Melestarikan Hutan Lewat Adopsi Hutan

by - 14.50




Terkadang, saya ingin berpartisipasi langsung dalam pelestarian hutan dengan cara penghijauan. Tentu, hal ini terkendala waktu, fisik, dan pengetahuan yang sangat minimal mengenai penghijauan hutan. Saya harus ke mana? Minta tolong siapa? Bagaimana cara menanamnya? Dan masih banyak hal lainnya, yang menjadi sumber penghambat keinginan. Terkadang, keinginan kuat saja tidak cukup untuk mewujudkan sesuatu. Minimnya pengetahuan, membuat langka terhambat mencapai cita-cita. Meskipun, zaman sekarang banyak hal yang dimudahkan, tetapi kalau tidak tahu informasinya didapat dari mana pun sulit. 

Namun, siapa sangka saat ini ada cara untuk berpartisipasi dalam pelestarian hutan Indonesia. Salah satunya dengan cara mengadopsi. Dengan cara mengadopsi pohon, kita bisa berpartisipasi langsung untuk rehabilitasi hutan di wilayah tertentu di Indonesia. Tentunya, kita tak terjun langsung dalam penanamnya maupun dalam perawatannya. Tapi, kita bisa melakukannya dari jarak jauh, untuk turut melestarikan hutan di Indonesia.

Apa itu Adopsi Hutan?


Adopsi hutan adalah gerakan gotong royong menjaga hutan yang masih ada, mulai dari pohon tegaknya, hewannya, flora eksotisnya, serta keanekaragaman hayati lain di dalamnya. Melalui adopsi hutan, siapa pun di mana pun bisa terhubung langsung dengan ekosistem hutan beserta para penjaganya.

Hutan Berperan Dalam Membentuk Keberagaman Adat dan Budaya

Pada bulan Agustus ini, lebih tepatnya pada tanggal 07 Agustus 2020 kemarin dirayakan sebagai Hari Hutan Indonesia. Tanggal  ini  sengaja  dipilih  sebagai  momen  refleksi bersama  masyarakat  Indonesia  karena  persis  setahun  yang  lalu  Instruksi  Presiden  Nomor  5  Tahun  2019 mengenai  Penghentian  Pemberian  Izin  Baru  dan  Penyempurnaan  Tata  Kelola  Hutan  Primer  dan  Lahan Gambut disahkan oleh Presiden Jokowi untuk berlaku permanen.

Pada tanggal tersebut, diharapkan menjadi pengingat bersama dalam menjaga kelestarian hutan; yakni meliputi menjaga kekayaan alam, keragaman adat dan pembentukan budaya Indonesia sendiri. Kita tahu, hutan bukan sekadar sekumpulan pohon saja, pun manfaat yang terdapat di dalamnya.

Keindahan hutan yang terjalin dalam sekumpulan pohon, melambangkan Indonesia sendiri yang bersatu menciptakan keindahan. Selain itu, pohon juga menjaga ekosistem yang terdapat dalam hutan itu sendiri. Mencegah banjir, tanah longsor, menjaga hewan dan manusia juga. Bayangkan saja, tanpa adanya hutan, tentu kita akan lebih cepat punah. Tak ada sandang dan pangan beserta papan, yang kalau dipikir-pikir semua berasal dari Tuhan, yang dijembatani oleh hutan.

Sebagai informasi Indonesia merupakan negara urutan ketiga yang memiliki hutan terluas di dunia. Sungguh, hal ini harus kita jaga sampai kelak. Nantinya, pelestarian hutan juga membantu kita; manusia untuk keberlangsungan hidup keturunan kita sendiri. 

Komitmen untuk menjaga kelestarian hutan, haruslah kita kawal bersama. Caranya, tentu dengan ikut berpartisipasi dalam bagian adopsi hutan. Tak hanya pohon saja yang akan kita rawat, pun ekosistem di dalam hutan itu sendiri, termasuk saudara-saudara kita yang tinggal di hutan. 

Sebab, kelestarian hutan Indonesia adalah tanggung jawab kita bersama, maka yuk saling menjaga demi masa depan Indonesia serta anak cucu kita lebih baik.

You May Also Like

1 comment so far

  1. Setuju, kita harus ikut gerakan melestarikan hutan, tak bisa bantu fisik, pemikiran, setidaknya donasi ke adopsi hutan..

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^