Solusi Belajar Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh



Di kondisi seburuk apa pun, pendidikan tetaplah hal penting. Beruntung, sekarang ada teknologi yang mampu membantu kita untuk melewati masa-masa sulit. Di mana virus menjadi momok yang tak kasat mata, tetapi nyata adanya. Untuk itu, pemerintah memutuskan anak sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh atau disebut PJJ untuk waktu yang tak bisa ditentukan.


Tentu saja, dengan adanya keadaan seperti sekarang, kita diminta untuk siap dan dipaksa belajar banyak hal, tanpa terkecuali orang tua. Beruntung apabila kamu orang tua yang paham teknologi, bisa mendampingi anak dalam melakukan PJJ. Lalu, bagaimana dengan orang tua yang masih awam akan hal itu? Pada awal PJJ banyak orang tua mengeluh lantaran membantu anak mereka belajar, sebab tak banyak orang tua yang merasakan sekolah di masa mudanya. Ini fakta yang ada di Indonesia. 


Untungnya, banyak orang-orang baik dan memiliki kreativitas yang tinggi, sehingga banyak aplikasi belajar online yang membantu orang tua dan anak dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang diperintahkan oleh pemerintah. Salah satunya adalah Ruangguru.


Dalam artikel ini, saya ingin memperkenalkan salah satu produk Ruangguru yang bisa digunakan oleh siswa-siswi dalam belajar dari rumah.

Mengapa Harus Ruang Belajar dari Ruangguru?



Pada masa pandemi, saya melihat ketika melakukan PJJ adalah murid pada jenjang sekolah dasar. Saya tinggal di sebuah dusun kecil di Mojokerto. Di mana akses untuk internet warga di dusun saya sebatas mengetahui mengenai facebook saja. Memaksimalkan searching di Google pun mereka masih awam. Pembelajaran yang dilakukan melalui grup WhatsApp pun mereka gagap. Apalagi, menghadapi pertanyaan yang diajukan oleh guru. Tak jarang, orang tua murid atau tetangga saya datang ke rumah untuk minta diajari.

Tak hanya mengenai gagap teknologi, pun mengenai mata pelajaran yang tak semua orang tua pahami. 



Pilihan Jenjang


Di Ruang Belajar dari Ruangguru terdapat pilihan jenjang mulai dari SD, SMP, dan SMA. Selain itu, untuk jenjang SMA ada dua pilihan jurusan yakni IPA dan IPS, serta program untuk UTBK.

Paket Terjangkau



Baik orang tua maupun anak tak perlu khawatir mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti kelas di Ruangguru, sebab Ruangguru memberikan harga yang bersahabat dengan fasilitas dan layanan terbaik. 


Pengajar Handal


Di Ruang Belajar terdapat guru-guru yang handal dalam menyampaikan mata pelajaran. Sesuai dengan jenjang yang diberikan, terdapat guru sesuai. Selain itu, terdapat soal-soal untuk mengasah kemampuan murid. Dengan begitu, orang tua tak perlu khawatir anak mereka tidak belajar dengan baik.


Materi Offline


Bagi orang tua dan murid yang tinggal di dusun dengan akses internet sulit, tidak perlu khawatir. Sebab, di Ruang Belajar disediakan materi yang bisa diakses secara offline, sehingga tidak setiap saat harus menggunakan internet. Untuk itu, program Ruang Belajar dari Ruangguru sangat memudahkan anak untuk belajar.

Program Ruang Belajar dari Ruangguru juga dilengkapi dengan fasilitas gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan!

Rapor Anak


Orang tua tak perlu khawatir ketika menggunakan Ruang Belajar. Di sini, orang tua bisa memantau perkembangan belajar anak. Aksesnya pun mudah, dengan aplikasi yang user friendly, sehingga orang tua lebih cepat beradaptasi.


Meskipun sedang pandemi dan tak banyak hal yang bisa dilakukan orang tua dan murid, Ruangguru hadir untuk membantu mengatasi hal tersebut. Nah, sebagai orang tua, tentu kamu merasa terbantu dengan adanya Ruang Belajar dari Ruangguru, bukan?

Semoga bermanfaat, ya! 


1 komentar:

  1. Ruang guru memang membantu banget di segala situasi, karena adanya daring ini anak terkadang malas untuk mengerjakan tugas dengan adanya ruang guru mereka jadi semangat.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Hanya memastikan semuanya terbaca :)

Usahakan berkomentar dengan Name/URL ya, biar bisa langsung BW balik saya ^^

Diberdayakan oleh Blogger.