Mengenal Lebih Jauh Salam Anugerah Keluarga Produk Asuransi Syariah dari Sun Life


Dari 528 jiwa penduduk Indonesia, sekitar 87 persen penduduknya menganut agama Islam. Sebagai negara muslim terbesar di dunia, tentunya Indonesia membutuhkan fasilitas yang sesuai dengan syariat; tidak menyalahi aturan agama serta budaya. Termasuk dalam pemilihan asuransi. Sayangnya, Indonesia belum memiliki banyak produk asuransi syariah. Meskipun begitu, sudah ada beberapa perusahaan asuransi yang meluncurkan produk syariah, tentunya sesuai dengan kebutuhan serta syariat agama Islam.

Salah satu perusahaan asuransi yang meluncurkan produk syariah yakni Sun Life Indonesia dengan nama Salam Anugerah Keluarga. Sun Life sebagai perusahaan asuransi terbesar di Indonesia berkomitmen untuk melindungi keluarga Indonesia, tentunya agar menjadi berkah. 


Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional


Tak banyak orang tahu mengenai perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional. Sebab, informasi yang diberikan serta perusahaan asuransi syariah yang tak banyak. Banyak nilai syariah yang diusung asuransi syariah, demi melindungi keluarga di dunia maupun di akhirat nantinya. Siapa yang tak ingin? Di dunia nyaman, begitu pula di akhirat. 

Segala sesuatunya itu berdasarkan niat, untuk itu, sebelum memutuskan untuk mengambil asuransi syariah pun harus diniatkan dengan baik, serta semata-mata demi Allah SWT. Asuransi Syariah dari Sun Life membawa prinsip ta’awun yang berarti, diniatkan untuk membantu sesama. 

Di bawah ini merupakan perbedaan antara asuransi syariah dan asuransi konvensional secara umum, inshaAllah pun diterapkan di Asuransi Sun Life Indonesia. 

  • Dengan niat saling menolong semata-mata demi ridha Allah SWT, akad untuk asuransi syariah memakai prinsip akad tabarru’/hibah, sehingga tidak ada niat mencari keuntungan, selain untuk kepentingan bersama dan berkah keluarga. Hal ini dijalankan sesuai dengan syariat islam. Sedangkan asuransi konvensional dijalan secara umum mengenai premi, rentang waktu, serta lainnya.
  • Kepemilikan dana pada asuransi syariah memakai prinsip kepemilikan bersama. Yakni, siapapun yang membutuhkan bantuan, semua membantu dengan dana kontribusi. Sedangkan asuransi konvensional memakai prinsip perlindungan nasabah dari premi tahunan.
  • Asuransi syariah memungkinkan untuk menggunakan satu polis satu keluarga. Sehingga memberikan banyak keuntungan untuk keluarga inti. Terlebih lagi, keluarga akan mendapatkan asuransi rawat inap di rumah sakit, apabila dibutuhkan. Sedangkan asuransi konvensional hanya diperbolehkan satu orang, satu polis.
  • Dalam asuransi syariah pun ada zakat, yang diwajibkan untuk nasabah. Sedangkan di asuransi konvensional tidak ada.

Mengenai Asuransi Salam Anugerah Keluarga



Ada yang membuat saya berpikir mengenai ibu rumah tangga selama beberapa tahun belakangan, sekitar satu dua tahun lalu. Saya berpikir mengenai nasib ibu rumah tangga, yang di mana merupakan sepupu saya, teman-teman saya, dan bibi saya sendiri. Setelah ditinggalkan suami, entah bercerai atau suaminya meninggal. Bagaimana nasib mereka? Mereka memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga, di mana profesi ini sangat mulia. Tapi, ada realitas yang tak bisa dihindari yakni mengenai ekonomi untuk bertahan hidup dan membiayai anak-anaknya. Saya berpikir, akan ada dua pilihan untuk teman atau sepupu saya tersebut setelah suami tiada yakni mencari pekerjaan atau menikah lagi. Pada pilihan pertama tentu sangat sulit, sebab mereka sudah lama menganggur dan tentunya skill sudah berkurang. Pilihan yang paling mendekati adalah menikah lagi.

Menurut Sun Life Indonesia 9 dari 10 wanita di Indonesia menggantungkan hidupnya dari pasangan dan 60% istri yang suaminya meninggal dunia harus menurunkan standar hidup. Bagi saya, menurunkan standar hidup bukan perkara mudah dan bukan hal yang perlu dipermasalahkan. Tapi, akan ada tantangan yang harus dihadapi yakni perasaan malu, bahkan depresi tidak tahu harus berbuat apa.

Ditinggalkan orang tercinta saja sudah sangat menyakitkan dan membingungkan, ditambah lagi tiba-tiba menjadi kepala rumah tangga, yang harus mengurus segalanya.

Keluarga adalah prioritas utama dalam hidup, mengeyampingkan hal lainnya. Bersama keluarga memberikan kenyamanan tanpa rasa khawatir. Tapi, sudahkah kita melindungi keluarga dengan baik, sekarang dan nanti? Demi membuat tenang hari ini, serta keselamatan untuk esok hari, tentunya kita bisa memikirkan mengenai asuransi jiwa serta asuransi kesehatan mulai sekarang.

Sun Life Indonesia sangat mengerti mengenai betapa pentingnya perlindungan keluarga, untuk itu Sun Life menghadirkan asuransi Salam Anugerah Keluarga. Apa sih keunggulan dan manfaat perlindungan asuransi Salam Anugerah Keluarga? Bisa dibaca di bawah ini.

Keunggulan Asuransi Salam Anugerah Keluarga Sun Life Indonesia


1 | Satu Polis Satu Keluarga
2 | Total Santunan Asuransi Anda dan Pasangan 200%
3 | Perlindungan Santunan Asuransi Tambahan untuk 2 Anak
4 | Kesempatan untuk bersedekah jariah dengan berwakaf
5 | Dilengkapi dengan berbagai asuransi tambahan untuk memaksimalkan perlindungan
6 | Perlindungan paket Asuransi Kesehatan Tambahan Sun Medical Platinum Syariah untuk Keluarga dengan manfaat lengkap dan perlindungan di seluruh dunia
7 | Potensi mendapatkan Surplus Underwriting setiap tahun

Manfaat Asuransi Salam Anugerah Keluarga Sun Life Indonesia


1 | Manfaat Meninggal Dunia

  • 100% Santunan Asuransi dibayarkan kepada Penerima Manfaat apabila peserta pertama meninggal dunia dalam masa asuransi. Dengan kata lain, apabila suami meninggal, istri akan mendapatkan bantuan dari Sun Life Indonesia.
  • 100% Santunan Asuransi dibayarkan kepada Penerima Manfaat apabila peserta kedua meninggal dunia dalam masa asuransi.
  • Santunan sebesar Rp 10 juta untuk setiap Peserta Anak – maksimal 2 anak – yang meninggal dunia dalam masa asuransi.
2 | Manfaat investasi akan dibayarkan apabila:

  • Peserta Pertama dan Peserta Kedua telah meninggal dunia dan polis berakhir
  • Peserta Pertama dan Peserta Kedua masih hidup hingga tanggal berakhirnya polis

3 | Manfaat Asuransi Tambahan

  • Asuransi Kecelakaan
  • Asuransi Kematian akibat kecelakaan
  • Santunan rawat inap dan pembedahan
  • Penyakit kritis
  • Sun Medical Platinum Syariah
  • Manfaat pembebasan kontribusi akibat pemegang polis sakit/cacat total tetap/meninggal dunia
4 | Fitur Wakaf

  • Wakaf berkala: dibayarkan bersamaan dengan pembayaran KAB sebesar maksimal 30% dari KAB.
  • Wakaf Manfaat Asuransi: Maksimal sebesar 45% dari santunan kematian pada saat peserta meninggal dunia
  • Wakaf Manfaat Investasi: Maksimal 30% dari Nilai Dana Investasi yang berbentuk dan dapat dibayarkan pada saat:

1.       Pemegang polis melakukan penarikan dana sebagian
2.       Peserta pertama dan peserta kedua meninggal dunia

Dengan merencanakan asuransi jiwa mulai dari sekarang, tentunya hal itu sebagai bukti cinta kita terhadap keluarga. Ini adalah kesiapan diri dalam menghadapi masa depan, dengan sadar diri bahwa segala sesuatunya yang kita miliki merupakan titipan Allah SWT. InshaAllah dengan mempersiapkan diri sejak dini, kita bisa lebih tenang dalam menghadapi hari esok. Paling tidak, sedikit membantu meringankan keluarga yang ditinggalkan.

Tidak ada komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.