Ide Jenis Video Yang Bisa Kamu Pakai Untuk Reels dan Tiktok



Baru-baru ini instagram mengeluarkan fitur barunya yakni reels. Kalau kamu pengguna TikTok sudah pasti tahu kalau Reels mirip dengan TikTok tetapi versi lite. Kalau dipikir-pikir, instagram ini posesif sekali, ya? Dia tidak ingin kita ke mana-mana, makanya semua fitur aplikasi lain disediakan di instagram. Mulai dari story, IGTv, lalu sekarang Reels. 


Nah, menurut kamu, kamu akan mengikuti perkembangan aplikasi seperti instagram ini tidak? Apakah dengan adanya Reels kamu akan meninggalkan TikTok dan membuat konten di instagram? Seperti yang kita ketahui, Reels di instagram hanya bisa 30 detik, sedangkan di Tiktok bisa sampai 3 menit. 


Ada beberapa teman saya yang antusias dengan adanya Reels ini, sebab mereka bisa membuat konten di Tiktok kemudian diunggah juga di Reels. Tentunya, konten tersebut hanya berdurasi 30 detik saja.


Pada artikel ini, saya ingin memberikan kamu rekomendasi video yang bisa kamu pakai untuk membuat konten di TikTok maupun di Reels Instagram. InshaAllah jenis video ini bisa digunakan hanya berdurasi 30 detik saja.


Jenis Video di Tiktok dan Reels


Video yang ada di Tiktok bisa kamu gunakan juga di Reels. Asal, video kamu berdurasi tidak lebih dari 30 detik saja. Di bawah ini merupakan jenis video yang bisa kamu gunakan di Tiktok maupun reels.


1  | A Day In My Life


Ada yang suka menonton video a day in my life? Nah, kamu juga bisa mencoba membuat video ini. Tidak harus bermenit-menit seperti di YouTube, kok. Durasi 30 detik juga cukup. Tentunya, kamu harus menyesuaikan durasi video kamu, dengan mengambil beberapa potong video saja. 


Video  a day in my life sedang digemari oleh banyak kalangan, saya termasuk di dalamnya. Dan lagi, saya juga ikut-ikutan membuat video ini. Inti dari video ini sederhana sekali yakni merekam kegiatan kamu sehari-hari. Bisa ketika bangun pagi atau biasa disebut morning routine, ketika bekerja, atau lebih lengkap kegiatan sehari penuh sampai jam tidur. Membuat video a day in my life merupakan ide yang sederhana dan menyenangkan.


2 | Time Lapse


Timelapse pun menjadi video yang sering saya temui di Tiktok maupun Reels. Biasanya, timelapse digunakan untuk video yang berdurasi panjang, menunjukan proses tertentu, kemudian dipercepat. Contoh video timelapse seperti kegiatan belajar, merenovasi rumah, menata ulang buku atau ruangan, dsb. 


Kamu bisa menggunakan smartphone untuk membuat video timelapse, sebab di beberapa ponsel pintar sudah tersedia fitur tersebut. Biasanya, saya menggunakan ponsel saya, kemudian video saya edit dan saya percepat lagi. Sehingga, durasi video lebih pendek lagi.


3 | Transisi


Transisi sendiri memiliki arti peralihan. Kamu bisa menggunakan teknik ini untuk membuat video di Tiktok maupun Reels. Ada video transisi yang mudah, seperti memasukkan potongan-potongan video maupun foto dalam jumlah banyak dengan durasi sedikit. Dan ada video transisi sulit seperti peralihan make up, fashion dan lainnya. Kenapa disebut sulit? Sebab, membutuhkan keahlian mengedit yang cukup andal. 


Video transisi sendiri kebanyakan memiliki durasi yang sedikit, sehingga sangat cocok untuk dipakai di reels yang memiliki durasi terbatas. 


4 | Video Alam


Apabila kamu bingung ingin membuat video apa, kamu bisa, lho, membuat video mengenai sekitar kamu. Misalnya, video langit hari itu, dedaunan yang bergerak, pemandangan pematang sawah dan lainnya. Sangat sederhana. 


Video alam semacam itu bisa kamu edit menjadi video estetik, dengan pemilihan filter, sound, dan kalau kamu jago membuat kata-kata, bisa juga dituliskan di video kamu. 


5 | Video Edukasi/Informasi/Review Produk


Dalam kategori ini, bisa jadi durasi video kamu akan lebih dari tiga puluh detik. Untuk itu, video mengenai informasi atau edukasi dan review produk lebih tepat diletakan di Tiktok atau di IGTv. Kamu bisa mereview produk tertentu yang kebetulan kamu membelinya. Dengan begitu, kamu bisa memberitahukan kepada pengikut kamu mengenai produk tersebut.


Banyak video Tiktok maupun Reels yang bisa kamu tiru dan modifikasi, tentunya dengan ciri khas kamu sendiri. Di media sosial, kamu bebas berkreasi, menuangkan ide dan sesuai kreativitas kamu. Tentu saja, asal tidak menyinggung orang lain, tidak masalah.


Kalau kamu, lebih menyukai jenis video yang mana?


Tidak ada komentar:

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.