema tersebut, tetapi pada tahun ini sudah ada dan akan ada drama Korea dengan tema kesehatan mental. Saya heran dengan penulis-penulis Korea Selatan, kenapa ya, idenya selalu bagus dan unik? Sehingga, meskipun temanya sama, tetap memiliki keunikan dan ditonton pun menyenangkan. 


Dikarenakan banyaknya tema kesehatan mental pada drakor 2020, saya ingin merekomendasikan drama-drama Korea yang mengangkat tema kesehatan mental, untuk dijadikan pilihan dalam mengisi waktu luang yang ada. 


Tentunya, drama Korea di bawah ini sudah dan akan saya tonton. 


5 Drama Korea Bertema Kesehatan Mental



1 | Kill Me, Heal Me


Cerita ini mengingatkan saya akan buku Rumah Lebah karya Ruwi Meita yang saya baca ketika SMA. Bercerita mengenai seorang perempuan yang memiliki beberapa kepribadian. Tentunya, dia tidak sadar akan hal tersebut. Tapi, di drama Korea Kill Me, Heal Me dia sadar mengenai keistimewaan yang dimilikinya yakni memiliki beberapa kepribadian yang di mana salah satunya merupakan kepribadian dominan dan yang paling jahat. Setelah beberapa tahun kemudian, saya menemukan film Split yang diperankan oleh James McAvoy bercerita mengenai tema yang sama.


Apabila dalam novel Ruwi Meita dan film Split yang tidak berfokus pada dunia asmara, pada drama Korea Kill Me, Heal Me tentunya ada bumbu romansanya. Tokoh utamanya yakni Ji Sung. Dia benar-benar memiliki akting yang ciamik, ya, bisa memerankan beberapa karakter. Mana salah satu karakternya yakni jadi perempuan. 


2 | It’s Okay That’s Love


Saya menonton drama Korea ini karena tokoh utamanya adalah Jo In Sung. Sejujurnya, saya tak terlalu menyukai aktris perempuannya, tetapi karena ada Jo In Sung, maka saya menonton. Jang Jae-Yeol (Jo In Sung) adalah seorang penulis novel terkenal. Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin) seorang psikiater. Mereka bertemu dalam sebuah acara yang mengupas mengenai novel yang ditulis oleh Jang Jae Yeol. Mereka semakin dekat dan berpacaran, ketika Jang Jae Yeol menyewa kamar di rumah Gong Hyo Jin.


Awalnya, saya mengira drama Korea ini merupakan drama Korea murni roman, ternyata ada kesehatan mental yang dibahas dan terjadi pada semua tokoh. Memang ya, drama Korea itu kompleks banget konfliknya. Tidak cukup satu tokoh yang memiliki masalah, ini hampir semua karakter dalam drama tersebut. 


Yang mengejutkan, sih, pada karakter Jang Jae Yeol atau yang diperankan oleh Jo In Sung. Dia menderita OCD parah. Saya tidak akan menuliskannya di sini ya, silakan menonton sendiri.


3 | Fix You


Drama ini baru tayang pada bulan Mei lalu. Drama Korea Fix You hasil dari rekomendasi Mbak Tikha. Kalau Jo In Sung tidak menyadari akan penyakitnya, berbeda dengan drama Fix You. Masih dalam dunia psikiater, Jung So-Min memerankan karakter yang memiliki masalah dengan emosinya. Dia sulit mengontrol emosi dan cenderung mencari perhatian orang lain, dengan cara apa pun, termasuk menyakiti dirinya sendiri. 


Nama gangguan kesehatan mental tersebut kepribadian ambang. Tentunya, dengan memiliki gangguan mental semacam itu, memberikan efek buruk pada kehidupannya. Dia sering mendapatkan masalah karena kesehatannya itu. 


4 | Dinner Mate


Masiih di bulan dan tahun yang sama, drama Korea Dinner Mate hadir menyaingi Fix You dengan ide yang lebih segar. Meskipun baru sampai episode 4 atau 7-8 dengan durasi 30 menit setiap episodenya, drama ini cukup menarik perhatian. Ada Song Seung-heon yang menjadi psikiater makanan. Dia mendiagnosa dan menyembuhkan pasiennya dengan makanan. Sedangkan, So Ji-Hye sebagai produser sebuah kreatif studio, yang suka sekali makan. Sehingga, sejak awal tayang drama ini setiap episodenya menyajikan hidangan-hidangan yang membuat saya ingin makan juga. 


Untuk cerita mengenai kesehatan mentalnya sendiri lebih ke pasien dari Song Seung-heon. Entah nanti akan ada cerita si So Ji-Hye memiliki gangguan mental atau tidak. Kita tunggu saja.


5 | Psycho But It’s Okay


Yang paling ditunggu-tunggu para pecinta drama Korea Psycho But It’s Okay – mirip It’s Okay That’s Love ya judulnya? Jadi, hal yang ditunggu pecinta drama Korea hampir 99% bukan karena ceritanya, tetapi aktor atau aktrisnya. Sebab, penggemar drama Korea kebanyakan emak-emak, maka yang paling dinantikan adalah aktornya. Nah, yang menjadi tokoh utama drakor Psycho But It’s Okay yakni aktor dengan gaji termahal Kim Soo Hyun, mashaAllah.


Kim Soo Hyun sendiri sudah sering hadir di drama Korea lain, seperti My Love From The Star. Ia pun berakting dalam film layar lebar dan akhir tahun kemarin menjadi came di Crash Landing On You. Dia keren sekali memang, bisa memerankan berbagai macam peran. Mau karakter yang cool, boleh. Mau karakter yang konyol, hayuk aja.


Drama ini akan tayang akhir Juni ini, sekitar tanggal 20 Juni 2020. 


Nah itu dia drama Korea dengan tema kesehatan mental. Meskipun bertema sama, tentunya ide dan alur ceritanya berbeda. Apalagi aktor dan aktrisnya ya. Saya tidak sabar untuk menonton semua yang akan tayang di bulan ini.


Kalau kalian sudah nonton yang mana?

You May Also Like

0 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^