Hal-Hal yang Harus Dipahami Sebelum Memilih Asuransi Mobil All Risk

by - 06.51


 

Kenali Asuransi Mobil All Risk Dulu Sebelum Membeli

Untuk asuransi mobil di Indonesia, terdapat 2 jenis yaitu asuransi mobil all risk dan Total Loss Only (TLO). Keduanya tentu memiliki perbedaan yang terletak pada jenis proteksi yang diberikan.
Jika asuransi mobil all risk memberikan perlindungan secara menyeluruh, tetapi TLO hanya akan memberikan perlindungan terhadap mobil yang mengalami kerusakan secara total yang mana biaya yang harus dikeluarkan lebih dari 75% atau hilang akibat dicuri maupun bencana alam. Selain itu, tidak ada klaim yang akan diterima.
Itulah mengapa, banyak orang yang memilih menggunakan asuransi mobil all risk untuk usia kendaraan di bawah 5 tahun. Akan tetapi, bagi Anda yang baru ingin membelinya, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut dulu agar tidak berujung pada kekecewaan.

Hal-hal yang Harus Dipahami Sebelum Membeli Asuransi Mobil All Risk

Di era sekarang, memang fitur asuransi dari tiap-tiap penyedia, mudah didapatkan informasinya melalui internet. Bahkan, untuk melakukan klaim saja, sudah lebih mudah akibat adanya aplikasi dan tidak perlu bolak-balik menemui petugas jika mengalami masalah. Meskipun begitu, Anda tetap perlu memperhatikan hal-hal berikut ketika akan membeli asuransi mobil all risk. Tentunya Anda tidak ingin mengalami kerugian, bukan setelah membayar mahal untuk membeli asuransi mobil all risk? Maka dari itu, simak uraian berikut, ya.
  1. Pastikan Anggaran yang Anda Miliki Sesuai untuk Premi Asuransi Mobil All Risk
Besarnya risiko yang ditanggung oleh penyedia jasa, maka biaya premi yang harus Anda keluarkan untuk asuransi mobil all risk pun lebih mahal daripada asuransi TLO. Umumnya, metode pembayarannya berjangka seperti satu tahun sekali. Contoh saja, untuk mobil keluaran terbaru dengan harga sekitar 200 jutaan, Anda harus mengeluarkan biaya premi sekitar 3 juta setiap tahun.
Untuk itu, penting mengecek anggaran asuransi terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli asuransi mobil all risk. Karena sayang sekali, bila sudah membeli mobil, tetapi tidak diasuransikan. Sebab, memiliki aset bergerak seperti kendaraan roda empat, rawan terhadap risiko. Jadi, persiapkan budget sebaik mungkin dan perhitungkan akan kebutuhan asuransi mobil all risk sebelum membeli kendaraannya.
  1. Melakukan Perbandingan Produk Asuransi Mobil All Risk yang Satu dengan yang Lain
Mahalnya biaya premi tentu akan menjadi salah satu pertimbangan bagi calon nasabah. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan keuntungan yang diperoleh serta reputasi perusahaan asuransi mobil all risk.
Reputasi perusahaan asuransi berperan penting lantaran akan berpengaruh pada proses pengklaiman asuransi mobil all risk nantinya. Anda bisa mencari tahunya melalui review dari para nasabah yang sudah menggunakan asuransi tersebut. Karena bisa jadi, premi yang ditawarkan sedikit lebih mahal daripada yang lain tetapi memberi kemudahan dalam proses klaim serta memiliki jaringan bengkel mobil yang lebih banyak, sehingga mudah dalam proses perbaikan.
Dengan membandingkan produk asuransi mobil all risk dari berbagai penyedia jasa dan melihat nama baik perusahaan asuransi di mata nasabah, maka akan lebih mudah bagi Anda dalam memperoleh produk yang tepat. Selain itu, dengan memperhatikan reputasi, risiko mengalami kecewa lebih sedikit daripada asal membeli tanpa mencari tahu terlebih dahulu.
  1. Ada Baiknya Mengenali Kondisi Mobil Terlebih Dahulu
Agar dapat memilih asuransi mobil all risk sesuai kebutuhan, Anda harus mengenali terlebih dahulu kondisi mobil serta lokasi penyedia jasa asuransi. Pasalnya, setiap mobil memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Antara mobil keluaran terbaru dengan lama, sudah pasti memerlukan penanganan serta kebutuhan yang berbeda.
Selain kondisi mobil, lokasi penyedia jasa asuransi juga memiliki pengaruh dalam menentukan asuransi mobil all risk yang terbaik. Hal ini bertujuan agar memudahkan Anda dalam melakukan klaim nantinya. Meskipun sudah serba digital, bukan tidak mungkin harus bolak-balik ke kantor asuransi karena hal-hal tertentu. Jadi, pilihlah yang lokasinya dekat dengan rumah atau kantor tetapi memberi manfaat lebih.
  1. Kenali Fitur Tambahan yang Ditawarkan
Layanan utama asuransi mobil all risk adalah jaminan perlindungan untuk semua risiko kendaraan yang Anda alami baik ringan, sedang, maupun berat. Bahkan, risiko kehilangan pun akan mendapatkan ganti rugi. Akan tetapi, Anda juga perlu mengenali fitur tambahan yang mereka tawarkan. Contohnya saja, layanan derek ketika mobil mogok, adanya kendaraan pengganti ketika mobil mengalami kerusakan total, hotline service, atau bahkan layanan mobil ambulans bila terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Layanan tambahan tersebut juga perlu Anda perhatikan sebelum membeli asuransi mobil all risk. 
  1. Cek Pula Bengkel Rekanan yang Akan Memperbaiki Mobil Anda Ketika Rusak
Bengkel rekanan penyedia asuransi mobil all risk merupakan bagian terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan asuransi mobil all risk. Pasalnya, bengkel inilah yang akan bertanggung jawab dalam memperbaiki mobil Anda nantinya. Karena itu, cek reputasinya terlebih dahulu. Bila perlu, cobalah melakukan perbaikan di salah satu cabangnya untuk mengetahui hasil perbaikan yang mereka kerjakan.
Mempunya asuransi mobil all risk merupakan salah satu bentuk proteksi terhadap risiko kerugian yang bisa Anda alami akibat kecelakaan mobil, bencana alam, atau hal-hal tidak terprediksi lainnya. Karena itu, penting bagi Anda untuk memahami dengan baik cara-cara menentukan asuransi mobil all risk yang terbaik agar tidak salah pilih dan merasa kecewa di akhir.
Salah satu cara untuk mengenalnya dengan baik adalah dengan menggunakan situs Cekaja.com yang bisa dikunjungi melalui link https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/. Anda dapat mengetahui dengan pasti informasi jenis asuransi mobil all risk apa saja yang akan ditanggung, serta proses klaim yang mudah. Jadi, pastikan kunjungi Cekaja.com sebelum membeli.

You May Also Like

1 comment so far

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^